Home ACCESSORIES Ini Arti Huruf “R” pada Busi NGK

Ini Arti Huruf “R” pada Busi NGK

SHARE

JAKARTA, 21 September 2016 – Busi merupakan salah satu bagian penting untuk pembakaran di motor Anda. Nah, di pasar beredar berbagai macam busi. Pertanyaannya, busi seperti apa yang cocok untuk motor Anda? bagaimana cara mengenalinya?

Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia mengatakan kemajuan teknologi mesin motor yang serba elektronik, membuat pengendara motor sangat dimanjakan dengan sistem computerized yang memberikan beragam fitur-fitur bergengsi seperti Electronic Controled Unit (ECU), Fully Injcection dan Ride By Wire.

Umumnya motor dengan peranti elektronik tersebut selalu dilengkapi dengan adanya on-board unit sebagai daya kelistrikannya. Sehingga daya listrik yang dibutuhkan akan semakin stabil dan tidak terjadi lonjakan gelombang elektromagnetik yang dapat menyebabkan kerusakan pada on board unit tersebut.

PT NGK Busi Indonesia sudah lama membuat busi dengan teknologi anti lonjakan gelombang electromagnet tersebut dengan hadirnya busi resistor dengan ciri “R” pada bagian insulatornya.

“Banyak yang beranggapan bahwa kode “R” pada busi NGK adalah kode untuk busi racing, padahal hal ini tidak tepat. NGK sangat merekomendasikan penggunaan busi resistor untuk penggunaan kendaraan yang sudah terpasang on-board unit atau system ECU pada mesinnya.” ujar Diko kepada Motovaganza.

Jika, penggunaan busi non-resistor digunakan pada kendaraan yang sudah dilengkapi on-board unit akan menyebabkan kerusakan engine yang dapat mempengaruhi kinerja mesin menjadi tidak langsam (erratic idle), tenaga berkurang (power drop off) dan lambat pada RPM tinggi (high-rpm misfire).

Sebaliknya, NGK yang menghadirkan fitur resistor 5K ohm yang ditanam pada tubuh busi diklaim dapat mengurangi daya hantar gelombang electromagnet yang akan mempengaruhi gejala tersebut.

Busi resistor dapat juga digunakan oleh kendaraan yang belum dilengkapi dengan on-board unit, namun sebaliknya jika, kendaraan yang sudah dilengkapi dengan on-board unit menggunakan busi non-resistor maka permasalahan yang diatas dapat terjadi.

Nah, Jangan salah pilih busi ya…

ANDHIKA KRESNA

SHARE

Pasar Motor Turun, Honda CBR250RR Kuasai Pasar Motor Sport 250cc

JAKART, 22 Juli 2017 – Menurunnya pasar roda dua tanah air tak banyak menggeser posisi Honda sebagai merek terlaris. All...

Edukasi Keselamatan Berkendara, Suzuki Gelar Safety Riding Training

JAKARTA, 22 Juli 2017 – Tingginya angka kecelakaan di jalan raya, berkembangnya populasi pengendara motor di Indonesia, dan tanggung jawab...

Michelin Luncurkan Ban Michelin Pilot MotoGP

JAKARTA, 22 Juli 2017 -- PT Michelin Indonesia kembali memanjakan konsumen roda dua yang cinta akan pengendara sport roda dua...

Suzuki GSX Laris Manis di Jakarta Fair 2017

JAKARTA, 22 Juli 2017 – Selain kendaraan road empat, prestasi tak kalah membanggakan diraih oleh divisi Suzuki roda 2 selama...

Yuk, Ikut Touring Honda Asian Journey

JAKARTA, 21 Juli 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) membuka kesempatan bagi konsumen big bike Honda mengikuti rangkaian touring Honda Asian...