SHARE

MILAN, 17 November 2015 — BMW Motorrad memperluas jangkauan pasarnya dengan mengenalkan BMW G310R. Jika sebelumnya BMW Motorrad didominasi motor dengan kapasitas mesin di atas 500cc, inilah motor dengan mesin berkapasitas di bawah 500cc.

Subscribe Now!..

Rencananya motor ini diperkenalkan secara resmi oleh BMW Motorrad di ajang EICMA 2015, di Milan, Italia. BMW G310R ini merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan asal India TVS motor company. Mereka berkolaborasi memproduksi motor ini untuk menyaingi KTM390 Duke, Yamaha YZF-R3, Honda CBR300R, dan Kawasaki Ninja 300.

Melihat penampilannya, motor ini sangat kental dengan genre naked sport bike. Duet BMW dan TVS ini menggunakan mesin berkapasitas 313cc DOHC 4-stroke dengan pendingin cairan dan mengandalkan injeksi elektrik sebagai paru-paru pada pembakarannya.

Menariknya BMW G310R memiliki rangka unik yang terbuat dari steel tube, jika Anda melihat dari sisi samping, rangka ini terlihat seperti jembatan yang menggabungkan lengan ayun Allumuniumnya dan juga menjembatani antara tanki bensin dengan sok tunggal belakangnya.

Baca Juga:  TVS Apache RR 310, Kembaran BMW G 310 R Meluncur

Walau BMW Motorrad mengatakan kalau desainnya berkiblat pada S1000R miliknya, namun BMW G310R ini lebih terlihat seperti motor yang digunakan oleh para freestyler, menggunakan upside down pada kaki depannya membuat motor ini tampak kekar dikombinasikan dengan Castwheel serta Headlamp yang sangat besar menjadikan motor ini layak dimasukan dalam kategori Muscle Bike.

BMW Motorrad mengklaim bahwa motor ini dapat memuntahkan tenaga 34 tenaga kuda pada 9.500 rpm. Segala informasi mengenai kecepatan, rpm, jarak tempuh dan lainnya dapat di lihat pada panel LCD Digital yang diletakan diatas Headlamp. Sebagai keamanan dan kenyamanan sistem pengereman G310R ini sudah menggunakan ABS pada kedua roda yang berdiameter 17 inchi ini.

ANDHIKA KRESNA

SHARE