Home BLOGS Motor Bebas Mogok Saat Banjir Hanya dengan Rp 8.500?

Motor Bebas Mogok Saat Banjir Hanya dengan Rp 8.500?

SHARE

JAKARTA, 21 Februari 2017 – Hujan terus mengguyur Jakarta dalam beberapa pekan terakhir. Banjir terjadi di beberapa titik. Sepeda motor yang nekat menerjangnya berpotensi mogok, meski pasti tidak semuanya mengalami hal serupa.

Sebagaimana diketahui bersama, mogok dapat terjadi setelah motor menerjang genangan air/banjir karena saat itu air akan masuk ke busi. Apalagi jika motor yang digunakan punya posisi busi yang rendah seperti motor matik dan bebek.

Busi sendiri, dalam proses pembakaran di ruang bakar, bertugas untuk memercikkan api. Api ini nantinya akan dipantik dengan udara dan bahan bakar untuk menghasilkan ledakan yang menggerakkan mesin secara keseluruhan.

Maka dari itu, saat busi terkena air, sulit bagi komponen ini hasilkan api. Akibatnya motor pun mati tiba-tiba, dan sulit lagi dinyalakan. Jika mogok terjadi, maka satu solusi pintas yang dapat dilakukan adalah dengan membuat busi kering kembali. Entah dengan cara ditiup, atau dilap menggunakan kain kering.

Namun, solusi ini sifatnya sangat jangka pendek. Dalam arti, jika motor kembali terkena air, maka mogok lagi pun bisa saja terjadi. Apalagi jika kabel dan kepala busi karetnya sudah getas atau retak-retak. Lantas bagaimana?

Baca Juga:  Harley-Davidson Siapkan 100 Model Baru dalam 10 Tahun

Dalam hal ini, satu solusi lain yang bisa dilakukan adalah dengan menutup sambungan antara kabel dan kepala busi dengan isolasi. Pasalnya, sambungan inilah yang kerap jadi tempat air merembes. Cara ini bisa membuat motor bisa lebih tahan lama.

“Pakai isolasi khusus di sambungan antara kabel dan kepala busi. Setelah itu kunci pakai pengikat kabel. Cara ini buat percikan air tidak bisa masuk lagi,” ujar Mahdin, pemilik Ibana Jaya Oil, kepada Liputan6.com.

Harga isolasi listrik (electric tape) cukup murah. Di salah satu situs jual beli online, isolasi merek 3M 1500 warna hitam harganya Rp 8.500. Agar lebih kuat, isolasi dapat ditambah dengan pengikat kabel (cable ties) yang harganya Rp 4 ribu saja.

ANDHIKA KRESNA

SHARE



32.964 Bikers Honda Ramaikan HBD 2017

YOGYAKARTA, 15 Oktober 2017 – Gelaran Puncak Honda Bikers Day (HBD) 2017 sukses dihadiri 32.964 pecinta sepeda motor Honda di...

MotoGP: Kejuaraan Belum Berakhir, Davizioso Tempel Marquez

MOTEGI, 15 Oktober 2017 -- Kemenangan Andrea Davizioso (Ducati Team) membuat perebutan gelar juara dunia MotoGP musim ini belum berakhir....

MotoGP: Daviozo Ungguli Marquez, Menangi Duel Panas di Motegi

MOTEGI, 15 Oktober 2017 – Hujan yang mewarnai balapan Motul Grand Prix of Japan di Twin Ring Motegi tak menguranginya...

Ini 3 Jawara Honda Modification Contest 2017

YOGYAKARTA, 15 Oktober 2017 – Acara puncak kompetisi modifikasi terakbar Honda Modification Contest (HMC) 2017 memasuki babak final. Pada gelaran...

Jemput Bola, Suzuki Motor Gelar 100 Event di 39 Kota

JAKARTA, 15 Oktober 2017 – Suzuki melakukan program jemput bola untuk menggaet calon konsumen sepeda motor Suzuki. PT. Suzuki Indomobil...