Home EDITOR'S PICKS TEST RIDE: Moto Guzzi California SE 1400, Buat Penggila Touring

TEST RIDE: Moto Guzzi California SE 1400, Buat Penggila Touring

Gaya motor Cruiser sejati memang mewakili performa dan handling yang mantap.

SHARE

TEST RIDE beberapa hari setelah Hari Raya Idul Fitri ternyata sangat menyenangkan. Banyaknya pekerja yang belum ngantor dan anak sekolah yang masih liburan membuat jalanan cukup lengang dan tidak macet. Kali ini Motovaganza mendapat kesempatan dari PT Piaggio Group Indonesia untuk menjajal Moto Guzzi California SE 1400.

A post shared by Carvaganza.com (@carvaganza) on

Sebelumnya kami sempat mencoba model lain dari Moto Guzzi yaitu Audace 1400cc, motor bergaya Roadster dengan performa yang agresif. Nah, Moto Guzzi California SE 1400cc, yang bergaya Cruiser menjanjikan kenyamanan dan performa khas pabrikan asal mandello del Laria, Italia, itu.

Setelah menyeruput segelas kopi, sambil mempersiapkan diri, kami memulai test ride kami dari kantor di kawasan Patal Senayan sekitar pukul 5:15 WIB pagi. Udara yang masih sejuk dan cerah kami memutuskan untuk melakukan perjalanan keluar kota Jakarta. Selain rute yang lebih cocok, tentunya perjalanan yang cukup jauh membuat kami lebih bisa menikmati performa California SE 1400 ini.

Kami memilih menuju kawasan Bogor. Moto Guzzi California SE 1400 memiliki Riding Mode yang dapat merubah 3 mode setelan pengapian seperti Turismo, Veloce dan Pioggia. Anda tinggal memilih sesuai karakter Anda.

Baca Juga:  Yamaha X-Max 125 Sudah Pakai Traction Control

Selain itu juga ada fitur Cruise Control. Saat jalanan lengang di kawasan Jl. Gatot Subroto hingga MT. Haryono kami menjajal cruise control yang bisa stabil menahan bukaan gas pada kecepatan minimum 50 km/jam. Jika motor ini digunakan di Eropa atau Amerika yang memiliki banyak trek lurus, fitur ini pastinya sangat membantu riders biar tidak gampang pegal.

Bicara soal handling, Moto Guzzi California memiliki bobot  346 kg namun dengan jarak jok dari tanah setinggi 740 cm dan sudut kemudi 37 derajat membuat handling yang cukup stabil. Sebagai informasi, Motovaganza memiliki tinggi 178 cm dengan berat 81 kg sehingga tak mengalami masalah dengan sosok California SE 1400.

Tapi ternyata hal ini tak menjadi jaminan. Buktinya fotografer kami yang hanya memiliki bobot 50 kg dan tinggi 167 cm sepakat merasakan hal yang sama saat mencoba motor cruiser ini. Berarti racikan para insinyur motor Italia ini sukses menciptakan motor Cruiser yang nyaman untuk dikendalikan oleh mereka dengan postur seperti apapun.

Baca Juga:  Triumph Street Tripe 765 S Meluncur di Malaysia, Indonesia Menyusul?

Sensasi berkendara terbaik juga kami rasakan. Kami menggunakan jaket berbahan mesh agar tak banyak berkeringat efek mesin besar yang biasa membuat paha panas dan menguap ke bagian badan. Ternyata dugaan kami salah. Mesin berkonfigurasi V-Twin 1400 cc yang unik milik Moto Guzzi California SE 1400 ini terasa lebih adem ketimbang mesin V-Twin lain yang kedua blok mesinnya berada di bawah jok.

Saat perjalanan, angin akan langsung menabrak dinding pelepas panas pada bagian mesin, sehingga mesin lebih cepat adem. Selain itu Moto Guzzi California SE 1400 ini juga ditanamkan Oil Cooler dan kipas pendingin sebagai tambahan sistem pendingin mesinnya.

Moto Guzzi California SE 1400 menggunakan mesin dua silinder murni 1380cc 90° V-Twin dengan 4 katup per silinder, diasup 2 injector dan 2 Throttle Body besar berukuran 52 mm lansiran Magnet Marelli dipadu dengan penggunaan dobel busi di setiap silindernya dan menggunakan Piston berdiameter besar. Kombinasi ini diklaim mampu memuntahkan tenaga 96 hp plus torsi besarnya 121 Nm pada kitiran mesin 3000 rpm memutar cepat ban donat buatan Dunlop ukuran 200/60-R 16 bagian belakang dan 130/70-R 16.

Baca Juga:  Vespa Arcobaleno Sudah Masuk di Indonesia, Berapa Harganya?

Sampai di kawasan Bogor kami di suguhi jalanan menanjak dan menikung. Moto Guzzi California SE 1400 lagi-lagi memberikan kenyamanan saat berkendara. Kenyamanan saat bermanuver yang mulus didapat dari hasil penggunaan Shockbreaker depan berukuran jumbo 45 mm dengan panjang 120 mm. Sedangkan Shock belakangnya menggunakan dual shock breaker yang dapat disetel  melalui remote control. Namun sayang saat kami menjajalnya di jalanan bergelombang ada sedikit bunyi saat rebound.

Sambil  sarapan menikmati udara yang sejuk dan menikmati pemandangan hutan pinus akhirnya terbayarkan semua setelah menempuh jarak sekitar 70 km dari Jakarta. Niat kami ingin melanjutkan perjalanan lebih jauh ke arah barat kota Bogor, namun asiknya perjalanan mengendarai California SE 1400 sontak membuat kami teringat besok masih ada pekerjaan yang mesti kami tuntaskan. Ahhh sayang sekali.

SYAIFUL ACHMAD

SHARE



ComSar Invest Ambil Alih MV Agusta

VARESE, 24 September 2017 - Salah satu produk big bike asal Italia yaitu MV Agusta dikabarkan tengah mengalami kesulitan keuangan....

Suzuki All New Satria F150 Muncul dengan 5 Warna Baru

JAKARTA, 24 September 2017 - Ajang Bursa Motor (Burtor) 2017 sudah dimulai. Memanfaatkan ajang tersebut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)...

The Sinatra II, American Chopper Bobber

YOGYAKARTA, 24 September 2017 – Memodifikasi motor memang tugas yang tak pernah puas. Seperti Achmad Zulkarnain misalnya. Motor yang ia...

Triumph Bonneville Edisi Khusus DGR 2017

LONDON, 23 September 2017 -- Acara motoran Distinguished Gentlemans Ride punya arti penting bagi Triumph Motorcycles. Terbukti pabrikan asal Inggris...

Suzuki Hadirkan Motor Baru di Burtor 2017, Motor Apa?

JAKARTA, 22 September 2017 - PT Suzuki Indomobil Sales 2W turut meramaikan ajang Burtor 2017 yang akan di selenggarakan akhir...