Home BLOGS Cara Ampuh Mengusir Karat Pada Leher Knalpot

Cara Ampuh Mengusir Karat Pada Leher Knalpot

SHARE

JAKARTA, 26 Juli 2016 – Penyakit karat memang kerap menyebalkan. Demikian juga dengan sepeda motor. Motor dengan penampilan yang lusuh membuat pemiliknya merasa jorok atau tidak peduli akan kesehatan tunggangannya tersebut. Karat memang kerap melekat pada bagian motor yang terbuat dari logam yang tidak kasat mata atau jauh dari jangkauan tangan saat anda mencuci motor seperti knalpot.

Penampilan knalpot yang bersih dan bebas karat membuat motor lebih enak dipandang, walaupun knalpot yang berkarat juga tidak mempengaruhi performa motor anda. Umumnya, knalpot akan berkarat pada bagian leher menuju ke arah mesin. Meskipun bukan masalah yang serius, knalpot yang karat ini lama-lama dapat membuat knalpot anda bolong dan membuat motor menjadi tidak enak digeber.

Apa penyebabnya? Knalpot berkarat biasanya disebabkan oleh kotoran yang bercampur air dan sudah terlalu lama menempel pada knalpot. Selain itu, karat pada knalpot juga timbul karena adanya kondensasi atau perbedaan suhu bagian dalam dan luar knalpot. Nah, untuk membersihkan knalpot yang berkarat pada motor ada cara yang cukup mudah dan bisa Anda kerjakan sendiri.

Cukup siapkan sabun colek dengan merek apa saja atau pembersih keramik dan sikat berbulu kawat.

Langkah pertama adalah posisikan motor pada kondisi standar tengah. Setelah dirasa aman berdiri siram knalpot yang berkarat dengan air secara merata, kemudian oleskan sabun colek. Jika anda menggunakan pembersih keramik, sebaiknya gunakan sarung tangan berbahan karet dan semprotkan dengan botol penyemprot ke arah kealpot.

Langkah selanjutnya rontokkan karat dengan menggunakan sikat kawat dengan cara mengosok bagian karat di knalpot secara perlahan. Pastikan Anda menggunakan kaca mata bening agar mata anda terhindar dari rontokan karat tersebut. Langkah ketiga, bilas dengan menggunakan air yang mengalir. Lakukan berulang hingga knalpot anda terbebas dari karat dan bersih.

Agar knalpot lebih awet dan tidak berkarat, sebaiknya Anda melakukan pencegahan dengan selalu membilas dengan air mengalir menggunakan selang untuk membersihkan knalpot secara rutin atau ketika terkena kotoran seperti debu dan sisa air hujan yang menempel pada knalpot.

Selamat mencoba!

ANDHIKA KRESNA

SHARE



Ducati Perkenalkan Monster 821

ROMA, 21 Oktober 2017 – Ducati sudah melontarkan janji untuk melansir lima model baru di ajang Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo...

Instruktur Safety Riding Indonesia Naik Podium di Jepang

SUZUKA, 21 Oktober 2017 -- Instruktur safety riding binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Fendrik Alam Pribadi berhasil mempertahankan tradisi...

Ali Adriansyah Janji Tampil Maksimal Seri Terakhir WSSP 300 di Jerez

JAKARTA, 20 Oktober 2017 – Pembalap Indonesia, Ali Adriansyah Rusmiputro, berjanji tampil maksimal di putaran final World Super Sport 300 (WSSP...

Si Legendaris Honda Super Cub Hadir Lagi Tahun Depan

TOKYO, 20 Oktober 2017 – Salah satu motor legendaris Honda Super Cub akan kembali hadir pada tahun 2018 dengan Super...

Garansindo Pede Tanpa Insentif Aneh-Aneh GESITS Bisa Bersaing

JAKARTA, 20 OKTOBER 2017 — Garansindo Group mengatakan yakin sepeda motor listrik GESITS akan diterima masyarakat. CEO Garansindo Group Mumahammad...