Home BLOGS 5 Langkah Mengendarai Motor Sport Bagi Pemula

5 Langkah Mengendarai Motor Sport Bagi Pemula

SHARE

JAKARTA, 7 Agustus 2016 – Motor bergenre sport umumnya memiliki penampilan menukik dengan stang “jepit” dan meruncing di bagian belakangnya. Kebanyakan, motor jenis ini menggunakan fairing penuh dan memiliki kursi pengendara yang bertingkat belum lagi body besar cenderung yang sulit untuk dikendalikan, apalagi oleh para pemula.

Untuk penampilan motor jenis ini memang sedap untuk dilihat, ditambah performa mesin motor sport yang responsive mewajibkan anda harus memiliki keahlian (skill) lebih dari motor biasa untuk mengendalikannya. Lalu bagaimana cara menungganginya?

Hal pertama adalah pastikan anda memahami karakter motor tersebut. Hal ini dirasa sangat perlu terutama karakter mesin motor tersebut sebab, karakter motor sport biasanya memiliki tenaga yang besar dan sangat responsif. Saat Anda mulai berjalan biasakan Anda berjalan membuat lingkaran dan mulai mengitari searah jarum jam.

Setelah merasa percaya diri, ada baiknya ana juga melakukan gerakan memutar melawan arah jarum jam. Ulangi beberapa kali hingga ana mampu berjalan membuat angka delapan (8) dan menemukan riding position yang nyaman bagi anda.

Langkah berikutnya, saat mulai berjalan dengan padatnya lalu lintas, sebaiknya Anda juga tetap menjaga fokus dan jaga konsentrasi. Motor besar memiliki kecepatan penuh yang tinggi sehingga Anda harus menjaga konsentrasi saat mengendarainya. Jangan sampai hilang fokus karena sedikit saja, bisa sangat berbahaya. Namun jangan juga tegang, usahakan untuk selalu rileks.

Biasakan untuk selalu berkendara dengan aman. Niat ini bisa Anda buat sejak pertama keberangkatan. Langkah ketiga, selalu gunakan gear yang lengkap serta aman untuk meminimalisir dampak yang terjadi saat kecelakaan. Peralatan utama yang diperlukan antara lain helm yang sesuai dengan motor sport yaitu full face, sarung tangan, sepatu, jaket, celana panjang, dan pelindung lutut serta siku.

Keempat jangan lupa selalu mengecek kondisi kendaraan dan ban. Memeriksa fungsi-fungsi motor apakah laik jalan atau tidak, terutama rem motor, apakah berfungsi dengan baik. Selain itu jangan lupakan kondisi ban motor, apakah tekanannya, kembangnya, suhu bannya, serta gundul atau tidaknya.

Terakhir pastikan agar selalu mematuhi peraturan di jalan, jangan berkendara dengan kecepatan yang terlalu tinggi, sesuaikan dengan jalanan yang sedang Anda hadapi.

Selamat berkendara!

ANDHIKA KRESNA

SHARE

Mengenang Nicky Hayden

CESENA, ITALIA, 23 MEI 2017 - Nicholas “Nicky” Patrick Hayden telah meninggalkan kita. Ia meninggal dunia pada Senin, 22 Mei 2017 karena luka parah...

Kepergian Nicky Hayden Menyisakan Duka Bagi Adik dan Keluarga

CESENA, ITALIA, 23 Mei 2017 – Kepulangan Nicky Hayden, juara MotoGP 2006 dan pembalap Red Bull Honda World Superbike, meninggalkan duka yang mendalam bagi...

Journalist NMax Community Jajal Keunggulan Ban Zeneos Milano

TANGERANG, 22 Mei 2017 -- Komunitas wartawan pengguna Yamaha NMax, Journalist NMax Community (JNC) berkesempatan menguji ban terbaru produksi PT...

Macna Dry Cooling Vest, Tetap Adem Saat Macet

JAKARTA, 22 Mei 2017 – Salah satu cara untuk mengatasi angin saat riding adalah menggunakan vest atau rompi. Apalagi saat...

Juara MotoGP Prancis, Vinales Makin Kokoh di Puncak Klasemen

LE MANS, 21 Mei 2017 – Maverick Vinales (Movistar Yamaha) kembali berhasil menjadi pemenang di MotoGP. Kali ini Vinales menjuarai...