SHARE

TOKYO, 28 Oktober 2015 – Meski dikenal sebagai pabrikan roda dua, namun Yamaha ternyata mengembangkan teknologi kendaraan roda empat. Mereka memperkenalkan Sport Ride Concept di Tokyo Motor Show.

Jangan membayangkan jika mobil ini sebagai 2-seater dengan berat 1 ton. Mobil ini hanya berbobot 750 gram. Dimensinya hanya 3.900mm panjang, lebar 1.720mm dan tinggi 1.170mm.

Kunci bobot ringan mobil konsep ini adalah penggunaan carbon fiber. Pengembangnnya dilakukan Gordon Murray, desainer Mclaren F1 yang juga dikenal jagoan dalam membuat kendaraan berbahan carbon fiber.

Hiroyuki Yanagi, Presiden Yamaha mengatakan kalau Yamaha serius masuk ke pasar roda empat. Meski tidak mengungkapkan soal mesin, namun dikabarkan pabrikan berlogo garputala ini akan menggunakan mesin 1000 cc tiga silinder yang pernah dipasang pada Yamah Motiv yang ditampilkan pada TMS 2013.

Jika mesin-mesin sejenis memiliki tenaga 80 hp namun mesin milik Yamaha menggelontorkan output 100 hp. Dengan power-to-weigh ratio membuat mobil ini memiliki kemampuan yang sama dengan Mazda MX-5 Miata.

ANDHIKA KRESNA

SHARE