Home TEST RIDE FIRST IMPRESSION: Merasakan Keganasan MV Agusta All New Brutale 800

FIRST IMPRESSION: Merasakan Keganasan MV Agusta All New Brutale 800

SHARE

JAKARTA, 28 Februari 2017 – Setelah resmi meluncurkan All New Brutale 800, PT Motor Varese Indonesia (MVI) selaku pemegang merek MV Agusta di Indonesia menyediakan unit test ride bagi jurnalis otomotif di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu lalu.

Menjajal kegarangan motor dengan desain body futuristis dengan sasis sadle yang terlihat seperti “mengambang” ini dikawasan Sirkuit Sentul, Motovaganza juga mendapatkan kesempatan tersebut. Melihat penampilannya, motor dengan aliran naked ini terlihat begitu buas, apalagi jika melihat tiga pipa buangan gas buang di bagian sisi kanan motor.

Impresi pertama duduk di atas jok MV Agusta New Brutale 800 terasa sangat berkarakter. Hal ini diyakini dengan posisi berkendara yang sedikit agak menunduk serta dimensi setang yang terbilang lebar. MV Agusta New Brutale 800 memiliki tinggi kursi pengendara yang berjarak 829 mm – ini membuat pengendara yang memiliki postur tinggi badan sekitar 175 cm – tidak mengalami masalah  baik soal bobot maupun handling karena kaki bisa menapak sempurna.

Baca Juga:  Mau Punya Motor Bikinan Lewis Hamilton? Ini Dia

Speedometer hanya terlihat memuat informasi kecepatan, level bahan bakar, gir transmisi dan riding mode posisition. Tidak membutuhkan waktu lama setelah gelaran coaching clinic bertema safety riding usai, kami pun langsung mencoba untuk memacu motor yang memiliki mesin tiga silinder berkapasitas 800 cc.

Baca juga: All New MV Agusta Brutale 800 Diperkenalkan, Harga Rp 530 Juta
Baca juga: Intip Detail All New MV Agusta Brutale 800
Baca juga: Safety Riding MV Agusta Owner Club Indonesia (MVOCI) di Sentul

Kesan pertama begitu kami mantap untuk memutir gas, motor sudah menghentak seolah mengajak berlari kencang. MV Agusta New Brutale dilengkapi dengan riding mode dengan tiga channel – Rain, Normal/Touring dan Sport – di posisi 3.000 rpm saja mesin masih ‘merengek’ butuh putaran lebih tinggi lagi. Torsi mesin masih terasa liar sampai menginjak rpm tinggi.

Menguji fungsi quick shifter up and down yang tersemat pada motor dan juga telah dilengkapi dengan slipper clutch yang beroperasi melalui teknologi hidrolik dan Electronically Assisted Shift (EAS) 2.0 Up and Down Gear Shift, dikelola oleh sistem MVICS terbaru.

Baca Juga:  New Honda Revo Dapat Stripe Baru

Motor yang dijual seharga 530 juta rupiah (On The Road Jakarta) ini terbilang nyaman dan “mau” diajak maneuver. Torsi mesin masih terasa liar sampai menginjak rpm tinggi, seperti saat masuk gigi tiga. Di posisi sport pada riding mode, ban depan motor berkesan tidak menapak alias wheelie. Tarikannya terasa seperti rambut “dijambak” setan.

Handling naked bike garang tersebut cukup stabil untuk bermanuver di tikungan. Suspensi milik Sachs mampu meredam guncangan dengan baik. Menurut informasi yang didapat, suspensi ini juga mengalami revisi dari model sebelumnya yang sedikit lebih keras sehingga motor seringkali terasa kehilangan traksi. Terlebih suspensi Marzocchi bertipe upside down dibagian depannya membuat handling motor kian mantab.

Sayangnya, pihak PT Motor Varese Indonesia hanya menyediakan satu motor dengan waktu yang terbatas untuk media test sehingga kamipun harus “mau tak mau” bergantian dengan media lain yang juga penasaran dengan buasnya motor asal Italia ini.

Syaiful Achmad

SHARE



“Ojo Dumeh”, Lucky Draw Kustomfest 2017-No Boundaries

YOGYAKARTA, 17 Oktober 2017 --- Lucky Draw Kustomfest di setiap tahunnya selalu mempunyai nama, setiap nama yang disematkan tidak asal...

Gerry Setiawan Sabet Juara Umum di Drag Bike Championship 2017

TANGERANG, 16 Oktober 2017 – Pertamax Motorsport Drag Bike Championship 2017 akhirnya punya juara; Gerry Setiawan. Pembalap muda asal Madiun itu...

Yamaha Bawa Teknologi e-bike di Tokyo Motor Show 2017

TOKYO, 16 Oktober 2017 – Tokyo Motor Show 2017 tak hanya menjadi ajang “pamer” pabrikan roda empat. Beberapa pabrikan roda...

Honda Goldwing 2018, Meluncur 24 Oktober?

TOKYO, 16 Oktober 2017 – Teka-teki mengenai kapan Honda melansir generasi terbaru Honda Goldwing 2018 sedikit terkuak. Honda merilis video...

Gerry Salim Finish Posisi 5 Race 2 ATC Motegi

MOTEGI, 16 Oktober 2017 -- Pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Gerry Salim meraih hasil apik pada balapan kedua...