Home NEW BIKES Gunakan DNA MotoGP, Apa Saja Kelebihan Aprilia RSV4 FW-GP

Gunakan DNA MotoGP, Apa Saja Kelebihan Aprilia RSV4 FW-GP

SHARE

NOALE, 29 Desember 2016 – Resmi di perkenalkan, Aprilia RSV4 FW-GP menggunakan DNA balap MotoGP. Peluncuran motor berfairing penuh ini adalah bagian dari proyek Aprilia bernama Factory Work yang ingin menghadirkan sosok motor dengan teknologi pada kejuaraan balap dunia kepada semua orang.

Seperti yang dikutip dari www.aprilia.com Selasa (27/12) kemarin, Aprilia RSV4 FW-GP merupakan motor yang dilengkapi dengan mesin V4 berkubikasi 999cc. Lalu apa saja kelebihannya?

Kelebihan pertama adalah mesin Aprilia RSV4 FW-GP memiliki mesin dengan tenaga 215 Hp. Berbeda dengan Aprilia RSV4 tipe standart, mesin Aprilia RSV4 FW-GP sudah mengalami ubahan pada diameter piston yang telah di-bore up dari 78 mm menjadi 81 mm serta stroke yang diperkecil menjadi 48,5 mm.

“Korekan” mesin ini merupakan racikan tim balap Aprilia di ajang MotoGP 2015 lalu. Dengan demikian pemilik motor ini bisa merasakan langsung “jambakan” tenaga dari sosok motor balap di dalam lintasan MotoGP namun dalam versi jalan raya.

Selain mesin, beberapa sektor penting lain dari motor ini adalah telah dilengkapi juga dengan suspensi Ohlins. Suspensi ini dipesan langsung di Austria sebagai negara produsen suspensi dengan warna kuning tersebut. Tidak hanya dipesan langsung di Negara pembuat, suspensi yang ada pada Aprilia RSV4 FW –GP juga dibuat senyaman mungkin untuk melibas tikungan tajam saat bermanuver.

Tidak hanya itu, sistem kelistrikan motor balap juga disematkan pada motor yang dijual dengan harga sekitar 2,6 miliyar rupiah tersebut salah satunya adalah perangkat ECU khusus balap. Aprilia Racing Technical Manager, Romano Albesiano mengatakan jika proyek ini adalah cara mereka untuk selalu punya hubungan yang erat antara dunia balap dengan proses produksi.

Menurut Ronano, mereka ingin orang biasa punya motor balap agar bisa merasakan langsung besaran tenaga yang dihasilkan mesin empat silindernya.

Selain kelebihan diatas, Aprilia RSV4 FW-GP masih menyimpan banyak beberapa kelebihan lainnya terutama di sektor performa dan handling, yang pasti motor asal Italia ini siap bersaing di jalan raya melawan Honda RCV213V-S, Yamaha YZF-R1, Kawasaki ZX-10R dan Ducati Panigale.

ANDHIKA KRESNA

Berita Terkait:
Aprilia RSV4 FW-GP Versi Replika Dijual Rp 2,3 Miliar

SHARE

Kepergian Nicky Hayden Menyisakan Duka Bagi Adik dan Keluarga

CESENA, ITALIA, 23 Mei 2017 – Kepulangan Nicky Hayden, juara MotoGP 2006 dan pembalap Red Bull Honda World Superbike, meninggalkan duka yang mendalam bagi...

Journalist NMax Community Jajal Keunggulan Ban Zeneos Milano

TANGERANG, 22 Mei 2017 -- Komunitas wartawan pengguna Yamaha NMax, Journalist NMax Community (JNC) berkesempatan menguji ban terbaru produksi PT...

Macna Dry Cooling Vest, Tetap Adem Saat Macet

JAKARTA, 22 Mei 2017 – Salah satu cara untuk mengatasi angin saat riding adalah menggunakan vest atau rompi. Apalagi saat...

Juara MotoGP Prancis, Vinales Makin Kokoh di Puncak Klasemen

LE MANS, 21 Mei 2017 – Maverick Vinales (Movistar Yamaha) kembali berhasil menjadi pemenang di MotoGP. Kali ini Vinales menjuarai...

Vinales Juara MotoGP Prancis, Rossi dan Marquez Sial

LE MANS, 21 Mei 2017 – Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, kembali menunjukkan tajinya. Vinales berhasil menjuarai MotoGP Prancis di...