Home BLOGS Tips Mencuci Sendiri Motor Besar

Tips Mencuci Sendiri Motor Besar

SHARE

JAKARTA, 16 Juli 2016 – Bagi para pemilik motor berkapasitas besar alias Moge, kebiasaan mencuci motor sudah menjadi sebuah keharusan agar sepeda motor kesayangan selalu tampil bersih dan kinclong. Namun, tahukah Anda ada beberapa hal yang perlu dihindari saat mencuci motor? Karena jika salah dalam mencuci motor, bisa membuat kondisi motor menjadi tidak baik. Apa saja hal-hal yang perlu dihindari? Berikut tips mencuci sendiri moge Anda.

Pertama, jangan mencuci motor saat mesin masih dalam keadaan masih panas. Mencuci motor pada saat motor masih dalam kondisi panas bukanlah kebiasaan yang baik karena besi panas yang disiram air tentunya bisa menjadi rusak. Biarkan mensin dingin terlebih dahulu sebelum mencucinya.

Setelah motor dalam keadaan dingin, biasakan motor dalam keadaan standar tengah bukan samping. Standar tengah dianggap paling aman saat melakukan pencucian motor terlebih seorang diri.

Langkah berikutnya, hindari membasahi komponen yang sensitif seperti peragkat elektronik, kelistrikan dan filter udara. Cucilah bagian yang masih terbilang aman jika terkena air seperti, ban, body, kaki-kaki dan bagian luar lainnya. Perilaku ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan pada motor akibat kebiasaan menyiram komponen yang sensitif pada motor.

Biasakan untuk membasahi motor secara keseluruhan dengan cara menyiram dengan air yang mengalir. Langkah ini bertujuan agar seluruh kotoran dan debu yang menempel bisa terbuang terlebih dahulu. Umumnya kotoran seperti tanah yang mengering akan “copot” atau luntur dengan sendirinya. Jangan langsung menggosok seluruh bagian motor tanpa menyiramnya terlebih dahulu karena bisa menghasilkan guratan-guratan kecil.

Gunakan shampo khusus untuk mencuci motor, atau bisa juga dengan shampo rambut biasa. Jangan gunakan deterjen karena akan mempercepat cat motor menjadi buram.

Terakhir, saat proses pengeringan setelah mencuci motor, jangan berada di bawah terik matahari langsung. Hal ini dimaksudkan agar body motor tidak mudah terserang “jamur” khususnya pada bagian tangki bensin dan komponen besi lainnya.

Kemudian usahakan menggunakan lap yang kering, bersih serta lembut. Lap yang bersih dan lembut diyakini tidak menghasilkan guratan-guratan kecil pada body motor yang bisa membuat penampilan motor menjadi kurang kinclong.

Semoga bermanfaat!

ANDHIKA KRESNA

SHARE

Elders Garage Kembangkan Bisnis Bengkel Bertema Kustom

JAKARTA, 22 Maret 2017 - Motor bertema custom (baca: kastem) akhir-akhir ini memang sedang masuk masa keemasan. Hal ini juga...
video

Asiknya Berkendara dengan Triumph Street Scrambler

JAKARTA, 22 Maret 2017 – Selain Triumph Bonneville Bobber, model lain yang segera tampil perdana di Indonesia adalah Triumph Street...
video

Mengintip Si “Seksi” Triumph Bonneville Bobber

JAKARTA, 22 Maret 2017 – Jelang ajang 1st Indonesia Autovaganza 2017, Minggu, 26 Maret 2017, PT GAS (Garda Andalan Selaras) berencana...

Parjo #6 Digelar dengan Konsep dan Lokasi Berbeda

JAKARTA, 21 Maret 2017 - Gelaran Pasar Jongkok Otomotif (PARJO) tahun ini kembali dihadirkan bagi penggila otomotif di Indonesia. Memasuki...

Wrangler True Wanderer 2017 Siap Ajak Petualangan Terbesar

JAKARTA, 21 Maret 2017 - Memasuki tahun ketiga, Wrangler True Wanderer 2017 siap diselenggarakan kembali bagi para rider petualang. Tahun...