Home NEW BIKES BMW G 310 GS, On-Road Ok Off-Road Ok

BMW G 310 GS, On-Road Ok Off-Road Ok

SHARE

JAKARTA, 22 Januari 2018 – Maraknya segmen motor adventure dan juga light off-road tak mau dibiarkan begitu saja oleh BMW Motorrad Indonesia – Maxindo Moto. Pemegang merek BMW Motorrad di Indonesia itu memperkenalkan BMW G 310 GS. Model terbaru di lini model adventure entry level ini diyakini bakal menjadi primadona di kelasnya.

BMW Motorrad G 310 GS yang dibanderol seharga Rp 125 juta off the road Jabodetabek ini dilengkapi berbagai teknologi terkini. Apa saja?

Secara umum, spesifikasi G 310 GS ini sama dengan versi jalanannya yaitu BMW G 310 R. Misalnya, mesin yang digunakan berkapasitas 313 cc dengan tenaga maksimum 34 horse power. Engine ini dirancang dengan konfigurasi kepala silinder yang dibalik 180 derajat. BMW mengatakan konfigurasi ini memberikan center of gravity yang lebih rendah sekaligus membuat bobot motor menjadi lebih banyak tertumpu ke roda depan untuk mendapatkan pengendalian (handling) yang lebih baik.

“Kami berharap BMW G 310 GS mampu memuaskan hasrat para riders yang menyukai adventure, terutama di kelas entry level, tapi dengan kualitas dan produk sekaliber BMW Motorrad,” kata Joe Frans, Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia – Maxindo Moto dalam acara perkenalan pada media di BSD, Sabtu, 20 Januari 2018.

Aspek hardware dan software BMW G 310 GS juga memiliki kesamaan dengan model BMW G 310 R. Misalnya, mesinnya tipe berpendingin cairan (liquid cooling), bersilinder tunggal.

Nah, perbedaannya antara lain lengan ayun yang lebih panjang dengan tetap mempertahankan wheelbase (jarak roda depan dan roda belakang). “Suspensi travel di roda depan dinaikkan menjadi 180 mm dan suspension travel di roda belakang juga di angka yang sama,” kata Product Manager BMW Motorrad Indonesia, Erick Yohanes saat peluncuran.

Ia menyebutkan hal ini membuat pengendalian motor yang menjadi lebih lincah, termasuk saat bermanuver di medan terjal. Feed back yang lebih baik dari bagian roda depan serta keseimbangan yang lebih baik pada motor ini secara keseluruhan saat dikendarai.

Untuk dudukan jok, BMW G 310 GS memiliki ketinggian jok 835 mm. Sementara, bobot kendaraan mencapai 175,5 kg. BMW G 310 GS menggunakan velg alloy ukuran 19 inch dan ban ukuran 110/80 R19 di bagian depan dan velg 17 inch dengan ban ukuran 150/70 R17 di roda belakang. Ini sedikit berbeda dengan G 310 R yang menggunakan velg 17-17.

Untuk fitur keselamatan, BMW G 310 GS mempercayakan pada rem cakram berdiameter 300 mm, dengan 4 piston radially bolted di roda depan dan rem cakram berdiameter 240 mm single piston di roda belakang. Teknologi pengereman ini sudah mengadopsi fitur Anti-lock Braking System (ABS) yang bisa dinonaktifkan saat motor ini dipakai berkendara di medan off-road.

BMW G 310 GS merupakan hasil kolaborasi dengan TVS sehingga motor inipun diproduksi di pabrik TVS di Tamil Nadu, India. Di Indonesia, BMW G 310 GS sebenarnya bermain sendiri. Meski disebutkan mereka berhadapan dengan Kawasaki Versys-X 250 Tourer dan Honda CRF250 Rally. Padahal secara kapasitas mesin berbeda dan juga harga. Versys dibanderol Rp 73.100.000 sedangkan Honda CRF250 Rally dijual Rp 63.025.000.

RAJU FEBRIAN

SHARE



MBC Indonesia Mengadakan Sunmori Untuk Silaturahim Sebelum Puasa

JAKARTA- Para pecinta motor besar yang tergabung dalam komunitas MBC (Motor Besar Club) Indonesia kembali mengadakan SUNMORI setelah kegiatan rakernas di Sulawesi. Konvoi pagi...

Dewi Fortuna Amankan Podium Rossi di Prancis

LE MANS, 21 Mei 2018 -- Valentino Rossi, pembalap veteran dari tim MotoGP Movistar Yamaha, sekali lagi menunjukkan kelasnya sebagai...

Nonton Bareng MotoGP Bareng Komunitas Honda di 28 Kota

JAKARTA, 21 Mei 2018 -- PT Astra Honda Motor (AHM) mengajak bikers pecinta sepeda motor sport Honda, khususnya Honda CBR Series, menjadi...

MotoGP: Marquez Unggul 36 Poin dari Vinales di Klasemen Sementara

LE MANS, 20 Mei 2018 – Marc Marquez makin unggul di klasemen sementara pembalap menyusul kemenangan yang diraihnya di HJC...

MotoGP: Marc Marquez Dominan, Raih Kemenangan Ketiga Musim Ini

LE MANS, 20 Mei 2018 -- Marc Marquez lagi-lagi tampil dominan. Pembalap Repsol Honda ini kian unggul di puncak klasemen...