Home UPDATES Peter Mackenzie: Kami Berusaha Memberikan Layanan yang Terbaik

Peter Mackenzie: Kami Berusaha Memberikan Layanan yang Terbaik

SHARE
Peter Mackenzie, Managing Director Harley-Davidson Asia Pacific

JAKARTA, 9 Mei 2017 – Setelah vakum selama lebih dari setahun, Harley-Davidson akhirnya kembali hadir di Indonesia dengan berbagai dealer resmi independen. Terakhir, pabrikan motor gede asal Amerika Serikat itu kembali membuka dealer terbarunya di Jimbaran, Bali.

Dealer “Sarana Harley Bali” yang merupakan dealer independen ke-4 di Indonesia dan satu-satunya di Bali ini dimiliki dan dioperasikan oleh PT Sarana Harley-Davidson Bali. Nantinya, selain menjual model dan varian terbaru H-D, juga menyediakan jasa penyewaan motor-motorH-D bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Harley-Davidson menilai Indonesia tetaplah pasar potensial bagi mereka. Populasi kendaraan yang cukup besar tersebut jelas menuntut ketersediaan bengkel yang lengkap dan mumpuni. Karena itu, selain menyediakan jasa penjualan berbagai motor baru, Sarana Bali Harley juga sudah melengkapi bengkelnya dengan peralatan terbaru serta tenaga teknisi yang terlatih. Selain itu juga ada pemasangan aksesori dan customized, hingga penjualan apparel dan merchadise resmi H-D.

Berikut adalah obrolan singkat Motovaganza dengan Peter Mackenzie, Managing Director Harley-Davidson Asia Pacific, di sela-sela acara peresmian dealer “Sarana Harley Bali” yang diramaikan oleh ratusan pengendara H-D pada Minggu pagi 7 Mei 2017 lalu.

Baca Juga:  1957 – 2017: 60 Tahun Harley Sportster

Saat ini Harley Davidson sudah memiliki 4 dealer independen di Indonesia. Apa yang Anda maksud dengan “dealer independen” itu?

Ya, saat ini kami sudah memiliki satu dealer resmi di Medan, dua di Jakarta dan yang terbaru adalah Sarana Harley Bali yang kita resmikan hari ini. Keempat dealer ini adalah dealer resmi dan independen. Artinya, kami tidak lagi menggunakan sistem distributor seperti dulu. Sekarang, setiap dealer dapat melakukan proses importasi dan mengurus semua dokumennya sendiri, tanpa melalui distributor tunggal.

Baca juga: Mau Keliling Bali dengan Harley-Davidson? Sewa di Sarana Harley Bali Saja
Baca juga: Harley-Davidson Bali Resmi Beroperasi Hari Ini
Baca juga: Sarana Harley-Davidson, Dealer HD di Bali Resmi Beroperasi
Baca juga: Sarana Harley-Davidson Dilengkapi Bengkel dan Teknisi Terbaik

Karena semua dealer ini independen, apa yang Anda lakukan agar mereka bisa bersaing secara fair?

Indonesia punya wilayah yang sangat luas. Dan kami yakin setiap dealer itu sudah memiliki wilayah pasarnya masing-masing. Selain itu, kami memiliki kebijakan yang mirip dengan MSRP (Manufacturer’s Suggested Retail Price) di Amerika Serikat. Kami menyarakan mereka untuk menjual pada harga tertentu yang kami anggap wajar. Tapi, sekali lagi, setiap daerah tentu memiliki kondisi-kondisi khusus, yang membuat biaya transportasi, pajak dan lain-lain, berbeda dengan daerah-daerah lain. Jadi, setiap dealer menyesuaikan harga jualnya dengan kondisi-kondisi semacam itu. Yang paling penting, Harley-Davidson bukan cuma menjual produk sepeda motor. Tapi kami menawarkan sebuah pilihan gaya hidup yang sangat personal, sehingga, masalah harga, saya kira bukanlah persoalan utama bagi penggemar Harley-Davidson.

Baca Juga:  1957 – 2017: 60 Tahun Harley Sportster

Memangnya, seberapa besar potensi pasar Indonesia bagi H-D?

Sangat potensial, karena Harley-Davidson adalah produk dan merek yang sudah sangat populer di sini. Sebelumnya kami sempat punya 7 dealer di seluruh Indonesia, sebelum akhirnya vakum selama lebih dari setahun yang lalu. Saat ini kami kembali memasuki pasar Indonesia dengan 4 dealer resmi, dan kemungkinan akan ada satu dealer baru lagi yang akan dibuka dalam waktu dekat ini. Tapi saya belum bisa bilang siapa dan di mana lokasi calon dealer tersebut.

Apa yang akan Anda lakukan untuk melindungi dealer-dealer resmi ini dari persaingan tidak imbang dengan Importir Umum?

Kami tidak bisa mengontrol Grey Importer atau Importir Umum. Importir Umum ada karena ada permintaan pasar. Namun, dengan membuka lebih banyak dealer resmi, konsumen tentu memiliki akses yang lebih banyak untuk merasakan pengalaman gaya hidup Harley-Davidson yang unik dan otentk. Kami ingin konsumen menikmati produk dan layanan yang genuine dan bergaransi dari Harley-Davidson.

Berapa model dan varian H-D yang akan dijual di Indonesia?

Kami akan menjual semua model dan varian, sesuai selera masing-masing konsumen. Dari varian bermesin 500 dan 750 cc yang lincah , hingga model-model touring yang sudah lebih dulu populer. Saat ini beberapa model terbaru Harley-Davidson yang sudah menggunakan mesin baru Milwaukee Eight juga sedang dalam tahap homologasi di Kementrian Perhubungan dan Perindustrian dan mudah-mudahan segera tersedia di dealer-dealer kami.

Baca Juga:  1957 – 2017: 60 Tahun Harley Sportster

MUNAWAR CHALIL

SHARE

1957 – 2017: 60 Tahun Harley Sportster

MILWAUKEE, 21 Juli 2017 -- Salah satu nama terkemuka di dunia sepeda motor, Harley-Davidson Sportster merayakan ulang tahun ke-60. Sportster...

Motor Pertama Suzuki Siap Tampil di Indonesia Motorcycle History

JAKARTA, 20 Juli 2017 -- Suzuki akan menghadirkan beberapa motor legendaris dan bersejarah pada ajang Indonesia Motorcycle History (IMH). Ajang...

Indian Scout Bobber 2018, Si Bobber Bergaya Maskulin

MASSACHUSETTS, 19 Juli 2017 - Setelah beberapa pabrikan besar Eropa mengusung aliran bobber untuk produknya, kini giliran sebuah pabrik motor...

Honda Siap Hadirkan Motor Premium dan Big Bike di GIIAS 2017

JAKARTA, 19 Juli 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) memastikan keikutsertaannya meramaikan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS)...

Cimahi Gelar Pertamax Motorsport Drag Bike Championship 2017 Putaran Ketiga

CIMAHI, 17 Juli 2017 – Pertamax Motorsport Drag Bike Championship 2017 akan kembali digelar setelah sempat libur selama dua bulan penuh....