Home UPDATES Motor Custom di Mata Builder Suryanation Motorland 2016

Motor Custom di Mata Builder Suryanation Motorland 2016

SHARE

JAKARTA, 31 Mei 2016 – Rangkaian acara Road To Suryanation 2016 di kota kembang, Bandung digelar akhir minggu lalu. Dalam gelaran yang bertajuk “Show Your Pride” ini para juri telah mendapatkan beberapa motor yang dianggap layak mengikuti gelaran “main event” Suryanation Motorland 2016 yang akan di adakan Agustus mendatang.

Acara di Bandung merupakan acar ketiga setelah Lampung dan Surabaya. Di ketiga lokasi ini tampil pada builder dan modifikator yang menampilan motor andalannya. Mereka dinilai oleh dewan juri yang juga berperan sebagai pelaku industri motor kastem dengan latar belakang yang berbeda.

Mastom alias Tommy Dwi Djatmiko mengatakan jika motor kastem itu harus memiliki cerita layaknya “Behind the Scene” bagi yang empunya. Selain itu motor kastem harus layak jalan dengan fitur keselamatan dan kenyamanan yang juga harus diperhitungkan.

“Motor kastem sama halnya dengan “pelacur” dalam hal positif, maksudnya pelan-pelan curhat. Jika ada seorang yang merasakan sakit hati karena wanita, sebaiknya garap saja motor yang ada secara perlahan. Hasilnya seperti apa itu hal biasa, namun cerita dibalik pembuatan motor itulah yang memiliki nilai originalitas,” ujar sambil tergelak kepada Motovaganza.

IMG_3143

Berbeda dengan builder asal Jakarta, Donny Ariyanto selaku owner dari bengkel kastem Studio Motor yang lebih menilai pada estetika seperti, kerapihan, apik dan juga detail. “Motor kastem itu adalah sebuah karya seni, artinya untuk memilikinya pemilik motor juga harus memiliki jiwa seni yang dapat menimbulkan rangsangan kepada orang lain untuk memilikinya,” ujarnya santai.

Baca Juga:  Kolaborasi Kustomfest dan Suryanation Motorland

Senada dengan Donny, Yayack yang dijadikan sebagai perwakilan mas Lulut atau LT dari Retro Classics Cycles yang menanggapi jika motor kastem yang sudah memiliki turun temurun ragam bentuk dan juga aliran tidak bisa dipandang sebelah mata.

IMG_3145

“Buat saya sebagai builder, “mengkastem” itu adalah tantangan, kita tidak pernah tau motor apa sebagai dasarnya dan akan menjadi apa hasilnya. Motor kastem adalah media sebuah karya untuk kita memperkenalkan budaya kastem kultur kepada dunia,” kata adik Lulut Wahyudi alias LT ini.

Untuk gelaran tahun ini, ketiganya dipercaya menjadi dewan juri dari event Custom Exhibition bernama Suryanation Motorland 2016. Ketiganya juga akan “membangun” motor berbasis Royal Einfield tipe Classic 350 yang akan di hadirkan Agustus mendatang.

ANDHIKA KRESNA

SHARE



MotoGP: Marquez Menang di Phillip Island, Rossi Podium Lagi

PHILLIP ISLAND, 22 Oktober 2017 – Marc Marquez (Repsol Honda Team) merebut kemenangan keenamnya musim ini lewat pertarungan ketat di...

Kawasaki Ninja 400 Meluncur November Depan

TOKYO, 22 Oktober 2017 – Kehadiran Kawasaki Ninja 400 semakin dekat. Model baru Kawasaki itu akan segera dipasarkan di Eropa...

Benelli Siapkan 10 Motor Baru di EICMA 2017

MILAN, 22 Oktober 2017 -- Benelli akan tampil habis-habisan di ajang EICMA Motorcycle Show mendatang. Pabrikan asal Italia ini menyiapkan...

David Mardiono, Pengukir Mesin ‘Ojo Dumeh’

YOGYAKARTA, 22 Oktober 2017 -- Tak ada yang mengira di balik sosok kalem dan bersahajanya ternyata menyimpan talenta seni yang...

Zero Motorcycles 2018, Lebih Cepat dan Bertenaga

CALIFORNIA, 22 Oktober 2017 – Pabrikan yang terkenal dengan motor listriknya, Zero Motorcycles, memperkenalkan model-model baru untuk tahun 2018. Zero...