Home EDITOR'S PICKS TEST RIDE: Ducati Multistrada 1200 Enduro 2016, The Mud-Wrestling Bull

TEST RIDE: Ducati Multistrada 1200 Enduro 2016, The Mud-Wrestling Bull

SHARE
Ducati Multistrada 1200 Enduro 2016 (Foto-foto: Alvando noya dan Andhika Kresna)

JAKARTA, 14 Februari 2017 — Sejak awal 2016 pasar otomotif khususnya roda dua di Indonesia benar-benar dibanjiri motor-motor premium. Mulai dari segmen sportbike hingga motor adventure yang dikenal cukup laris untuk pasar Indonesia. PT Garansindo Euro Sport, pemegang merek Ducati di Indonesia, dengan pintar membaca sinyal tersebut dan meluncurkan Ducati Multistrada 1200 Enduro 2016 tahun lalu.

A post shared by Carvaganza.com (@carvaganza) on

Varian ini dikenal sebagai motor adventure sejati berkat tampilannya yang kekar dan tinggi demi mengakomodasi perjalanan di segala medan. Awal Februari 2016 lalu Motovaganza mendapatkan kesempatan untuk menguji Ducati Multistrada 1200 Enduro dalam perjalanan touring Jakarta-Ujung Kulon-Jakarta.

Secara tampilan, Ducati Multistrada 1200 Enduro sebenarnya lebih mirip dengan umumnya motor Sport Touring. Mungkin karena bentuk sepasang lampu depan yang melebar khas motor aspal. Namun, begitu melihat bentuk tangkinya yang besar (mampu memuat 30 liter bensin) juga suspensi bikinan Sachs berdiameter 48 mm yang sangat jangkung, kita tahu ini benar-benar motor adventure.

Karena ditujukan untuk kegiatan on-road dan off-road, Ducati Multistrada 1200 Enduro memiliki riding position yang tegak khas motor adventure. Joknya memang cukup tinggi, 870 mm, dengan jok opsional setinggi 890-850mm. Riding positionnya pun makin mantab untuk kegiatan touring dan off-road berkat penggunaan velg depan berukuran 120/70 R19 dan ban belakang 170/60 R17. Dari showroom, Multistrada 1200 Enduro dilenkapi dengan ban Pirelli  Scorpion Trail II, yang berorientasi aspal, persis seperti ban yang terpasang di unit yang kami coba.

Ducati Multistrada 1200 Enduro dibekali dengan suspensi depan Sachs 48 mm dengan teknologi electronic compression and rebound damping adjustment with Ducati Skyhook Suspension yang membuatnya adaptif dengan segala medan. Pada kondisi jalan apapun tentu saja posisi riding seperti ini sangat nyaman dan visilibitas pengendara jauh lebih leluasa.

Baca Juga:  Ali Adriansyah Janji Lebih Agresif dan Konsisten di Portimao

Tenaga Besar

Yang paling menakjubkan adalah tenaga yang dihasilkan mesin Ducati Testatretta DVT L-Twin silinder: 160 hp @ 9.500 rpm dan torsi puncak hingga 136 Nm @ 7.500rpm.  Saat ini, dibandingkan para pesaing di kelasnya, Multistrada 1200 Enduro adalah motor yang paling bertenaga.

Untuk kenyamanan dan pengendaraan yang optimal, Anda bisa memilih empat mode pengendaraan yakni, Sport, Urban, Touring dan Enduro. Pada mode Sport tenaga maksimal disalurkan ke roda belakang hingga 160 hp yang menghasilkan sensasi roda depan seolah terangkat saat akselerasi dan setiap pergantian gigi rendah. Dengan tenaga dan torsi yang melonjak liar dan suspensi yang kaku, mode ini rasanya cuma asik untuk digunakan saat menjajal jalanan mulus dan sepi seperti di sirkuit.

Pada saat ujicoba, kami banyak mengunakan mode Touring, karena pergantian gigi berlangsung lebih halus dan akselerasi lebih lembut. Cocok untuk perjalanan jauh. Mode ini juga terasa lebih nyaman bagi kami pada saat melintasi kawasan perkotaan yang macet, meskipun ada mode Urban yang diklaim lebih cocok untuk kawasan perkotaan. Mungkin karena pada mode Touring, pergantian gigi bisa berlangsung lebih lama dan rpm lebih tinggi.

Untuk menerabas medan off-road, Anda dapat memilih riding mode endure, dimana komputer langsung membatasi tenaga maksimal mesin hanya hingga 100 hp, untuk dikonversi menjadi torsi yang lebih besar. Pada mode ini, sistem pengereman ABS otomatis tidak berfungsi karena ABS justru membuat motor tidak lincah saat melewati permukaan gravel ataupun pasir dan tanah berlumpur.

Fitur Canggih

Layaknya motor-motor modern lainnya, Multistrada 1200 Enduro juga sudah dilengkapi fitur-fitur canggih lainnya seperti Full-TFT instrument panel, Ducati safety pack (DSP), Ducati Traction control (DTC), Ducati wheelie control (DWC), Ducati multimedia system (DMS) dan Cruise control. Cuma, fitur yang disebut terakhir, sepertinya jarang bisa difungsikan di sini karena sepeda motor tidak dibenarkan melaju di jalan bebas hambatan. Ada fitur lain yang sempat menjadi favorit kami saat mencoba motor ini, yakni grip heater yang berfungsi menghangatkan stang motor saat melaju pada malam hari atau kondisi hujan. Dan fitur ini benar-benar sangat membantu kami karena selama 3 hari pengetesan, sebagian besar kami melaju di tengah hujan deras.

Baca Juga:  Vespa Arcobaleno Sudah Masuk di Indonesia, Berapa Harganya?

Di jalan aspal, Multistrada 1200 Enduro bertingkah layaknya motor sport turing. Ia sangat mudah diajak bermanuver di tengah kemacetan atau bahkan melahap tikungan tajam dalam kecepatan tinggi, meski ada penumpang di jok belakang. Dengan tenaga 160 hp, motor ini melesat bak peluru saat digeber secara agresif hingga jarum rpm mendekati red line. Multistrada 1200 Enduro bisa meraih kecepatan 0-100 kmj hanya dalam waktu 3,2 detik, dengan top speed hingga 250 km/jam.

Sistem pengeremannya yang dipasok oleh Brembo juga bekerja maksimal, membuat kami berani melakukan late braking pada saat menikung dan bermanuver. Sangat mudah mengenali karakter dari Ducati Multistrada 1200 Enduro hanya dengan mendengar raungan knalpotnya yang khas dan bersumber dari mesin L-twin.

Tapi, adrenalin Anda akan mengalir lebih kencang saat motor ini diajak melintasi jalanan off-road. Fitur Ducati Traction Control pada mode Enduro membuat roda belakang tak pernah kehilangan traksi saat menembus lumpur dan kubangan, juga pasir dan jalan berbatu. Alhamdulillah, selama melalui trek off-road, tak pernah sekali pun kami terjatuh atau meleset karena permukaan jalan yang licin.

Baca Juga:  Vespa Arcobaleno Sudah Masuk di Indonesia, Berapa Harganya?

Mudah Dikendarai

Padahal unit test-ride ini juga dilengkapi dengan sepasang side-box aluminium yang berisi tas dan perlengkapan bawaan kami. Kami membayangkan, seandainya unit test-ride ini dibekali ban berjenis dual-purpose, tentu sensasinya akan semakin “gila.” Jelas, label Enduro pada varian Multistrada ini bukanlah sekadar embel-embel. Tapi, mewakili karakter dan kemampuan asli dari motor ini.

Secara keseluruhan, Ducati Multistrada 1200 Enduro adalah sepeda motor yang sangat mudah dikendarai bahkan oleh pemula sekalipun. Handlingnya mantap dan bertenaga. Fitur-fiturnya sangat user friendly untuk dioperasikan melalui panel instrument yang cantik namun praktis. Praktisnya lagi Anda tidak harus memasukan lubang kunci untuk menyalakan mesin karena Ducati Multistrada 1200 Enduro sudah dibekali dengan Hands-free ignition, asalkan anak kunci ada di saku Anda.

Anda bahkan dapat mengoperasikan pemilihan atau pergantian fitur sembari melaju’ tanpa harus menghentikan motor ini. Belum lagi jok yang sangat nyaman baik pengemudi maupun penumpang. Satu-satunya kekurangan (jika itu boleh disebut sebagai kekurangan) adalah pada harganya yang fantastis: Rp 809 juta off-the road. Dengan harga segitu, rasanya tak banyak orang yang tega mengajak Ducati Multistrada 1200 Enduro bermain-main menikmati sensasi off-road yang penuh risiko.

Spesifikasi Ducati Multistrada 1200 Enduro 2016

Mesin: Testatreta 1198 cc L-Twin Cylinder with Variable Valve Timing / 160 hp @9500 rpm / 130 Nm @7500 rpm.
Transmisi: 6-kecepatan
Chassis: Tubular steel Trellis frame
Rem: Brembo 2 x 320 mm semi-floating discs, ABS & 265 mm disc ABS
TInggi jok: 870 mm unadjustable seat
Bobot Kosong: 254 kg
Kapasitas tangki: 30 liter
Harga: Rp. 809 Juta (Off The Road)

MUNAWAR CHALIL

SHARE



MotoGP: Marquez Juara, Rossi Finish P5 dengan Kaki Patah

ARAGON, 24 September 2017 – Marc Marquez (Repsol Honda) merebut kemenangan keenamnya musim ini setelah memenangi MotoGP Gran Premio Movistar...

Ribuan Rider Meriahkan Distinguished Gentlemans Ride Bandung 2017

BANDUNG, 24 September 2017 -- Ajang motoran klasik dan vintage Distinguished Gentlemans Ride 2017 di Bandung mendapat sambutan meriah. Ribuan...

ComSar Invest Ambil Alih MV Agusta

VARESE, 24 September 2017 - Salah satu produk big bike asal Italia yaitu MV Agusta dikabarkan tengah mengalami kesulitan keuangan....

Suzuki All New Satria F150 Muncul dengan 5 Warna Baru

JAKARTA, 24 September 2017 - Ajang Bursa Motor (Burtor) 2017 sudah dimulai. Memanfaatkan ajang tersebut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)...

The Sinatra II, American Chopper Bobber

YOGYAKARTA, 24 September 2017 – Memodifikasi motor memang tugas yang tak pernah puas. Seperti Achmad Zulkarnain misalnya. Motor yang ia...