Home BLOGS 5 Tanda Busi Sudah Perlu Diganti

5 Tanda Busi Sudah Perlu Diganti

SHARE

JAKARTA, 22 April 2016 — Spark plug alias busi merupakan salah satu bagian penting untuk memberi percikan dan pengapian pada ruang bakar atau silinder. Busi merupakan satu dari tiga bagian untuk adanya pembakaran dalam ruang bakar selain udara dan bahan bakar. Ketiganya yang menjadikan mesin motor menyala. Nah, bagaimana untuk mengetahui tanda-tanda busi sudah perlu diganti?

Pertama perhatikan suara mesin saat mesin dihidupkan. Suara mesin saat diam biasanya terdengar halus dan konstan. Tapi jika suara mesin Anda terdengar kasar dan membuat motor terasa getaran kemungkinan busi motor Anda perlu diganti.

Langkah kedua adalah ketika motor Anda mulai sulit untuk dihidupkan baik menggunakan electric starter maupun kick starter. Hal ini dikarenakan busi tidak memberikan percikan yang cukup pada pengapian di ruang bakar yang mengakibatkan motor akan susah dinyalakan. Kerusakan pada busi juga dapat memicu aki menjadi boros.

Ketiga, karena adanya missed fire dalam ruang bakar alias silinder. Gejalanya adalah mesin berhenti sesaat (delayed) dan kembali berfungsi seperti biasa.

Baca Juga:  Harley-Davidson Siapkan 100 Model Baru dalam 10 Tahun

Langkah keempat karena adanya surging atau pasokan udara yang terlalu besar di ruang bakar. Udara yang terlalu banyak juga akan menyebabkan busi cepat kotor dan akan mati. Sebaiknya periksakan setelan angin ke ruang bakar. Jika motor Anda mulai terasa boros, itu merupakan gejala busi juga perlu diganti karena proses pembakaran yang tidak selesai di ruang bakar.

Sedangkan kelima adalah dengan merasakan akselerasi motor anda yang tidak maksimum. Saat busi bermasalah, motor biasanya jadi tidak responsif saat dibesut gasnya, sehingga akselerasi menjadi tidak maksimal.

Nah, selain lakukan pengecekan berkala dan servis sesuai buku pedoman servis, ada baiknya juga Anda membawa busi cadangan terutama jika melakukan perjalanan jauh.

Semoga bermanfaat!

ANDHIKA KRESNA

  • Robi Ibrahim

    Kenapa kalau perjalanan kira² 2 km suka mati sendiri kaya listrik mati.tapi d selah hidup lagi tpi kalau udah panass harus nunggu dingin dulu mesin baru bisa lagi..
    Apa nya ya

SHARE



Gerry Salim Finish Posisi 5 Race 2 ATC Motegi

MOTEGI, 16 Oktober 2017 -- Pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Gerry Salim meraih hasil apik pada balapan kedua...

32.964 Bikers Honda Ramaikan HBD 2017

YOGYAKARTA, 15 Oktober 2017 – Gelaran Puncak Honda Bikers Day (HBD) 2017 sukses dihadiri 32.964 pecinta sepeda motor Honda di...

MotoGP: Kejuaraan Belum Berakhir, Davizioso Tempel Marquez

MOTEGI, 15 Oktober 2017 -- Kemenangan Andrea Davizioso (Ducati Team) membuat perebutan gelar juara dunia MotoGP musim ini belum berakhir....

MotoGP: Daviozo Ungguli Marquez, Menangi Duel Panas di Motegi

MOTEGI, 15 Oktober 2017 – Hujan yang mewarnai balapan Motul Grand Prix of Japan di Twin Ring Motegi tak menguranginya...

Ini 3 Jawara Honda Modification Contest 2017

YOGYAKARTA, 15 Oktober 2017 – Acara puncak kompetisi modifikasi terakbar Honda Modification Contest (HMC) 2017 memasuki babak final. Pada gelaran...
  • Robi Ibrahim

    Kenapa kalau perjalanan kira² 2 km suka mati sendiri kaya listrik mati.tapi d selah hidup lagi tpi kalau udah panass harus nunggu dingin dulu mesin baru bisa lagi..
    Apa nya ya