Home UPDATES EsCargo, Motor Kargo Serbaguna dari RMIT

EsCargo, Motor Kargo Serbaguna dari RMIT

SHARE

MELBOURNE, 11 Maret 2016 – Kendaraan ramah lingkungan kini mendapat perhatian lebih dari banyak pihak. Tak hanya kendaraan, mobil dan motor, penumpang tapi juga untuk keperluan lain. Salah satunya adalah sepeda motor listrik untuk kargo yang diberi nama EsCargo.

Subscribe Now!..

EsCcargo merupakan karya Oscar Fehlberg mahasiswa desain industri Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT University) di Melbourne, Australia. Motor listrik ini lebih dikhususkan untuk membawa barang. Sepintas tampilannya seperti skuter, tapi dengan pengemudi di bagian belakang dan barang di bagian depan.

Menggunakan penggerak roda depan yang menggunakan kabel, puli dan rotor pengatur arah mirip dengan cara kerja dari sebuah kapal layar. Walau hanya mengunakan tali yang bernama Dyneema, tali ini memang dirancang mampu bekerja secara ekstrim.

“Dyneema merupakan sebuah tali yang lebih kuat dari kabel baja, dan memiliki tingkat elastisitas yang sangat tinggi,” kata Oscar Fehlberg. Untuk keselamatan, motor ini juga dilengkapi sistem pengereman dengan single disc di bagian belakangnya.

Fehlberg juga menambahkan mengenai letak dan posisi stang kemudi yang ada di bagian tengah “Ini jelas baik untuk pusat gravitasi dan stabilitas untuk memilikinya antara roda dan serendah mungkin. Baterai kita letakan di titik terendah. Sementara semua barang bawaan Anda di depan,” katanya.

Mesin escargot menggunakan pengerak atau motor yang digerakan dari arus baterai bertenaga 5-kilowatt. Baterai dengan sistem auto re-charge ini punya kemampuan maksimal 15kW dengan kecepatan 20 km/jam. Wah lumayan yah!

ANDHIKA KRESNA

SHARE



All New Honda PCX 150 Produksi Indonesia Meluncur, Harga Lebih Murah

JAKARTA, 13 Desember 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya memperkenalkan All New Honda PCX 150 yang kini diproduksi...

Ducati Tetap Jual 1299 Panigale V-twin Sampai 2020

BOLOGNA, 12 Desember 2017 – Ducati baru saja meluncurkan Ducati Panigale V4 2018 di ajang EICMA Show 2017 di Milan,...

Ini Harga Triumph Bobber Black

LONDON, 12 Desember 2017 – Triumph Motorcycles akhirnya mengumumkan harga Bobber Black. Versi Bobber “hitam” ini dijual mulai £ 11.650...

Salah Label Informasi Emisi, Motor Listrik Zero Recall Motornya

DETROIT, 12 Desember 2017 – Meski terbilang unik, Zero Motorcycles diminta merecall sejumlah kecil, 36 unit, sepeda motor listrik mereka....

Heru Prakoso S Kembali Pimpin Ducati Desmo Owners Club Indonesia

JAKARTA, 12 Desember 2017 -- Heru Prakoso S kembali terpilih sebagai President and Chief of Ducati Desmo Owners Club Indonesia...