Home Video VIDEO: The Motorcycle Diaries Che Guevara 65 Tahun Lalu

VIDEO: The Motorcycle Diaries Che Guevara 65 Tahun Lalu

SHARE

JAKARTA, 12 Oktober 2017 – Anda yang memiliki jiwa “pemberontak” mungkin kenal dengan nama Che. Ernesto ‘Che’ Guevara telah meninggal dunia 50 tahun lalu dieksekusi oleh tentara Bolivia tahun 1967. Pria kelahiran Argentina 14 Juni 1928 ini dikenal sebagai tokoh revolusioner kiri, dokter, gerilyawan, penulis dan diplomat ulung. Namanya mendunia dan menjadi inspirasi banyak orang, terutama bagi orang-orang yang ingin memperjuangkan keadilan.

Subscribe Now!..

Namun, tulisan ini bukan untuk menyinggung soal perjuangannya berdampingan dengan kaum Marxis dan kiri, melainkan pada 50 tahun kematian Che Guevara ini, ingin mengingatkan petualangan Che dengan sepeda motornya mengelilingi wilayah Amerika Latin 65 tahun silam.

Petualangannya dengan sepeda motor Norton 500 cc 1 silinder buatan tahun 1939 itu dibukukan sendiri oleh Che dengan judul ‘The Motorcycle Diaries: A Journey Around South America’ terjemahan Ann Wright. Buku ini menginspirasi pembuatan film The Motorcycle Diaries tahun 2004 karya sutradara Walter Sales dan menjadi film populer di era tersebut. Bahkan bukunya beberapa kali menjadi best seller The New York Times.

Kisah avonturir itu berawal bulan Januari 1952 ketika Che waktu itu masih menjadi mahasiswa kedokteran dan rekannya, Alberto Granado, mahasiswa biokimia mengambil cuti kuliah selama setahun. Mereka ingin berkeliling wilayah Amerika Selatan dengan sepeda motor yang mereka beri nama La Paderosa II (Yang Perkasa II).

Dengan sepeda motor tersebut, keduanya mengarungi jarak lebih dari 8.000 km selama 9 bulan di mulai dari Buenos Aires, Argentina, Peru, Chili, Ekuador, Kolombia, Venezuela,Panama sampai Miami dan akhirnya kembali ke tempat startnya di Buenos Aires.

Dalam perjalanannya mereka menjadi relawan menolong penderita penyakit lepra di San Pablo, Peru di kawasan pinggir Sungai Amazon dan merawat sejumlah orang sakit. Perjalanan itulah yang mengubah cara pandang Che terhadap kehidupan, padahal ia lahir dari keluarga kaya.

Mau tahu bagaimana perjalanannya? Tonton saja cuplikan filmnya yang dibuat 13 tahun lalu.

EKA ZULKARNAIN

SHARE



All New Honda PCX 150 Produksi Indonesia Meluncur, Harga Lebih Murah

JAKARTA, 13 Desember 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya memperkenalkan All New Honda PCX 150 yang kini diproduksi...

Ducati Tetap Jual 1299 Panigale V-twin Sampai 2020

BOLOGNA, 12 Desember 2017 – Ducati baru saja meluncurkan Ducati Panigale V4 2018 di ajang EICMA Show 2017 di Milan,...

Ini Harga Triumph Bobber Black

LONDON, 12 Desember 2017 – Triumph Motorcycles akhirnya mengumumkan harga Bobber Black. Versi Bobber “hitam” ini dijual mulai £ 11.650...

Salah Label Informasi Emisi, Motor Listrik Zero Recall Motornya

DETROIT, 12 Desember 2017 – Meski terbilang unik, Zero Motorcycles diminta merecall sejumlah kecil, 36 unit, sepeda motor listrik mereka....

Heru Prakoso S Kembali Pimpin Ducati Desmo Owners Club Indonesia

JAKARTA, 12 Desember 2017 -- Heru Prakoso S kembali terpilih sebagai President and Chief of Ducati Desmo Owners Club Indonesia...