SHARE

JAKARTA, 28 September 2015 – Mengalami masalah saat melakukan touring sementara Anda tidak membawa peralatan jelas bukan situasi yang menyenangkan. Jadi tak ada salahnya jika Anda bersiap-siap. Pada bagian pertama kita sudah bahas 5 tools. Nah inilah tools lainnya yang minimal Anda bawa saat touring.

A post shared by Carvaganza.com (@carvaganza) on

28092015-Moto-Tips_Tools_075. Kunci L
Produsen sepeda motor kadang-kadang menggunakan baut yang tidak biasanya. Contohnya, bisa saja motor Anda menggunakan baut jenis L. Jika motor Anda menggunakan baut jenis ini maka bawalah kunci L. Minimal, bawahlah kunci yang ukurannya digunakan di motor Anda.

28092015-Moto-Tips_Tools_084. Obeng Multi
Anda akan terkejut mengetahui seberapa sering Anda akan menggunakan obeng. Nah, pilihlah obeng multi fungsi yang bisa digunakan untuk berbagai macam model sekrup. Obeng model ini biasanya cukup mengganti bagian ujung dengan model yang dibutuhkan.

28092015-Moto-Tips_Tools_093. Alat Tambal Ban
Bagi Anda yang masih menggunakan ban biasa, dengan ban dalam, jelas alat ini akan sangat berguna. Tak ada yang tahu kapan ban Anda terkena paku sehingga harus ditambal. Tentu saja alat ini dibantu dengan pompa atau kompresor untuk menambah angin. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan ban tubeless sebagai alternatif.

Baca Juga:  Ali Adriansyah Janji Lebih Agresif dan Konsisten di Portimao

28092015-Moto-Tips_Tools_102. Multi-tool
Alat multi-tool (alias Leatherman) sangat berguna ketika Anda bepergian, bukan hanya saat touring tapi dalam acara apapun. Tak salah jika ini menjadi alat yang selalu ada dalam kantong peralartan Anda. Ada tang, pisau, pembuka kaleng, pembuka botol, obeng, pemotong kawat, gunting, kikir kuku, gergaji, bahkan pisau.

28092015-Moto-Tips_Tools_111. Senter
Untuk tools terakhir adalah lampu senter. Senter tentunya dibutuhkan, terutama saat perbaikan motor Anda di malam hari. Senter — plus baterai ekstra sebagai cadangan — harus selalu hidup agar Anda bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Pilihan baru kini adalah senter LED.

RAJU FEBRIAN

Berita Terkait:
10 Tools yang Wajib Dibawa saat Touring (Bagian I)

SHARE