Home BLOGS 10 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Touring Akhir Tahun

10 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Touring Akhir Tahun

SHARE

JAKARTA, 17 Desember 2016 – Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh atau touring mengisi agenda pergantian akhir tahun ini, tentunya perlu persiapan. Tidak ada salahnya berhati-hati mengingat situasi lalu lintas yang sangat padat di pergantian tahun.

Agar Anda bisa aman dan nyaman ketika mengendarai sepeda motor, ada baiknya menyimak beberapa tips dari Instruktur Safety Riding, Bripka Ukke dari Ditlantas Polda Metro Jaya, instruktur bagi anggota polisi BM.

Pertama, kenakan pakaian atau jaket yang berwarna cerah. Hal ini bertujuan sebagai penanda kepada pengemudi lain di jalan saat malam pergantian tahun baru yang ramai. Dengan menggunakan warna cerah atau scotlight membuat pengendara lain melihat dan mengetahui keberadaan anda di jalan.

Kemudikan motor anda dengan berada tetap di jalur aman. Jangan nyelip atau melewati celah antara mobil karena dengan berada di antara celah mobil, anda berpotensi berada di area blind spot bagi kendaraan lain.

Selanjutnya, tetap fokus dan perhatikan sekeliling. Pasalnya, kondisi lalu lintas saat pergantian malam tahun baru akan lebih ramai di bandingkan malam hari lainnya. Pastikan Anda untuk sesekali melihat ke kanan dan kiri serta sekeliling untuk mengetahui lingkungan dan kondisi jalan. Hal ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan dari pengendara lain atau pejalan kaki.

Perhatikan kondisi jalan dengan mencari cara untuk melewati jalan umum yang banyak dilalui kendaraan lain. Hal ini diperlukan saat motor anda mengalami masalah dalam perjalanan. Biasakan untuk tidak menyalip dari jalur sebelah kiri, hal ini dianggap bahaya karena motor anda akan menghantam motor/mobil yang sedang berhenti ketika menyalip dari kiri secara tiba-tiba. Pastikan anda berada di jalur yang benar, perhatikan juga jalur lambat atau cepat.

Saat Anda memasuki jalur baru, biarkan kendaraan lain melintas terlebih dahulu agar anda bisa meraba kondisi jalan dan terhindar dari lubang atau jalan yang kurang mulus. Perhatikan juga kondisi permukaan jalan agar anda dapat menghindari batu atau puing sisa pesta tahun baru yang berserakan di jalan.

Biasakan juga perhatikan lampu di kendaraan Anda. Jangan biarkan atau menggunakan lampu tambahan yang membuat pengendara lawan menjadi silau. Terakhir, jangan terlalu agresif saat berkendara. Bijaksanalah dalam berkendara demi perjalanan yang aman dan nyaman sampai di tujuan.

Semoga bermanfaat….

ANDHIKA KRESNA

SHARE

Pasar Motor Turun, Honda CBR250RR Kuasai Pasar Motor Sport 250cc

JAKART, 22 Juli 2017 – Menurunnya pasar roda dua tanah air tak banyak menggeser posisi Honda sebagai merek terlaris. All...

Edukasi Keselamatan Berkendara, Suzuki Gelar Safety Riding Training

JAKARTA, 22 Juli 2017 – Tingginya angka kecelakaan di jalan raya, berkembangnya populasi pengendara motor di Indonesia, dan tanggung jawab...

Michelin Luncurkan Ban Michelin Pilot MotoGP

JAKARTA, 22 Juli 2017 -- PT Michelin Indonesia kembali memanjakan konsumen roda dua yang cinta akan pengendara sport roda dua...

Suzuki GSX Laris Manis di Jakarta Fair 2017

JAKARTA, 22 Juli 2017 – Selain kendaraan road empat, prestasi tak kalah membanggakan diraih oleh divisi Suzuki roda 2 selama...

Yuk, Ikut Touring Honda Asian Journey

JAKARTA, 21 Juli 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) membuka kesempatan bagi konsumen big bike Honda mengikuti rangkaian touring Honda Asian...