Beranda UPDATES 5 Tips Perawatan Helm Agar Tak Bau dan Selalu Bersih

5 Tips Perawatan Helm Agar Tak Bau dan Selalu Bersih

JAKARTA, 30 Agustus 2019 – Helm menjadi alat penting untuk melindungi bagian kepala pengendara motor. Karena fungsinya yang penting, tentunya kita harus menjaga kebersihan helm agar selalu higienis.

“Perawatan helm agar selalu bersih dan tidak apek tentunya sangat penting,” kata Richard Ryan, Executive Director RSV Helmet. “Helm keren dan mahal tapi bau ya nggak banget.”

Nah bagaimana perawatannya? Richard mengatakan perawatan helm sebenarnya bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke outlet helm atau outlet khusus untuk membersihkan helm. “Tak perlu alat khusus dan biaya yang mahal,” kata Richard.

Berikut tipsnya:

1. Cuci Helm 2 Minggu Sekali

Saat membeli helm, pilihlah yang busanya bisa dibongkar pasang. Karena busa yang bisa dibuka pasang memudahkan untuk dicuci. Usahakan untuk mencuci busa 2 minggu sekali. Caranya rendam dengan air hangat atau seka dengan kanebo basah. Kemudian keringkan namun jangan langsung di bawah sinar matahari. “Jangan menggunakan sabun dan memerasnya karena akan membuat busa menyusut,” kata Richard.

2. Utamakan Kebersihan Kaca Helm

Dari semua bagian helm, kaca merupakan bagian yang terpenting. Jika kaca kotor dipenuhi debu dan noda air, maka pandangan Anda pun akan terganggu. Dari pada membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain, sebaiknya selalu utamakan kebersihan kaca helm Anda. Setiap hari bersihkan kaca helm dengan cairan pembersih kaca dan kain halus. Setelah hujan, jika tak sempat membersihkan helm secara menyeluruh, bersihkan saja bagian kacanya untuk menghilangkan noda air yang akan mengganggu pandangan Anda.

3. Taruh Helm, Jangan Dicantol

Saat sampai di tempat tujuan dan ingin meninggalkan helm di sepeda motor, sebaiknya letakkan di jok, jangan di kaca spion atau dikaitkan. Meletakkan helm di jok mengurangi potensi helm jatuh yang bisa membuat helm kotor, lecet, atau visor retak. Demikian juga jika helm dikaitkan akan membuat helm tergesek dan lecet. Sementara strap atau tali helm bisa menekan busa. “Itulah kenapa helm RSV tidak memiliki kaitan,” kata Richard.

4. Simpan Helm dengan Benar

Setelah sampai di rumah atau jika helm tidak digunakan, simpan helm dalam posisi terbalik agar bagian dalamnya mengering dengan sendirinya. Atau letakkan seperti biasa, tapi pastikan visor dan bagian pengatur sirkulasi udaranya terbuka. Hal ini agar sirkulasi udara membuat helm tetap kering dan tidak lembab.

5. Semprotkan Parfum Rendah Alkohol

Agar helm kesayanganmu selalu wangi, kamu bisa juga menyemprotkan parfum rendah alkohol beberapa jam sebelum dipakai. Parfum dengan kadar alkohol tinggi bisa merusak busa helm.

Selamat mencoba!

RAJU FEBRIAN