Home CUSTOMIZED Ini 6 Tipe Mesin Motor dengan Karakter Tersendiri

Ini 6 Tipe Mesin Motor dengan Karakter Tersendiri

SHARE

JAKARTA, 29 Juli 2016 – Selain dari tampilan, desain, suara knalpot, kita bisa membedakan sepeda motor dari segi konfigurasi mesin. Nah, inilah 6 konfigurasi mesin yang banyak digunakan pabrikan motor dunia.

Pabrikan asal Italia, Ducati, dikenal memiliki teknologi balap paling unggul di kelasnya lewat Desmosedici. Karakter khas Ducati adalah mesin bertipe L-Type dengan teknologi Testasretta. Mesin Ducati diklaim memiliki tenaga yang “buas” dan “napas” yang panjang.

Pabrikan Harley-Davidson menggunakan mesin V-Twin berkubikasi besar dan stroke yang panjang khas motor cruiser. Mesin ini digunakan motor asal Amerika sejak 1909 hingga saat ini termasuk pada motor Harley-Davidson Street Twin yang berkapasitas 500cc.

Mesin dengan tipe V-Twin juga di ikuti oleh pabrikan motor asal Italia lainnya, Moto Guzzi. Pabrikan motor yang khas dengan desain kontemporernya ini menggunakan mesin bertipe V-Twin 90 derajat. Jika dilihat secara sekilas motor ini memiliki mesin berbentuk huruf W jika dilihat dari sisi depan motor.

Masih di daratan Eropa lainnya, BMW Motorrad menghadirkan motor bergenre Adventure dengan mesin bertipe Boxer. Mesin yang memiliki letak posisi yang nyaris horizontal ini juga dimiliki oleh motor asal pabrikan Rusia, Ural Motorcycles lengkap dengan side-car alias sespan samping yang menjadi khas motor bergaya perang dunia ini.

Baca Juga:  BMW R nineT Recall, Ada Potensi Masalah di Swingarm

Kesuksesan mesin Boxer ini diikuti pabrikan motor bernama Miduals Motorcycles. Miduals tercatat memiliki bentuk mesin yang tergolong unik. Walau tergolong ke dalam keluarga Boxer, mesin milik motor asal Perancis ini terlihat diagonal lurus “Diagonal Boxer”.  Satu silinder mengarah ke arah kursi pengendara dan yang satu ke arah tanah tepat di belakang roda belakang.

Motor ini diklaim memiliki karakter tersendiri dengan posisi mesin yang “miring” dengan 25 derajatnya. Tidak hanya itu, motor ini juga memiliki handling dan maneuver yang memiliki rasa tersendiri saat “nyemplak” diatas kursi berbahan kulitnya.

Jauh dari tanah Eropa, karakter motor Asia yang didominasi seperti Honda, Suzuki, Yamaha hingga saat ini masih mempertahankan mesin dengan tipe In-Line dengan dual silinder atau lebih. Mesin ini diyakini lebih “galak” pada putaran bawah – menengah hingga atas. Modelnya pun dominan di dominasi dengan motor bergenre Sportbike seperti Honda CBR500R, Suzuki GSX750R dan Yamaha R1.

ANDHIKA KRESNA

SHARE



Honda Goldwing 2018, Meluncur 24 Oktober?

TOKYO, 16 Oktober 2017 – Teka-teki mengenai kapan Honda melansir generasi terbaru Honda Goldwing 2018 sedikit terkuak. Honda merilis video...

Gerry Salim Finish Posisi 5 Race 2 ATC Motegi

MOTEGI, 16 Oktober 2017 -- Pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Gerry Salim meraih hasil apik pada balapan kedua...

32.964 Bikers Honda Ramaikan HBD 2017

YOGYAKARTA, 15 Oktober 2017 – Gelaran Puncak Honda Bikers Day (HBD) 2017 sukses dihadiri 32.964 pecinta sepeda motor Honda di...

MotoGP: Kejuaraan Belum Berakhir, Davizioso Tempel Marquez

MOTEGI, 15 Oktober 2017 -- Kemenangan Andrea Davizioso (Ducati Team) membuat perebutan gelar juara dunia MotoGP musim ini belum berakhir....

MotoGP: Daviozo Ungguli Marquez, Menangi Duel Panas di Motegi

MOTEGI, 15 Oktober 2017 – Hujan yang mewarnai balapan Motul Grand Prix of Japan di Twin Ring Motegi tak menguranginya...