SHARE
(Foto: asphaltandrubber.com)

TOKYO, 19 Desember 2015 – Kabar kurang sedap didapatkan Yamaha di akhir 2015. Mereka harus menarik superbike terbaru mereka YZF-R1 dan YZF-R1M. Namun sayangnya di Amerika Serikat dan Eropa, Yamaha R1 dan R1M 2015 ditarik atau recall karena permasalahan transmisinya.

Subscribe Now!..

Seperti yang dikabarkan situs asphaltandrubber.com Yamaha R1 dan R1M 2015 ditarik karena alasan sistem transmisi dan desain gearbox yang mengalami masalah.

Kabar pertama datang dari Prancis yang menarik 706 unit. Transport Canada – pengimpor untuk sepeda motor Yamaha di Kanada – mengeluarkan recall untuk 240 unit, serta penjualan duo Superbike itu juga dihentikan untuk sementara waktu.

Yamaha mengakui kesalahan yang ditemukan dalam desain gearbox Yamaha R1 dan R1M, kecacatan yang mengakibatkan Yamaha R1 dan R1M terkena recall terdapat pada gir kedua. Menurut Yamaha, gir kedua mudah pecah jika perpindahan gigi (shifting) dilakukan dengan kasar saat motor dipacu dalam kecepatan tinggi. Parahnya, setelah gir kedua pecah, gir lain di posisi ketiga dan keempat juga dapat mengalami hal serupa. Akibat dari kondisi tersebut, roda belakang Yamaha R1 dan R1M dapat terkunci dan penggunanya berisiko mengalami kecelakaan.

Meski recall dilakukan pada R1 dan R1M di seluruh dunia, Yamaha mengaku belum dapat memastikan masalah tersebut terjadi pada seluruh unit atau hanya pada unit dengan kode produksi tertentu.

Di Indonesia, model ini diperkenalkan di GIIAS 2015 Agustus lalu. Sebayak 10 unit sudah lalu terjual. Namun belum ada informasi adalah model di Indonesia termasuk model yang direcall.

ANDHIKA KRESNA

SHARE