SHARE

JAKARTA, 17 Desember 2015 — Jika Anda pernah mendengar istilah four by four atau 4X4 mungkin 3X3 terdengar agak asing. Motor beroda tiga yang paling terkenal adalah Can-Am Spyder atau Polaris Slingshot. Namun, berbeda dengan motor beroda tiga milik Moto Guzzi yang satu ini. Motor yang dirancang untuk tentara Italia pada tahun 1960-an dinamakan Autoveicolo Da Montagna atau mobil gunung.

Subscribe Now!..

Bentuknya memang terlihat aneh. Tapi soal kemampuan motor berkelir militer ini jangan ditanya. Pasalnya, motor ini mampu menaiki pohon dan mampu melewati apa saja yang ada di depannya. Hal ini dikarenakan sitem penggerak roda yang sudah 3WD dengan 6 percepatan plus gigi mundur. Menariknya motor militer ini tidak menggunakan stang pada umumnya melainkan menggunakan steer layaknya mobil beroda empat.

Kendaraan militer milik Italia ini bukan pertama kalinya dibuat, dengan kemampuan yang mampu berjalan dengan kemiringan 31 derajat tapi kemampuan ini juga menjadi kelemahan terbesar karena beberapa tentara yang membawa motor ini tewas dalam rollovers. Oleh karena alasan tersebut Italia akhirnya membatalkan produksi 3 tahun setelah diperkenalkan sejak tahun 1960.

Dengan bentuk seperti tank, Guzzi ini awalnya menggunakan mesin berkapasitas 500cc satu silinder. Karena dianggap kurang bertenaga akhirnya mesin tersebut diganti oleh mesin berkapasitas 750cc dengan model V-Twin. Dengan mesin barunya motor ini mampu membawa barang seperti peralatan perang seberat 500 kilogram.

Walau prototipe model ini sudah di museumkan di museum ‘The Motorworld oleh V. Sheyanov’ bagian tenggara Rusia, namun seperti yang diberitakan bikeexif.com, Moto Guzzi akan melakukan restorasi kembali kendaraan militer karya maestro Costantino Frontalini. Rencananya restorasi itu akan dilakukan di Italia.

ANDHIKA KRESNA

SHARE