Beranda NEW BIKES 5 Motor Baru Triumph yang Segera Diluncurkan Tahun 2019 dan 2020

5 Motor Baru Triumph yang Segera Diluncurkan Tahun 2019 dan 2020

Hinkley, 13 Agustus 2019 –  Triumph, bergerak kian cepat. Kini mereka akan meluncurkan motor-motor terbaru untuk tahun 2019-2020. Motor yang akan mereka luncurkan adalah Triumph Daytona 765 Moto2, Triumph Tiger 800 dan 1000, Triumph Rocket 3 R dan GT, Triumph Street Triple, serta Triumph Thruxton R Black.

Pertama adalah Daytona generasi terbaru terinspirasi dari kiprah Triumph di Kejuaraan Dunia Moto2. Kabarnya, inilah sepeda motor pertama yang dilisensi oleh Dorna, pemegang hak MotoGP, dan akan diluncurkan pada tanggal 23 Agustus 2019, atau bertepatan dengan MotoGP Silverstone di Inggris.

Dikembangkan dari Daytona 675 yang dijual pertama kali pada tahun 2006, motor ini tidak akan diproduksi massal, dan hanya akan diproduksi sebanyak 765 unit saja. Triumph Daytona terbaru mengusung mesin tiga silinder 765 digunakan di Moto2. Motor ini dipersonalisasi dengan nomor pilihan individu dan akan tersedia bagi para miliuner pada bulan Maret 2020.

Sumber: rideapart.com

Kedua adalah Triumph Tiger 800 dan 1000 terbaru. Kabarnya Tiger terbaru akan menggunakan mesin 756 bore up sehingga kapasitasnya meningkat menjadi 887 cc. Di sektor sasis juga dilakukan. Dahulu, Tiger menggunakan sasis satu kesatuan dari depan ke belakang tanpa pillion peg yang dapat dilepas. Kini, frame baru benar-benar didesain ulang dengan subframe dan pillion peg hanya dilekatkan menggunakan baut.

Suspensi depannya tidak lagi menggunakan WP, dan diganti menggunakan Showa dengan travel yang lebih panjang. Bodi Tiger terbaru pun dibuat lebih langsing, dengan siwng arm baru. Untuk roda, disebut berukuran sama.

Sumber: rideapart.com

Setelahnya ada Triumph Rocket 3 R dan Rocket 3 GT. Ada dua versi dari Triumph Rocket 3 2020, yakni Roadster R dan Cruiser/Tourer GT. Perbedaannya, dudukan kaki pada Rocket 3 GT lebih menjorok ke depan, sementara Rocket 3 R berada di tengah. Rocket 3 R mendapatkan handlebar bergaya lebih sporty jika dibandingkan dengan Rocket 3 GT. Tempat duduk GT lebih lebar, dan lebih rendah 29,5 inci, dan tersedia backrest bagi penumpang belakang, flyscreen lebih tinggi dan grip berpemanas.

Di sektor mesin, tersedia mesin tiga silinder segaris baru berkubikasi 2.458 cc DOHC. Mesin Rocket 3 164 cc lebih besar dari Rocket III. Tenaga puncaknya mencapai 165 hp pada 6.000 rpm dengan red rine pada 7.000 rpm. Ada kenaikan 11 percent dari generasi sebelumnya meskipun masih kalah 14 hp dari Rocket 3 TFC.

Mesin tiga silinder terbaru yang digunakan lebih ringan +/- 18 kg dari pendahulunya. Perubahan besar di sektor ini termasuk pula crankcase baru, poros penyeimbang, dan sistem pelumasan dry-sump (dengan tangki oli terintegrasi). Transmisi enam kecepatan, dan kopling yang digerakkan secara hidrolik sekarang memiliki torque assist sehingga lebih ringan.

Triumph Rocket 3 menggunakan sasis baru terbuat dari alumunium untuk menangani tenaga mesin yang lebih besar. Ada sasis baru untuk menangani daya Rocket 3. Frame terbuat dari aluminium ini, seperti halnya swingarm, dan lebih ringan dari frame Rocket III.

Suspensi kelas atas disediakan oleh Showa. Garpu depan upside down berdiameter 47mm yang bisa diatur. Terdapat kaliper Brembo kelas atas di depan dan belakang, dan dikawinkan dengan cakram 320mm kembar di bagian depan. Ban Avon Cobra Chrome yang baru dipakai guna mengimbangi kekuatan dan berat motor ini. Ukurannya 150/80 x 17 di depan dan belakang  240/50 x 16.

Sumber: rideapart.com

Setelahnya adalah Triumph Thruxton R Black. Motor ini mencapatkan facelift seperti bagian meisn yang dihitamkan dan velg jari-jari. Garpu depannya akan menggunakan showa berdiameter besar dan lampu LED berkualitas premium. Karena hanya model facelift, maka sektor mesin tidak mengalami perubahan.

Sumber: rideapart.com

Street Triple juga akan diluncurkan paling lambat pada tahun 2020. Motor ini mendapat perubahan terutama lampu depan bermata kumbang yang ikonis. Sekarang lampu itu sudah berteknologi LED dan lebih ramping dengan sudut lebih tajam. Lampu ini juga dilengkapi daytime running light. Bentuk flyscreen, penutup tangki dan pelindung radiator pun telah diperbarui. Selain itu, rangka, tangki bahan bakar dan bagian belakang tetap sama.

Sumber: Disarikan dari beragam sumber