Home EDITOR'S PICKS Ini Deretan Motor Balap Versi Jalan Raya

Ini Deretan Motor Balap Versi Jalan Raya

SHARE

JAKARTA, 29 Desember 2016 – Tahun 2017 nampaknya menjadi tahunnya motor balap versi jalanan. Beberapa pabrikan motor baik dari Jepang maupun Eropa sudah menyatakan akan bermain di kelas motor balap premium dalam versi jalan raya. Hal ini diperkuat dengan kehadiran pabrikan motor asal Italia, Aprilia yang resmi memperkenalkan motor balap miliknya RSV4 FW-GP.

Kehadiran Aprilia menambah daftar motor premium di kelas balap motor premium yang dapat dibeli siapa saja dan dapat digunakan di jalan raya secara legal. Sebelumnya sudah ada nama Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Ducati.

Aprilia RSV4 FW-GP

Motor ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1000cc dengan jenis mesin 4 stroke DOHC dengan 4 Valve serta sistem pendinginan berupa cairan (Liquid Cooled). Dengan memakai mesin tersebut Aprilia RSV4 FW-GP mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar lebih dari 201 hp pada putaran mesin sebesar 13.000 rpm. Motor yang diperkenalkan (26/12) ini dibanderol dengan harga sekitar 160 ribu Euro atau sekitar Rp 2,3 miliar.

Aprilia RSV4 FW-GP

Honda RCV213V-S

Berbeda dengan pabrikan asal Italia, Honda tercatat sudah lebih dulu menjual motor balap miliknya berbasis RCV213V yaitu Honda RCV213V-S. Ini merupakan motor turunan dari motor balap milik duo Marc Marquez dan Dani Pedrosa di tim Repsol Honda. Honda RCV213V-S dibekali dengan mesin berkonfigurasi V-4 yang menjadi ciri khas motor balap Honda.

Mesin 4-stroke DOHC dengan 4-valve dengan kapasitas silinder 999cc lengkap dengan berpendingin cairan (liquid-cooled). Mesin ini digerakan dengan 6-speed manual. Motor berlogo kepakan sayap ini mampu “memuntahkan” gas buang hingga 220 Hp. Di Eropa motor ini dibanderol dengan harga sekitar 188 ribu Euro atau sekitar Rp 2.6 miliar.

Honda RCV213V-S

Yamaha YZF-R1

Di sisi rival, Yamaha menghadirkan motor yang berasal dari keluarga YZF yaitu Yamaha YZF-R1. Motor ini merupakan motor turunan dari motor balap milik The Doctor, Valentino Rossi YZF-M1. Mengusung mesin berkapasitas 998 cc fuel injection dengan pendingin cairan 4-stroke DOHC, 16-katub (titanium intake valves).

Mesin ini disandingkan dengan 6 percepatan mampu memproduksi tenaga maksimal yang mencapai 180Hp pada 12.500 rpm. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mendapatkan lima unit dan semua sudah terjual dengan harga Rp 495 juta. Sementara YZF-R1M dibanderol lebih mahal dengan harga Rp 645 juta.

Yamaha-YZF-R1

Kawasaki ZX-10R

Tidak hanya turunan motor balap MotoGP. Kawasaki juga menghadirkan unit balap versi jalan raya bernama Kawasaki ZX-10R. Motor ini merupakan motor yang sama dengan yang digunakan pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea yang juga sebagai rider juara dunia WSBK tahun 2015 lalu. Motor ini dibekali dengan mesin berkapasitas 998cc dengan engine watercooled 4-stroke DOHC 16-valve transverse in-line four-cylinder dengan offset chain camshaft drive. Mesin ini mampu memproduksi tenaga hingga 220hp pada 15,000 rpm. PT Kawasaki Motor Indonesia menjual motor ini dengan banderol sekitar Rp 460 juta.

Kawasaki ZX-10R

Ducati 1299 Superleggera

Berbanding terbalik dengan pabrikan motor asal Italia pada varian motor Superbike miliknya bernama Ducati 1299 Superleggera yang dibanderol lebih mahal oleh PT Garansindo Euro Bike, Distributor resmi Ducati di Indonesia yang menjual lebih dari satu miliar rupiah.

Sebagai model teranyar di kelas WSBK, part berbahan serat carbon di Ducati 1299 Superleggera hadir di bagian frame monokok, swing arm dan velg. Kemudian bahan aluminium pada sejumlah unit detail mesin dan tangki penyimpan bahan bakar. Ini membuat motor menjadi paling ringan di kelasnya.

Ducati 1299 Superleggera

Motor dengan striping putih ini dilengkapi dengan mesin khas Superquadro L-twin cylinder, 4 valve per silinder, Desmodromic, liquid cooled berkapasitas 1.285 cc. msein ini diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 215hp pada 11.000 rpm. Lonjakan tenaga ini juga mendapat dukungan peredam gas buang dengan knalpot premium, Akrapovic.

ANDHIKA KRESNA

SHARE

Pasar Motor Turun, Honda CBR250RR Kuasai Pasar Motor Sport 250cc

JAKART, 22 Juli 2017 – Menurunnya pasar roda dua tanah air tak banyak menggeser posisi Honda sebagai merek terlaris. All...

Edukasi Keselamatan Berkendara, Suzuki Gelar Safety Riding Training

JAKARTA, 22 Juli 2017 – Tingginya angka kecelakaan di jalan raya, berkembangnya populasi pengendara motor di Indonesia, dan tanggung jawab...

Michelin Luncurkan Ban Michelin Pilot MotoGP

JAKARTA, 22 Juli 2017 -- PT Michelin Indonesia kembali memanjakan konsumen roda dua yang cinta akan pengendara sport roda dua...

Suzuki GSX Laris Manis di Jakarta Fair 2017

JAKARTA, 22 Juli 2017 – Selain kendaraan road empat, prestasi tak kalah membanggakan diraih oleh divisi Suzuki roda 2 selama...

Yuk, Ikut Touring Honda Asian Journey

JAKARTA, 21 Juli 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) membuka kesempatan bagi konsumen big bike Honda mengikuti rangkaian touring Honda Asian...