Home BLOGS Mau Mudik Pakai Motor? Ini Tips dari Michelin Indonesia

Mau Mudik Pakai Motor? Ini Tips dari Michelin Indonesia

SHARE

JAKARTA, 22 Juni 2016 – Hari Raya Idul Fitri 1437 H memang masih satu minggu lagi, tetapi sebagian masyarakat sudah mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halaman. Beberapa diantaranya ada yang menggunakan jalur udara, laut dan darat. Khusus untuk pemudik yang menggunakan motor tentu harus lebih menyiapkan diri dan kondisi motor yang akan digunakan nantinya.

Selain kondisi fisik seperti kebugaran fisik, kondisi motor tentu perlu mendapat perhatian lebih, salah satunya di sektor karet budar alias ban. Michelin Indonesia memberikan tips dalam pengecekan kondisi ban yang baik untuk digunakan dalam perjalanan mudik.

Bayu Surya Pamugar Sugeng, Direktur Penjualan Divisi Kendaraan Roda Dua PT Michelin Indonesia membeberkan jika ada beberapa hal penting untuk perlu diperhatikan mengenai ban motor. Selain perlu mendapat perawatan secara regular ban juga harus mendapatkan beberapa perhatian.

Pertama, perhatikan kondisi secara visual atau fisik. Dalam hal ini perhatikan kehausan ban, usahakan ketebalan kembangan ban berada di atas 0,8 mm pada TWI (tread wear indicator). Jika indicator menunjukan sejajar dengan kembangan ban itu artinya ban wajib diganti.

Kedua, gunakan ban yang memiliki kembangan (pattern) yang berbeda antara ban depan dan belakang. Alasanya, secara fungsi kedua ban tersebut memiliki kinerja yang berbeda. Ban depan lebih berfungsi kepada alur kendali (handling) dan grip sementara, fungsi ban belakang lebih kepada kesetabilan dan beban. Penggunaan ban dengan patern berbeda bertujuan agar fungsi kedua ban tersebut bekerja optimal antara kendali, grip serta beban.

Selain itu, perhatikan juga tekanan angin pada ban. Usahakan saat melakukan pengecekan tekanan angin pada ban motor, motor di istirahatkan sejenak beberapa saat. Hal ini bertujuan agar tekanan angin panas dan angin dingin tidak bercampur dan akhirnya menggangu pengisian sehingga pengisian akan lebih optimal.

Semoga bermanfaat!

ANDHIKA KRESNA

SHARE



Ducati Perkenalkan Monster 821

ROMA, 21 Oktober 2017 – Ducati sudah melontarkan janji untuk melansir lima model baru di ajang Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo...

Instruktur Safety Riding Indonesia Naik Podium di Jepang

SUZUKA, 21 Oktober 2017 -- Instruktur safety riding binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Fendrik Alam Pribadi berhasil mempertahankan tradisi...

Ali Adriansyah Janji Tampil Maksimal Seri Terakhir WSSP 300 di Jerez

JAKARTA, 20 Oktober 2017 – Pembalap Indonesia, Ali Adriansyah Rusmiputro, berjanji tampil maksimal di putaran final World Super Sport 300 (WSSP...

Si Legendaris Honda Super Cub Hadir Lagi Tahun Depan

TOKYO, 20 Oktober 2017 – Salah satu motor legendaris Honda Super Cub akan kembali hadir pada tahun 2018 dengan Super...

Garansindo Pede Tanpa Insentif Aneh-Aneh GESITS Bisa Bersaing

JAKARTA, 20 OKTOBER 2017 — Garansindo Group mengatakan yakin sepeda motor listrik GESITS akan diterima masyarakat. CEO Garansindo Group Mumahammad...