Home UPDATES Kecelakaan Baz, MotoGP Akan Ubah Aturan Ban

Kecelakaan Baz, MotoGP Akan Ubah Aturan Ban

SHARE
Foto: bikesportnews.com

SEPANG, MALAYSIA, 10 FEBRUARI 2016 – Tes pra-musim yang sudah dilakukan para rider MotoGP menemui banyak kendala. Perubahan regulasi mengenai penggunaan ECU dituding sebagai penyebabnya, selain juga karena pemakaian ban Michelin yang menggantikan Bridgestone pada MotoGP musim ini.

Subscribe Now!..

Pada sesi tes pra-musim pertama MotoGP minggu lalu (2/2) di Sepang, Malaysia, Loris Baz mengalami kecelakaan parah. Pembalap asal tim Avintia Racing Team ini mengalami kecelakaan yang disebabkan ban belakangnya pecah. Jika dilihat dari fatalitas kecelakaan, kecelakaan tersebut dapat dikatakan yang paling parah di MotoGP.

Ban belakang Baz dengan kompon soft tersebut tiba-tiba pecah ketika sedang melesat dalam kecepatan 290 km/jam di trek lurus. Baz terpental dari tunggangannya. Namun, Ia selamat berkat wearpack Alpinestars Tech Air yang digunakannya.

Dari data yang diberikan pihak Alpinestars, Loris Baz diketahui menahan beban 29,9 G pada bahu kirinya. Setelah  terpelanting, Baz terseret 6,6 detik hingga akhirnya berhenti. Akibat dari insiden tersebut, pihak Komisi Grand Prix akhirnya memutuskan untuk membuat sensor terhadap aturan ban yang selama ini tidak ada di MotoGP.

“Sistem ini akan diusulkan oleh anggota MSMA di Phillip Island. Masalah ini adalah sesuatu yang harus diselesaikan dengan segera,” jelas Carmelo Ezpelata selaku CEO Dorna Sports.

Kecelakaan yang menimpa Loriz Baz dinyatakan sebagai kecelakaan benturan terparah di MotoGP. Sebelumnya Marc Marquez juga pernah terjatuh di Mugello, Italia, dengan beban 25 G, disusul oleh Jorge Lorenzo ketika mengalami kecelakaan di Assen, Belanda dengan beban 22,5 G.

 

Andhika Kresna

SHARE



All New Honda PCX 150 Produksi Indonesia Meluncur, Harga Lebih Murah

JAKARTA, 13 Desember 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya memperkenalkan All New Honda PCX 150 yang kini diproduksi...

Ducati Tetap Jual 1299 Panigale V-twin Sampai 2020

BOLOGNA, 12 Desember 2017 – Ducati baru saja meluncurkan Ducati Panigale V4 2018 di ajang EICMA Show 2017 di Milan,...

Ini Harga Triumph Bobber Black

LONDON, 12 Desember 2017 – Triumph Motorcycles akhirnya mengumumkan harga Bobber Black. Versi Bobber “hitam” ini dijual mulai £ 11.650...

Salah Label Informasi Emisi, Motor Listrik Zero Recall Motornya

DETROIT, 12 Desember 2017 – Meski terbilang unik, Zero Motorcycles diminta merecall sejumlah kecil, 36 unit, sepeda motor listrik mereka....

Heru Prakoso S Kembali Pimpin Ducati Desmo Owners Club Indonesia

JAKARTA, 12 Desember 2017 -- Heru Prakoso S kembali terpilih sebagai President and Chief of Ducati Desmo Owners Club Indonesia...