Home BLOGS Tips Mengendarai Motor Besar dari WMS

Tips Mengendarai Motor Besar dari WMS

SHARE

JAKARTA, 13 Juli 2016 – Mengendarai motor besar di kota besar harus memiliki strategi tersendiri. Selain kondisi jalanan kota yang sibuk disesaki oleh ribuan pengendara kendaraan bermotor terdapat juga banyak pejalan kaki yang berseliweran sehingga Anda diwajibkan untuk tetap waspada. Bagaimana tipsnya?

PT. Wahana Makmur Sejati selaku Main Dealer sepeda motor Honda region Jakarta – Tangerang, mengatakan ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Pertama, perlihatkan keberadaan Anda dengan mengenakan priding gear seperti jaket atau rompi dengan warna yang reflektif. Helm berwarna cerah pun wajib digunakan agar keberadaan Anda diketahui dan orang lain juga waspada. Jika Anda ingin sesekali membesut motor besar, usahakan posisikan di wilayah terbuka. Hal ini bertujuan agar Anda tetap di jalur aman dan jangan melakukan selap-selip di celah mobil karena sulit terlihat akibat blind spot.

Langkah berikutnya, Fokus pada sekeliling. Jangan hanya fokus ke depan, tapi juga ke kanan kiri dan belakang untuk mengetahui kondisi serta lingkungan sekitar. Dengan fokus, Anda dapat mengetahui kondisi mulus atau rusaknya permukaan jalan serta gangguan yang menghambat di jalanan. Perhatikan kondisi jalan dengan baik adalah kunci untuk bisa menghindari dan melewati mobil-mobil besar dan juga untuk mencari cara keluar dari kesulitan jika terjadi sesuatu di jalan.

Baca Juga:  Harley-Davidson Siapkan 100 Model Baru dalam 10 Tahun

Saat menyalip, hindari menyalip dari sisi kiri. Usahakan selalu menyalip dari jalur kanan, agar pengemudi mobil di depan Anda bisa melihat keberadaan Anda. Selalu fokus untuk mengerem di waktu yang tepat.

Jika berkendara di malam hari, pastikan menggunakan lampu kendaraan dengan baik. Pastikan lampu-lampu dalam keadaan menyala dengan normal. Jika lampu depan dan belakang tidak otomatis, nyalakanlah. Selain itu juga pastikan agar lampu sen dinyalakan dan dimatikan pada waktunya, dan sesuai dengan posisi Anda di jalan, jangan sampai membingungkan kendaraan lain.

Saat jalan terlihat padat, usahakan ambil jalur yang benar. Jalanan besar biasanya memisahkan jalur cepat dan jalur lambat, jangan sampai mengambil jalur yang salah karena akan membuat posisi Anda sulit terlebih dengan menggunakan motor besar dengan kondisi mesin yang panas membutuhkan ruang terbuka agar mudah melepaskan suhu panas mesin di jalur terbuka.

Usahakan tetap tenang, jangan sembrono serta agresif, dan ikuti peraturan karena hanya akan membawa bahaya bagi diri Anda serta orang lain. Terakhir adalah biasakan kendalikan emosi dimana jalan raya umumnya dipenuhi oleh orang dengan bermacam karakteristik. Tersulut emosi sedikit saja sudah dapat memberi dampak yang berbahaya bagi keselamatan.

Baca Juga:  Harley-Davidson Siapkan 100 Model Baru dalam 10 Tahun

Nah, semoga langkah tersebut dapat membuat anda berkendara dengan aman, selamat dan tetap terlihat keren diatas motor besar ya!

ANDHIKA KRESNA

SHARE



Gerry Salim Finish Posisi 5 Race 2 ATC Motegi

MOTEGI, 16 Oktober 2017 -- Pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Gerry Salim meraih hasil apik pada balapan kedua...

32.964 Bikers Honda Ramaikan HBD 2017

YOGYAKARTA, 15 Oktober 2017 – Gelaran Puncak Honda Bikers Day (HBD) 2017 sukses dihadiri 32.964 pecinta sepeda motor Honda di...

MotoGP: Kejuaraan Belum Berakhir, Davizioso Tempel Marquez

MOTEGI, 15 Oktober 2017 -- Kemenangan Andrea Davizioso (Ducati Team) membuat perebutan gelar juara dunia MotoGP musim ini belum berakhir....

MotoGP: Daviozo Ungguli Marquez, Menangi Duel Panas di Motegi

MOTEGI, 15 Oktober 2017 – Hujan yang mewarnai balapan Motul Grand Prix of Japan di Twin Ring Motegi tak menguranginya...

Ini 3 Jawara Honda Modification Contest 2017

YOGYAKARTA, 15 Oktober 2017 – Acara puncak kompetisi modifikasi terakbar Honda Modification Contest (HMC) 2017 memasuki babak final. Pada gelaran...