SHARE
(Foto-foto: Munawar Chalil/Motovaganza)

PEMBROKESHIRE, 25 Oktober 2015 – Perjalanan Motovaganza menyusuri Inggris menggunakan motor Triumph sudah memasuki hari kelima. Setelah Sabtu sore tiba di Castle Combe, kami riding sejauh 200 km ke Milford Haven, Pembrokeshire. Kami memilih menginap di sebuah penginapan kecil bernama Beggard Reach.

Subscribe Now!..

Kami berlima, Paulus B. Suranto, Managing Director PT Triumph Motorcycles Indonesia, saya, Wisnu Guntoro (Dapurpacu.com), Aryo (Detik.com), dan Ryan (Majalah Rolling Stone). Kemarin seharian hujan dan suhu sekitar 5 derajat celcius.

Tapi hari ini cuaca lumayan cerah meski suhu tetap 6 derajat. Hotel tempat kami menginap banyak dipakai orang-orang kaya yang mau jalan kaki menikmati alam (trekking). Kebanyakan orang-orang tua karena lokasinya yang terpencil.

Kami makan siang di kota St. Davids, kota paling kecil di Inggris baik dalam hal populasi maupun wilayahnya. Setelah makan siang di St. Davids, kami melintasi kawasan Taman Nasional Brecon Beacon. Ini jalur favorit anak-anak motor di Wales. Jalannya mulus, dengan tikungan-tikungan yang parabolik jadi bisa disikat dengan kecepatan tinggi. Kecuali sedang melintasi kawasan desa, tak ada speed limit di jalur sepanjang hampir 40km ini.

Pemandangan pedesaan Inggris di awal musim dingin tetap memukau. Kami bertemu dengan banyak rombongan riders yang menjajal rute ini. Dan mungkin karena ini hari Minggu maka jumlahnya lumayan banyak.

Perjalanan dari kota St. Davids ke Brecon Beacons National Park kami melintasi jalan pedesaan di sepanjang pantai Wales dari selatan ke utara. Kami sempat mampir di Pantai Little Haven, Wales. Pemandangan ke arah Samudra Atlantik dengan jalan yang naik turun sungguh menantang.

Kalau dihitung-hitung perjalanan kami sudah menempuh 800 km dari London.

Kembali ke trek di Brecon Beacon, di sinilah kenikmatan berkendara benar-benar dipuaskan. Walaupun terus ngebut dengan kecepatan paling rendah 100km/jam, tapi tetap nyaman dan tak ingin berhenti. Padahal, tujuan kami hari ini, Kota Oxford, masih harus ditempuh 5 jam perjalanan lagi.

MUNAWAR CHALIL (PEMBROKESHIRE)

SHARE