Beranda ACCESSORIES Hanya 15 Menit, 5 Cara Mudah Merawat Rantai Motor Supaya Awet

Hanya 15 Menit, 5 Cara Mudah Merawat Rantai Motor Supaya Awet

Foto-Foto: www.revzilla.com

JAKARTA, 3 Maret 2019 – Merawat dan menjaga kebersihan sepeda motor Anda adalah keharusan agar tetap dan kondisi prima dan awet. Salah satu bagian yang perlu mendapat perhatian adalah rantai motor meski saat ini banyak pengguna motor matic. Bagian motor ini memiliki peran penting. Rantai yang tidak diperhatikan bisa kendur dan rusak karena berbagai faktor.

Jika tetap dibiarkan, kerusakan pada rantai akan merembet kemana-mana bahkan motor secara keseluruhan. Hal ini tentu saja akan merugikan Anda. Agar perjalanan dan kegiatan Anda tetap berjalan lancar, periksa dan rawat rantai motor Anda.

Nah, berikut beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan sendiri hanya dalam waktu 15 menit:

1. Bersihkan rantai motormu secara rutin

Kondisi cuaca yang tidak jelas, panas atau hujan, ditambah tanah dan kotoran tentunya membuat rantai motor gampang kotor. Pasti rantaimu menjadi kotor dan berdebu. Nah, bersihkan rantai motor dengan pembersih (claner) kemudian sikat dengan sikat khusus rantai dan bersihkan dengan kain lap. Selain terlihat bersih, rantai motormu jadi awet.

2. Gunakan pelumas rantai

Lakukan perawatan rantai bersamaan dengan waktu Anda melakukan ganti oli atau pelumas. Hal ini untuk membiasakan perawatan secara berkala. Rajin-rajinlah menggunakan pelumas pada rantai motor Anda agar tetap awet. Pelumas rantai motor ini berfungsi untuk melumasi rantai motormu sampai ke celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga membantumu membersihkan rantai motormu.

3. Jangan gunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor

Jangan menggunakan gemuk dan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Kenapa? Memakai oli bekas atau gemuk justru akan mengundang kotoran-kotoran yang akan menempel di rantai dan membuat rantai menjadi tidak awet. Lebih baik kamu mengeluarkan kocek sedikit lebih banyak untuk membeli chain lube daripada repot harus mengganti rantai motor yang rusak.

4. Periksa dan lakukan penyetelan secara rutin

Jangan lupa untuk mengecek kondisi rantai supaya tahu rantai motormu. Siapa tahu rantai motormu sudah kendur atau jangan-jangan terlalu kencang. Kalau soal ini percayakan pada bengkel atau ahlinya.

5. Gunakan rantai dan gear yang asli

Pastikan Anda menggunakan rantai dan gear yang asli. Spare parts KW dan palsu memang lebih ramah di kocek, namun akan lebih mudah rusak. Gears asli, meski harga kadang sedikit lebih mahal namun dijamin kualitasnya.
So, dengan perawatan simpel hanya 15 menit, rantai motor Anda akan bersih dan terawat. Jika dilakukan secara teratur rantai motor lebih awet dan motor Anda dalam kondisi prima. Anda nggak mau rantai motor tiba-tiba putus saat sedang berkendara kan?

RAJU FEBRIAN

latest updates

Serba Hitam, Vespa Sprint Notte Siap Rilis di IIMS 2019

JAKARTA, 24 April 2019 – Line up model Vespa di Indonesia kembali bertambah dengan akan meluncurnya Vespa Sprint Notte dari...

YAHM Edukasi Keselamatan Berkendara Siswa SMK di Student Camp 2019

BANDUNG, 24 April 2019 -- Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) memperkaya kompetensi siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat...

Lambretta V-Special Dibanderol Mulai Rp 44,5 Juta

JAKARTA, 24 April 2019 – Selain memastikan kehadirannya di Indonesia, PT Skuter Motor Indonesia (SMI) sebagai distributor Lambretta langsung memboyong...

Lambretta Resmi Hadir di Indonesia, Boyong 2 Model V-Special

JAKARTA, 23 April 2019 – Lambretta, salah satu nama besar di dunia skuter akhirnya resmi hadir di Indonesia. PT Skuter...

BMW G 310 GS Adventure, Ini Spesifikasi Lengkapnya

JAKARTA, 23 April 2019 – PT Maxindo Moto Nusantara (MMN) sebagai Agen Pemegang Merk BMW Motorrad di Indonesia memperkenalkan satu...