Home UPDATES Berikut Regulasi Balap Jadul a la Race on Runway Garapan CRI

Berikut Regulasi Balap Jadul a la Race on Runway Garapan CRI

SHARE

JAKARTA, 26 April 2017 – Jelang gelaran Indonesia Rockers Day 2017 mendatang sejumlah persiapan sudah mulai dipersiapkan. Khusus bagi Rockers, sebutan bagi para penunggang motor custom beraliran cafe racer yang bukan hanya sekadar trend dalam scene custom namun juga bagian dari gaya hidup modern. Kali ini Cafe Racer Indonesia juga berencana mengelar adu balap lawas a la ACE Cafe Racer bernama Race On Runaway.

Perbedaan dengan balap ACE Cafe Racer yang berkiblat di London, Inggris, rockers mengadu balap motornya dari kafe ke kafe. Kali ini, Cafe Racer Indonesia membuat lintasan sirkuit dalam sebuah lapangan bandara udara pesawat terbang. Bukan kali ini saja Cafe Racer Indonesia menghelat event. Cafe Racer Indonesia juga sering terlibat dalam event Mods vs Rockers yang diawali tahun 2014 silam hingga saat ini.

Dengan penggemarnya yang mencapai lebih dari 37 ribu member ini event Indonesia Rockers Day 2017 akan diprediksi dipenuhi oleh penggila motor beraliran cafe racer yang tersebar di seluruh Indonesia. Menariknya, gelaran ini akan menjadi yang pertama dalam gelaran adu balap motor tempo dulu dengan genre seragam yaitu cafe racer.

Event ini tidak hanya akan melibatkan seluruh komunitas cafe racer di Indonesia namun juga klub-klub motor, workshop, apparel serta menjadi gathering terbesar para Rockers di Tanah Air pada tahun ini.

Baca Juga:  AHM Targetkan Honda DBL 2017 Rambah 844 Sekolah

Untuk lokasi, recananya Indonesia Rockers Day 2017 akan mengambil lokasi di Lanud Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Salah satu tokoh balap motor di Indonesia, Toddy Andreas pun dijadwalkan akan hadir dalam gelaran ini.

Untuk pendaftaran, para peserta bisa datang langsung atau melalui pendaftaran online di alamat www.caferacerindonesia/ird2017

Berikut regulasinya balap yang akan dilombakan:

KELAS 100-150 cc

Bentuk motor Café RacerMaximal 150 cc. Mesin harus sesuai/bawaan standart jenis motornya. Pengapian bebas jenisnya (TIDAK BOLEH total loss dan spul harus terpasang). Stroke mesin HARUS standart motor/mesinnyaPiston boleh diperbesar/Bore Up. Carburator bebas, Bahan bakar bebas, Gear ratio bebas, Ring roda bebas (max. 17 inch). Knalpot bentuk luar standart, isi boleh modifikasi. Bentuk tangki bebas, bahan besi, tidak diperbolehkan dari bahan plastic. Rem depan dan belakang harus berfungsi dengan baik, Kick starter harus terpasang, Standar harus terpasang minimal satu (tengah/samping). Bahan kaca (misal lampu depan/belakang & sein) harus dibuka, Stang model jepit/clubman.

KELAS 151-200 cc

Bentuk motor Café Racer Maximal 200 cc. Mesin harus sesuai/bawaan standart jenis motornya. Pengapian bebas jenisnya (TIDAK BOLEH total loss dan spul harus terpasang). Stroke mesin HARUS standart motor/mesinnya. Piston boleh diperbesar/Bore Up. Carburator bebas, Bahan bakar bebas, Gear ratio bebas, Ring roda bebas (max. 17 inch). Knalpot bebas, Bentuk tangki bebas, bahan besi, tidak diperbolehkan dari bahan plastic. Rem depan dan belakang harus berfungsi dengan baik. Kick starter harus terpasang, Standar harus terpasang minimal satu (tengah/samping). Bahan kaca (misal lampu depan/belakang & sein) harus dibuka. Stang model jepit/clubman.

Baca Juga:  Roadshow #cari_aman Bagi Peserta Honda DBL

KELAS 201-250 cc

Bentuk motor Café Racer Maximal 250 cc. Mesin boleh dubah dari varian merk yang sama. Pengapian bebas. Stroke up diperbolehkan. Piston boleh diperbesar/Bore Up. Carburator bebas. Bahan bakar bebas, Gear ratio bebas, Ring roda bebas (max. 17 inch). Knalpot bebas. Bentuk tangki bebas, bahan besi, tidak diperbolehkan dari bahan plastic. Rem depan dan belakang harus berfungsi dengan baik. Kick starter harus terpasang. Standar harus terpasang minimal satu (tengah/samping). Bahan kaca (misal lampu depan/belakang & sein) harus dibuka. Stang model jepit/clubman.

TATACARA LOMBA

Setiap peserta diberikan latihan/pengenalan sirkuit pada pagi hari selama 15 menit setiap kelasnya. Setiap kelas akan diberikan waktu untuk latihan resmi dan pit bilamana mempergunakan transponder guna penentuan grid. Bilamana setiap kelas melebihi 16 starter maka akan diadakan sesi penyisihan. Balapan akan menggunakan sistem “flying start”. Motor akan ditempatkan di salah satu sisi jalan dekat area start dalam posisi agak miring/dalam posisi standard an mesin dalam keadaan mati. Crew peserta tidak diperbolehkan berada di dekat motor. Peserta bersiap dari sisi berseberangan dengan motor masing-masing. Setelah aba-aba berikan, peserta tersebut berlari kearah motor masing-masing dan langsung menghidupkan mesin dengan menggunakan kickstarter. Diperbolehkan mendorong motor apabila menghidupkan dengan kickstarter tidak berhasil. Peserta diperbolehkan mendorong motor di jalur yang ditentukan. Dinyatakan GUGUR apabila peserta terdepan berhasil melewati lap pertama sedangkan motor peserta gagal dinyalakan baik dengan kickstarter maupun didorong. Peserta yang gugur wajib mengeleuarkan motor dari lintasan (sisi terluar jalur) dan tidak dibantu oleh crew peserta. Dilarang keras mendorong motor kearah berlawanan arah lomba.

Baca Juga:  AHM Targetkan Honda DBL 2017 Rambah 844 Sekolah

REGULASI Peserta IRD 2017

Helm full face (SNI/DOT/bukan repro) WAJIB. Racing Wearpack (alternative) Busana ala Rockers (jaket kulit, celana denim/bahan tebal, sepatu boots/menutup mata kaki). Best dresscode akan mendapat hadiah menarik!!Sarung tangan full WAJIB. Protector siku dan lutut WAJIB. Peserta wajib memiliki KIS. Wajib mengikuti SCRUT pada H-1/H-2 sebelum perlombaan di tempat yang telah ditentukan. Mengikuti segala peraturan dalam balapan.

ADMIINSTRASI

Rp. 250.000/kelas (Panitia berhak menolak peserta bila telah memenuhi kuota)
BCA An. Firdaus 345 1822 495

REGISTRATION /INFORMATION

JBS Cafe & Resto/Vapin Rocksta
Jl. Kebayoran Baru No.73, Velbak – Kebayoran
Aang : 085649240565

Mojad Incorp Garage
JL.Cabe 5/no.88.rt.03/rw08.pondok cabe, Tangerang Selatan
Ripay : 085780029535
Kuple : 081218470742
Abbe : 081296301135

ANDHIKA KRESNA

SHARE

Yuk, Ikut Touring Honda Asian Journey

JAKARTA, 21 Juli 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) membuka kesempatan bagi konsumen big bike Honda mengikuti rangkaian touring Honda Asian...

1957 – 2017: 60 Tahun Harley Sportster

MILWAUKEE, 21 Juli 2017 -- Salah satu nama terkemuka di dunia sepeda motor, Harley-Davidson Sportster merayakan ulang tahun ke-60. Sportster...

Motor Pertama Suzuki Siap Tampil di Indonesia Motorcycle History

JAKARTA, 20 Juli 2017 -- Suzuki akan menghadirkan beberapa motor legendaris dan bersejarah pada ajang Indonesia Motorcycle History (IMH). Ajang...

Indian Scout Bobber 2018, Si Bobber Bergaya Maskulin

MASSACHUSETTS, 19 Juli 2017 - Setelah beberapa pabrikan besar Eropa mengusung aliran bobber untuk produknya, kini giliran sebuah pabrik motor...

Honda Siap Hadirkan Motor Premium dan Big Bike di GIIAS 2017

JAKARTA, 19 Juli 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) memastikan keikutsertaannya meramaikan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)...