Home BLOGS Cara Menghilangkan Bunyi Decit pada Rem Tromol

Cara Menghilangkan Bunyi Decit pada Rem Tromol

SHARE

JAKARTA, 19 Januari 2016 – Saat musim hujan seperti saat ini, sebagian ruas jalan dipastikan ikut tergenang air. Hal ini dikhawatirkan air dan kotoran akan masuk ke dalam tromol motor yang bisa mengakibatkan ganguan pada sistem pengereman.

Subscribe Now!..

Jika kotoran seperti pasir masuk melalui celah pada tromol dan terjebak di dalam akan membuat efek bunyi decitan saat kita melakukan pengereman.

Bro Sucipto Wahono alias Tyo dari Gareng Custom Motor mengatakan hal ini terjadi karena ada tiga kemungkinan. Pertama bisa saja karena kanvas rem sudah waktunya ganti alias tipis.

Kedua, kanvas rem terkena air karena genangan air saat banjir sehingga kotoran bersarang. Atau kemungkinan ketiga adalah kombinasi keduanya, jadi bukan hanya tipis, tapi karena kotoran yang bersarang didalamnya.

Bagaimana mengatasinya? Lepas tromol dan coba lihat kondisi kanvas rem. Jika masih tebal Anda hanya perlu membersihkan saja dengan sabun deterjen, lalu amplas permukaan kampas rem secara perlahan menggunakan amplas sampai kotoran hilang lalu bilas. Hal ini akan membuat kanvas kembali kesat sehingga memperbesar gaya gesekan untuk mengoptimalkan pengereman tanpa ada lagi bunyi decitan.

Baca Juga:  Kinetic dan Norton Jalin Kerjasama di India dan Asean

Saat proses melepas kampas rem, pastikan kampas terhindar dari minyak, oli dan grese. Karena dikawatirkan rem akan semakin licin dan akan sangat berbahaya karena proses pengeraman menjadi tidak efektif alias rem blong.

Semoga bermanfaat ya!

ANDHIKA KRESNA

SHARE



All New Honda PCX 150 Produksi Indonesia Meluncur, Harga Lebih Murah

JAKARTA, 13 Desember 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya memperkenalkan All New Honda PCX 150 yang kini diproduksi...

Ducati Tetap Jual 1299 Panigale V-twin Sampai 2020

BOLOGNA, 12 Desember 2017 – Ducati baru saja meluncurkan Ducati Panigale V4 2018 di ajang EICMA Show 2017 di Milan,...

Ini Harga Triumph Bobber Black

LONDON, 12 Desember 2017 – Triumph Motorcycles akhirnya mengumumkan harga Bobber Black. Versi Bobber “hitam” ini dijual mulai £ 11.650...

Salah Label Informasi Emisi, Motor Listrik Zero Recall Motornya

DETROIT, 12 Desember 2017 – Meski terbilang unik, Zero Motorcycles diminta merecall sejumlah kecil, 36 unit, sepeda motor listrik mereka....

Heru Prakoso S Kembali Pimpin Ducati Desmo Owners Club Indonesia

JAKARTA, 12 Desember 2017 -- Heru Prakoso S kembali terpilih sebagai President and Chief of Ducati Desmo Owners Club Indonesia...