Home BLOGS Motor Bebas Mogok Saat Banjir Hanya dengan Rp 8.500?

Motor Bebas Mogok Saat Banjir Hanya dengan Rp 8.500?

SHARE

JAKARTA, 21 Februari 2017 – Hujan terus mengguyur Jakarta dalam beberapa pekan terakhir. Banjir terjadi di beberapa titik. Sepeda motor yang nekat menerjangnya berpotensi mogok, meski pasti tidak semuanya mengalami hal serupa.

Sebagaimana diketahui bersama, mogok dapat terjadi setelah motor menerjang genangan air/banjir karena saat itu air akan masuk ke busi. Apalagi jika motor yang digunakan punya posisi busi yang rendah seperti motor matik dan bebek.

Busi sendiri, dalam proses pembakaran di ruang bakar, bertugas untuk memercikkan api. Api ini nantinya akan dipantik dengan udara dan bahan bakar untuk menghasilkan ledakan yang menggerakkan mesin secara keseluruhan.

Maka dari itu, saat busi terkena air, sulit bagi komponen ini hasilkan api. Akibatnya motor pun mati tiba-tiba, dan sulit lagi dinyalakan. Jika mogok terjadi, maka satu solusi pintas yang dapat dilakukan adalah dengan membuat busi kering kembali. Entah dengan cara ditiup, atau dilap menggunakan kain kering.

Namun, solusi ini sifatnya sangat jangka pendek. Dalam arti, jika motor kembali terkena air, maka mogok lagi pun bisa saja terjadi. Apalagi jika kabel dan kepala busi karetnya sudah getas atau retak-retak. Lantas bagaimana?

Baca Juga:  Edukasi Keselamatan Berkendara, Suzuki Gelar Safety Riding Training

Dalam hal ini, satu solusi lain yang bisa dilakukan adalah dengan menutup sambungan antara kabel dan kepala busi dengan isolasi. Pasalnya, sambungan inilah yang kerap jadi tempat air merembes. Cara ini bisa membuat motor bisa lebih tahan lama.

“Pakai isolasi khusus di sambungan antara kabel dan kepala busi. Setelah itu kunci pakai pengikat kabel. Cara ini buat percikan air tidak bisa masuk lagi,” ujar Mahdin, pemilik Ibana Jaya Oil, kepada Liputan6.com.

Harga isolasi listrik (electric tape) cukup murah. Di salah satu situs jual beli online, isolasi merek 3M 1500 warna hitam harganya Rp 8.500. Agar lebih kuat, isolasi dapat ditambah dengan pengikat kabel (cable ties) yang harganya Rp 4 ribu saja.

ANDHIKA KRESNA

SHARE

Yuk, Ikut Touring Honda Asian Journey

JAKARTA, 21 Juli 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) membuka kesempatan bagi konsumen big bike Honda mengikuti rangkaian touring Honda Asian...

1957 – 2017: 60 Tahun Harley Sportster

MILWAUKEE, 21 Juli 2017 -- Salah satu nama terkemuka di dunia sepeda motor, Harley-Davidson Sportster merayakan ulang tahun ke-60. Sportster...

Motor Pertama Suzuki Siap Tampil di Indonesia Motorcycle History

JAKARTA, 20 Juli 2017 -- Suzuki akan menghadirkan beberapa motor legendaris dan bersejarah pada ajang Indonesia Motorcycle History (IMH). Ajang...

Indian Scout Bobber 2018, Si Bobber Bergaya Maskulin

MASSACHUSETTS, 19 Juli 2017 - Setelah beberapa pabrikan besar Eropa mengusung aliran bobber untuk produknya, kini giliran sebuah pabrik motor...

Honda Siap Hadirkan Motor Premium dan Big Bike di GIIAS 2017

JAKARTA, 19 Juli 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) memastikan keikutsertaannya meramaikan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)...