Home BLOGS Cuaca Tidak Bersahabat? Perhatikan 6 Hal Berikut

Cuaca Tidak Bersahabat? Perhatikan 6 Hal Berikut

SHARE

JAKARTA, 22 April 2016 – Beberapa hari belakangan, cuaca di Jakarta dan beberapa kota lain di Indonesia tengah tidak menentu. Terkadang panas namun tiba-tiba bisa hujan lebar. Anda pengguna motor sebaiknya melakukan persiapan seperti jas hujan.

Hujan yang sejatinya kerap datang bersama angin dan petir membuat resiko lebih besar terhadap pengendara motor seperti visibiltas yang berkurang, terhadang banjir, terperosok kubangan, bahkan tersengat listrik dan pohon tumbang. Bagi beberapa pengendara, kondisi demikian menjadi batasan untuk menepi di tempat yang aman.

Tapi bagi yang lainnya tetap melanjutkan berkendara, berikut sedikit tips ringan yang perlu diperhatikan:

1. Pastikan menggunakan helm lengkap dengan visor berwarna bening atau transparan. Penggunaan visor pada helm dapat membantu visibilitas agar tetap waspada jika dalam kecepatan sedang (60-80 km/jam)

2. Hindari jalan dengan permukaan yang berlubang. Sebagai indikator, Anda bisa perhatikan dan berada dalam jalur ban belakang pada mobil yang ada di depan Anda dengan jarak aman. Selain itu jaga kecepatan aman karena hujan membuat jalanan licin, traksi ban berkurang jauh.

Baca Juga:  4 Instruktur Safety Riding Honda Siap Bertarung di Jepang

3. Gunakan riding gear dengan warna yang menyolok atau reflektif sehingga gampang terlihat. Selain itu pastikan kondisi lampu motor depan maupun belakang dalam keadaan hidup dan baik.

4. Jika kondisi hujan disertai petir pastikan Anda menepi dan meneduh di tempat aman seperti bangunan. Hindari berteduh di bawah pohon, halte atau jembatan besi yang sering menjadi penghantar listrik.

5. Ketika angin berhembus terlalu kencang sebaiknya putuskan untuk menepi dengan mencari tempat yang aman seperti, mini market, warung atau rumah makan.

6. Perhatikan batasan sepeda motor menerjang genangan, jika tinggi air sudah setengah tinggi ban sebaiknya jangan terus terjang genangan air tersebut yang menyebabkan motor Anda mati mendadak alias mogok.
Semoga bermanfaat….

ANDHIKA KRESNA

SHARE



32.964 Bikers Honda Ramaikan HBD 2017

YOGYAKARTA, 15 Oktober 2017 – Gelaran Puncak Honda Bikers Day (HBD) 2017 sukses dihadiri 32.964 pecinta sepeda motor Honda di...

MotoGP: Kejuaraan Belum Berakhir, Davizioso Tempel Marquez

MOTEGI, 15 Oktober 2017 -- Kemenangan Andrea Davizioso (Ducati Team) membuat perebutan gelar juara dunia MotoGP musim ini belum berakhir....

MotoGP: Daviozo Ungguli Marquez, Menangi Duel Panas di Motegi

MOTEGI, 15 Oktober 2017 – Hujan yang mewarnai balapan Motul Grand Prix of Japan di Twin Ring Motegi tak menguranginya...

Ini 3 Jawara Honda Modification Contest 2017

YOGYAKARTA, 15 Oktober 2017 – Acara puncak kompetisi modifikasi terakbar Honda Modification Contest (HMC) 2017 memasuki babak final. Pada gelaran...

Jemput Bola, Suzuki Motor Gelar 100 Event di 39 Kota

JAKARTA, 15 Oktober 2017 – Suzuki melakukan program jemput bola untuk menggaet calon konsumen sepeda motor Suzuki. PT. Suzuki Indomobil...