Home UPDATES Mengenal Arti Kedipan Malfunction Indicator Lamp (MIL)

Mengenal Arti Kedipan Malfunction Indicator Lamp (MIL)

SHARE
(Foto: emissiontime.com)

JAKARTA, 11 Januari 2016 – Saat ini sudah banyak pabrikan motor yang menggunakan teknologi sensor untuk mendistribusikan pekerjaan masing-masing sensor sesuai dengan kerjanya. Selain merupakan perkembangan teknologi di era digital penggunan perangkat elektronik seperti sensor injection, Engine Oil Temperatur Sensor (EOT) dan Engine Coolant Temperature Sensor (ECT) dan sensor elektronik lainnya sudah banyak terpasang.

Subscribe Now!..

Sayangnya sebagian pengendara belum begitu mengenal cara kerja piranti elektronik ini. Sebenarnya produsen motor sudah memberikan informasi tersebut melalui indicator pada spedometernya bernama Malfunction Indicator Lamp (MIL). Nah, ternyata, setiap kedipan lampu pada indikator ini ada artinya:

1. Jika lampu indikator MIL berkedip 1 kali, hal tersebut menandakan kalau sensor Manifold Absolute Presure (MAP) sedang mengalami kerusakan. Kedipan ini terlihat saat mesin motor menyala. Meskipun sensor ini rusak, mesin akan tetap hidup, tapi sebaiknya segeralah memperbaiki kerusakan tersebut ke bengkel resmi.

7. Jika jumlah kedipan 7 kali, ini berarti kerusakan pada bagian sensor Engine Oil Temperatur (EOT) dan Engine Coolant Temperature (ECT). Keduanya mendeteksi tingkat suhu mesin sehingga jika terjadi kerusakan pada sensor EOT maupun ECT maka akibatnya mesin akan sulit dihidupkan pada kondisi mesin dingin.

8. Kedipan sebanyak 8 kali memberikan arti bahwa ada kerusakan pada sensor Throttle Position (TP sensor). TP sensor berfungsi untuk mendeteksi sudut bukaan throttle valve. Sehingga jika sensor ini rusak maka akselerasi mesin motor Anda akan menurun.

12. Jika lampu berkedip 12 kali, ini menandakan kerusakan sistem injeksi yang termasuk fatal. Motor Anda dalam keadaan mati atau mogok karena jika injector mengalami kerusakan maka penyuplaian bahan bakar ke ruang bakar menjadi terhenti dan membuat mesin akan mati.

29. MIL melakukan 29 kedipan ini berarti adanya kerusakan pada part bernama Sensor Idle Air Control Valve (IACV), sensor ini bekerja sebagai pengatur jumlah aliran udara yang mengalir pada putaran stasioner secara otomatis menyesuaikan dari putaran mesin.

33. Parahnya lagi jika kedipan MIL berjumlah 33 kali. Inii artinya ada kerusakan pada Engine Control Module (ECM) atau Engine Contol Unit (ECU) ini merupakan bagian penting seperti otak pada setiap manusia. Jika pianti ini rusak maka Anda disarankan agar mengganti ECU lama dengan yang baru.

Semua kedipan di atas merupakan gejala awal dari penyakit yang akan dihadapi oleh motor Anda. Sebaiknya periksakanlah motor jika sudah ada gejala tersebut untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal.

Semoga bermanfaat.

ANDHIKA KRESNA

SHARE



Rheza Danica Sabet Gelar Juara Nasional Kejurnas 250cc IRS 2017

JAKARTA, 10 Desember 2017 -- Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Rheza Danica Ahrens berhasil meraih gelar juara nasional di...

Yuk, Ikutan Maulid Nabi Muhammad SAW di Triumph Jakarta

JAKARTA, 10 Desember 2017 – Menjadi distributor kendaraan bukan berarti hanya memikirkan soal banyak-banyakan jualan unit. Berbagai cara dilakukan untuk...

Pembalap AHRT Geber Peluang Raih Juara Nasional 250cc

JAKARTA, 9 Desember 2017 -- Astra Honda Racing Team (AHRT) kembali akan menurunkan pembalap-pembalap unggulannya menggunakan Honda CBR250RR di pada...

Kustomfest Dukung Indonesia Rocker’s Day Yogyakarta

YOGYAKARTA, 9 Desember 2017 -- Kustomfest siap mendukung Cafe Racer Indonesia (CRI) yang akan mengadakan acara Indonesia Rocker’s Day (IRD)...

Bayar 60% Pelumas Enduro All-Series di HUT Pertamina Ke-60

JAKARTA, 8 Desember 2017 – Merayakan ulang tahunnya yang ke-60 pada 10 Desember mendatang, PT Pertamina Lubricants memberikan kejutan bagi...