SHARE

MILAN, 20 November 2015 – BMW mengeluarkan motor untuk mendominasi kembali segmen Scrambler. Dalam ajang Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori (EICMA) 2015 di Milan, Italia, pabrikan asal Jerman, BMW Motorrad menghadirkan BMW R nineT Scrambler.

Langkah BMW Motorrad ini tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, Concept Scrambler sudah dipertontonkan BMW awal tahun ini. Scrambler memang diprediksi banyak kalangan akan mendominasi model 2016.

Stephan Schaller selaku Head of BMW Motorrad mengatakan, “Dengan kemungkinan individualisasi yang tak terhitung jumlahnya untuk BMW R nineT dan BMW R nineT Scrambler, kita melihat potensi kosumen yang luar biasa. Khususnya untuk pasar Amerika Serikat,” katanya.

BMW R Nine T Scrambler ini merupakan versi off road dari R nineT milik BMW Motorrad. Perbedaannya antara lain velg 17 inci diganti 19 inci sedangkan belakang tetap 17 inci. Velg dipadukan dengan penggunaan ban berkembang kasar. Namun untuk ban belakang lebar ban berkurang dari 180mm menjadi 170mm.

Perubahan lain adalah letak knalpot yang lebih tinggi. Suspensi depan dinaikkan 20mm menjadi 140mm sedangkan wheelbase bertambah 51mm menjadi 1527mm. Hal yang sama dilakukan pada jok yang 35mm lebih tinggi (setidaknya menjadi 820mm) tapi lebih kecil. Setang dibuat lebih dekat dengan pengendara.

Baca Juga:  Tampil Perdana, Harley-Davidson Boyong 2 Model Baru di GIIAS 2017

Mesin yang digunakan tetap mesin tipe Boxer 1.170cc air-cooled flat-twin. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 110 hp pada 7.500 rpm dan torsi 116 Nm pada 6.000 rpm.

BMW belum membuka rincian teknis dan harga yang akan ditawarkan untuk BMW R nineT. Nah, kita tunggu saja kapan Maxindo Moto memboyong model ini ke Indonesia.

ANDHIKA KRESNA

SHARE