Home BLOGS Ini Cara Membaca Profil Ban Motor Anda

Ini Cara Membaca Profil Ban Motor Anda

SHARE

JAKARTA, 13 November 2015 — Anda masih bingung memilih profil ban motor yang akan Anda beli untuk motor Anda? Tak ada salahnya mengenal jenis dan profil ban agar Anda tidak salah dalam memilih ban. Kuncinya pilih ban yang sesuai dengan jenis motor Anda.

Subscribe Now!..

Ban motor sekilas memang tampak sama. Berwarna hitam dan terbuat dari karet. Namun ban juga memiliki beragam profil, karakteristik, jenis, dan ukuran sesuai dengan fungsi motor yang berbeda-beda.

Pertama ada dari sisi jenis. Ada ban tubeless dan tube type. Secara umum, tubeless tidak menggunakan ban dalam seperti tube type. Ban tubeless biasanya digunakan untuk motor yang menggunakan velg castwheel, sedangkan tube type untuk velg jari-jari.

Kedua ada diameter. Misalkan ban Anda tertulis 120/60 R17 itu artinya ban memiliki lebar tapak ke permukaan 120 inci, dengan ketebalan dinding 60 inci serta digunakan pada velg berukuran 17 inci. Nah, sesuaikan dengan motor Anda. Ukuran ban bisa makin lebar, makin tinggi, tergantung selera selama sesuai dengan ukuran velg.

Ketiga ada profil. Di bagian sisi ban tertera beraneka tulisan seperti TWI (TREAD WEAR INDICATOR), LOT NUMBER dan SPEED SYMBOL & LOAD INDEX serta ROTATION. TWI untuk menunjukan batas pemakaian ban yang ditandai batas keausan tread yang diijinkan oleh produsen untuk menjamin performa ban. Jika melewati batas sebaiknya ban Anda wajib diganti meski kembang masih terbilang tebal.

Lot Number digunakan untuk mengetahui waktu diproduksinya ban tersebut. Biasanya Lot Number biasanya berkode 4 angka disusul dua angka sebagai hitungan minggu dan dua berikutnya sebagai penunjuk tahun kadaluarsa ban tersebut.

Terakhir Speed Symbol & Load Index sebagai penunjuk batas kecepatan maksimun dan beban maksimum yang dianjurkan. Misalnya Kode 41P yang memiliki arti beban maksimum ban 145 kg dan kecepatan maksimum 150 km/jam. Terakhir ada Rotation atau putaran. Ditujukan untuk menunjukkan arah putaran ban yang benar. Biasanya ditunjukkan dengan tanda panah.

Nah semoga Anda bisa mengenali jenis, ukuran bahkan masa kadaluarsa ban Anda sebelum membelinya.

ANDHIKA KRESNA

SHARE



Ducati Tetap Jual 1299 Panigale V-twin Sampai 2020

BOLOGNA, 12 Desember 2017 – Ducati baru saja meluncurkan Ducati Panigale V4 2018 di ajang EICMA Show 2017 di Milan,...

Ini Harga Triumph Bobber Black

LONDON, 12 Desember 2017 – Triumph Motorcycles akhirnya mengumumkan harga Bobber Black. Versi Bobber “hitam” ini dijual mulai £ 11.650...

Salah Label Informasi Emisi, Motor Listrik Zero Recall Motornya

DETROIT, 12 Desember 2017 – Meski terbilang unik, Zero Motorcycles diminta merecall sejumlah kecil, 36 unit, sepeda motor listrik mereka....

Heru Prakoso S Kembali Pimpin Ducati Desmo Owners Club Indonesia

JAKARTA, 12 Desember 2017 -- Heru Prakoso S kembali terpilih sebagai President and Chief of Ducati Desmo Owners Club Indonesia...

Aksi Sosial Suzuki Bike Meet Banjarmasin

BANJARMASIN, 11 Desember 2017 -- PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyelenggarakan Suzuki Bike Meet di kota ke-7 yang sekaligus menjadi...