Home BLOGS Ini 6 Hal Penting Saat Mencuci Motor

Ini 6 Hal Penting Saat Mencuci Motor

SHARE
(Foto: autoevolution.com)

JAKARTA, 22 September 2015 — Percaya atau tidak, mencuci motor juga ada aturannya. Walau mencuci motor pekerjaan yang simpel dan mudah, namun jika tidak dilakukan dengan benar bisa membuat motor Anda rusak. Nah, setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mencuci motor, terutama jika Anda hobi mencuci sendiri. Ini dia:

Subscribe Now!..

1. JANGAN mencuci saat mesin masih panas
Logam panas dan air dingin bukan teman yang baik. Jika hal ini disatukan dalam satu waktu maka logam akan cepat mengalami korosi. Fisika dasar mengajarkan kita bahwa perubahan suhu yang tiba-tiba dapat merusak bagian logam. Dalam kasus ekstrim blok mesin dapat retak. Sebaiknya tunggu motor Anda dingin. Setelah dingin barulah mulai mencuci motor.

2. SIAPKAN semua peralatan
Jangan biasakan mencuci motor Anda dalam keadaan yang tidak siap. Hal ini menghindari jika saat pembilasan atau pengeringan menggunakan lap kering tetapi air habis atau lap belum disiapkan sebelumnya. Sebaiknya siapkan persediaan air, sabun, lap, sikat dan lain-lainnya sebelum mencuci motor Anda.

Baca Juga:  Yamaha Aerox 155 Punya Warna dan Grafis Baru, Harga Tetap

3. BERSIHKAN rantai dahulu sebelum bagian lain
Langkah berikutnya adalah tentukan bagian mana yang menjadi prioritas dibersihkan lebih dahulu. Kami merekomedasikan bagian rantailah yang pertama dibersihkan karena pada bagian ini kotoran yang sulit dihilangkan dibandingkan bagian lainnya. Tentunya hal ini tidak berlaku pada motor anda yang tidak menggunakan rantai alias menggunakan Kopel ataupun menggunakan Belt.
Sebaiknya gunakan produk pembersih atau penghilang noda yang dikhususkan untuk rantai. Gunakan sarung tangan, hal ini menghindari kontak kulit Anda dengan bahan kimia yang terkandung dalam produk tersebut.

22092015-Moto-Washing_02

4. RANTAI tidak perlu disemprot
Jika anda mencuci dengan menggunakan mesin seperti Steam-Pump water preasure sebaiknya bagian rantai ini tidak perlu disemprot. Bersihkanlah secara perlahan dengan produk pembersih rantai yang dikhususkan kepada rantai. Hal ini menghindari agar rantai tidak kering dari minyak pelumas rantai.
Sebaiknya bersihkan dengan air mengalir dan dibantu dengan penghilang noda yang dikhususkan untuk rantai. Jika memang dirasa perlu menggunakan mesin air bertekanan tinggi, pastikan setelah mencuci anda melumasi kembali minyak pelumas rantai, bisa dengan semprot atau melumasi dengan menggunakan kuas.

Baca Juga:  TVS Apache RR 310, Kembaran BMW G 310 R Meluncur

5. JANGAN lupa untuk merendam
Jika Anda baru saja melakukan perjalanan jauh ada baiknya dilakukan perendaman. Perendaman yang dimaksudkan bukanlah merendam motor Anda secara utuh melainkan bagian-bagian tertentu motor anda yang dapat dibongkar pasang seperti cover atau spatbor. Ini dimaksudkan agar noda atau kotoran seperti debu atau tanah mudah dibersihkan setelah dilakukan perendaman.

6. JANGAN menggosok berlebihan
Jika kotoran tidak hilang setelah direndam, diperlakukan dengan bersih benar, maka Anda hanya perlu lebih sabar. Menggunakan kain kasar agar kotoran cepat besih adalah cara yang salah. Lap kasar dan menggosok berlebihan akan merusak motor Anda.
Sebaiknya Anda perlu mencuci dua kali pencucian atau bahkan tiga kali agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika dirasa perlu lakukan pencucian berkala hingga motor anda benar-benar bersih.

Nah semoga bermanfaat……

ANDHIKA KRESNA

SHARE



Ini Para Juara Kontes Layanan Honda Nasional 2017

JAKARTA, 8 Desember 2017 – Guna mempertahankan layanan terbaik bagi konsumen sepeda motor Honda, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali...

TVS Apache RR 310, Kembaran BMW G 310 R Meluncur

NEW DELHI, 7 Desember 2017 – TVS Motor Company secara resmi memperkenalkan TVS Apache RR 310. Kembaran BMW Motorrad G...

Kawasaki Ninja 400 2018, Harga Rp 67,6 Juta

DETROIT, 6 Desember 2017 -- Kawasaki Motors Corp, Amerika Serikat, resmi meluncurkan 2018 Kawasaki Ninja 400. Motor ini dilansir dengan...

Yamaha Aerox 155 Punya Warna dan Grafis Baru, Harga Tetap

JAKARTA, 6 Desember 2017- PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), agen tunggal pemegang merek Yamaha di Indonesia, menyegarkan tampilan dua...

Ribuan Bikers Suzuki Ramaikan ‘Touring Suzuki Bersatu’

JAKARTA, 5 Desember 2017 – PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali mengadakan acara Touring dengan jumlah peserta masif. Bertajuk ’Touring...