Home TEST RIDE Kesempatan Langka Menunggangi Honda RC213V-S

Kesempatan Langka Menunggangi Honda RC213V-S

SHARE

SENTUL, 23 Juli 2016 – Kesempatan langka diberikan Astra Honda Motor (AHM) pada beberapa jurnalis. Mereka mendapat kesempatan untuk bisa “menunggangi” Honda RC213V-S. Ini merupakan motor balap MotoGP Honda versi jalanan raya. Pengujian dilakukan di Sirkuit Sentul Jawa Barat, Jumat (22/7) lalu, bersama para pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) seperti Dimas Eky, Andi Gilang dan Gery Salim.

Honda RC213V-S merupakan motor versi jalan raya dari Honda RC213V yang tidak lain merupakan tunggangan pembalap Repsol Honda pada ajang balap motor tertinggi, MotoGP.

Untuk mesinnya sendiri, motor ini memiliki konfigurasi mesin serupa dengan motor honda bernomor #03 milik Marc Marquez dan Dani Pedrosa, yaitu mengusung mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-valve, 6-speed, berpendingin cairan (liquid-cooled), dengan kapasitas 999cc. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga maksimal 117 kW/11.000 rpm dan torsi 102 Nm/10.500 rpm untuk versi standar. Kapasitas bahan bakarnya sebesar 16,3 liter.

RC213V-S dikembangkan dari visi kami bahwa orang dapat mengendarai motor paling mudah di dunia untuk digunakan bermanuver pada jalanan umum. Sehingga konsumen dapat menikmati sensasi berkendara yang menarik,” ujar Operating Officer, Representative of Motorcycle Development, Purchase and Production for Motorcycle Operations Honda Motor Co. Ltd, Tetsuo Suzuki.

Baca Juga:  32.964 Bikers Honda Ramaikan HBD 2017

Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya menambahkan, meski belum menjual Honda RC213V-S di Indonesia, AHM menggelar riding test ini untuk memberi kesempatan jurnalis Indonesia merasakan langsung sensasi berkendara di sirkuit dengan menggunakan motor khusus berperforma tinggi tersebut.

“Kami ingin menyuguhkan pengalaman tidak terlupakan dengan berkendara menggunakan tunggangan pebalap Repsol Honda, meskipun dengan versi yang sedikit berbeda, yaitu Honda RC213V-S. Motor ini sudah dilengkapi dengan teknologi yang sama dengan Honda RC213V. Kami harap hal ini dapat sedikit memenuhi rasa penasaran rekan-rekan sekalian sekaligus membuktikan sendiri performa tertinggi motor sport Honda,” kata Margono.

Honda RC213V-S diproduksi secara khusus di pabrik Kumamoto, Jepang. Motor ini dirakit secara manual oleh tenaga terampil pilihan Honda sehingga menjadikan produk ini ekslusif.

Perbedaan dengan motor RC213V-S ini dengan motor balap milik duo Repsol terletak pada adanya penambahan lampu depan dan belakang, lampu bagi plat nomor kendaraan, lampu sein depan dan belakang, spion, speedometer, knalpot dengan katalis, tempat penyangga plat nomor kendaraan, horn, honda smart key, self starter, dan side stand.

Baca Juga:  Instruktur Safety Riding Indonesia Naik Podium di Jepang

Produk ini memiliki harga jual yang berbeda disesuaikan dengan aturan batas emisi kendaraan yang berbeda di tiap wilayah pasar yang dituju, untuk Amerika Serikat produk ini dibanderol dengan harga 184.000 USD, Jepang sebesar 21.900.000 Yen, Australia sebesar 244.000 dolar Australia, dan wilayah Eropa sebesar 188.000 Euro. Di Indonesia Honda RCV213V-S ini dibanderol lebih dari Rp 5 miliar.

ANDHIKA KRESNA

SHARE



MotoGP: Marquez Menang di Phillip Island, Rossi Podium Lagi

PHILLIP ISLAND, 22 Oktober 2017 – Marc Marquez (Repsol Honda Team) merebut kemenangan keenamnya musim ini lewat pertarungan ketat di...

Kawasaki Ninja 400 Meluncur November Depan

TOKYO, 22 Oktober 2017 – Kehadiran Kawasaki Ninja 400 semakin dekat. Model baru Kawasaki itu akan segera dipasarkan di Eropa...

Benelli Siapkan 10 Motor Baru di EICMA 2017

MILAN, 22 Oktober 2017 -- Benelli akan tampil habis-habisan di ajang EICMA Motorcycle Show mendatang. Pabrikan asal Italia ini menyiapkan...

David Mardiono, Pengukir Mesin ‘Ojo Dumeh’

YOGYAKARTA, 22 Oktober 2017 -- Tak ada yang mengira di balik sosok kalem dan bersahajanya ternyata menyimpan talenta seni yang...

Zero Motorcycles 2018, Lebih Cepat dan Bertenaga

CALIFORNIA, 22 Oktober 2017 – Pabrikan yang terkenal dengan motor listriknya, Zero Motorcycles, memperkenalkan model-model baru untuk tahun 2018. Zero...