Home BLOGS 10 Tips Touring Saat Musim Panas

10 Tips Touring Saat Musim Panas

SHARE
(Foto: ridermagazine.com)

JAKARTA, 5 Agustus 2015 – Cuaca cerah saat musim panas, menjadi waktu yang tepat untuk melakukan touring dengan sepeda motor Anda. Tapi, panas tahun ini yang melebihi rata-rata tahun lalu, membuat Anda harus ekstra persiapan. Nah, laman ridermagazine.com memberikan 10 tips yang akan membantu Anda tetap nyaman selama perjalanan.

Subscribe Now!..

1. Jaga Cairan Tubuh
05082015-Moto-Riding_Tips_01Menurut WebMD, suhu panas bisa membuat Anda kelelahan dan sering disertai oleh dehidrasi. Kelelahan dapat mencakup deplesi air dan penipisan garam, sehingga Anda harus banyak minum air. Bahkan jika perlu minum minuman olahraga untuk mengembalikan elektrolit yang hilang melalui keringat dan makanan ringan asin. Cara termudah adalah dengan memakai hydrabag atau ransel yang tempat minum yang dapat digunakan di mana saja, bahkan dengan helm full-face.

2. Hindari Alkohol dan Kafein
05082015-Moto-Riding_Tips_02Hindari mengkonsumsi minum alkohol sampai Anda selesai riding. Alkohol tidak hanya mengganggu kemampuan Anda untuk riding, tapi juga mempercepat dehidrasi. Sebagian berpendapat, kafein juga memberikan kontribusi tubuh mengalami dehidrasi. Mengkonsumsi air putih adalah cara terbaik untuk melawan dehidrasi.

3. Gunakan Pakaian yang Nyaman
05082015-Moto-Riding_Tips_03Berkeringat adalah cara tubuh kita mengatur suhu. Ketika keringat menguap, keringat akan mendinginkan permukaan kulit. Semakin panas maka semakin kita berkeringat. Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat akan meningkatkan efisiensi pendinginan tubuh. Pakaian yang sedikit longgar, atau berbahan stretch, juga menyediakan sirkulasi yang lebih baik pada tubuh.

Baca Juga:  TVS Apache RR 310, Kembaran BMW G 310 R Meluncur

4. Kenakan Pakaian Riding lengkap
05082015-Moto-Riding_Tips_04Ketika musim panas, banyak yang suka memakai celana pendek, T-shirt dan sandal jepit. Namun, hal itu sangat tidak disarankan jika Anda berkendara apalgi untuk jarak yang jauh. Para rider yang filosofi ATGATT (All The Gear, All The Time) untuk alasan keamanan. Kenakan sarung tangan full-length, jaket dan celana, over-the-ankle boots dan helm full-face atau modular. Selain untuk keamanan juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan dehidrasi. Pilih bahan yang memiliki panel jala besar untuk aliran udara dan warna yang soft.

5. Kenakan Cooling Vest
05082015-Moto-Riding_Tips_05Untuk mengurangi panas Anda bisa menggunakan rompi pendingin. Rompi khusus buatan yang bisa dikenakan di bawah jaket untuk menjaga dari suhu panas. Ada beberapa pilihan seperti TechNiche Hyperkewl Cooling Vest atau Silver Eagle Outfitters Kula-XD Cooling Vest.

6. Kenakan Pendingin Leher
05082015-Moto-Riding_Tips_06Untuk mengurangi panas Ada juga alternative lain yaitu menggunakan pendingin leher. Contohnya Aerostich Kool Off Tie yang berisi kristal polimer yang mampu menyerap air 350-400 kali beratnya dan melepaskannya perlahan-lahan. Mungkin Anda bisa menggunakan bandana atau scraft namun akan cepat kering. Pembungkus leher ini memiliki manfaat tambahan untuk melindungi leher Anda dari sengatan matahari.

Baca Juga:  Yamaha Aerox 155 Punya Warna dan Grafis Baru, Harga Tetap

7. Hindari Jam-Jam Tertentu
05082015-Moto-Riding_Tips_07Waktu yang panas setiap harinya berada antara siang hingga pukul 5 sore. Jika memungkinkan, sebaiknya perjalanan Anda dilakukan pada pagi dan atau sore. Bangun pagi-pagi, sarapan ringan dan secangkir kopi. Anda bisa berkendara selama beberapa jam kemudian istirahat untuk makan siang, tidur siang di tempat teduh, lalu kembali riding di sore hari. Saran lakukan perjalanan pagi hari, tidak ada yang mengalahkan menyaksikan matahari terbit sembari berkendara di atas motor Anda.

8. Sesering Mungkin Istirahat
05082015-Moto-Riding_Tips_08Berkendara di saat panas, apalagi dengan jarak yang jauh, akan sangat berbahaya. Istirahatlah sesering mungkin. Anda bisa memilih lokasi-lokasi wisata atau tempat dengan pemandangan yang asik. Berhenti tidak hanya untuk menghindari kelelahan tapi juga kesempatan untuk minum air dan cemilan. Lepaskan helm dan tuangkan air dingin ke kepala Anda. Berjalan-jalan atau melakukan peregangan ringan agar darah mengalir ke seluruh tubuh Anda. Duduk di bawah tempat teduh. Atau mungkin selfie untuk Anda ungguh ke sosial media Anda.

Baca Juga:  Yamaha Aerox 155 Punya Warna dan Grafis Baru, Harga Tetap

9. Gunakan Akal Sehat
05082015-Moto-Riding_Tips_09Jika Anda mulai merasa pusing atau kecapaian, sakit kepala atau kram, atau kulit Anda tiba-tiba dingin dan berkeringat, Anda mungkin menngalami overheating. Kelelahan akibat panas dapat menyebabkan stroke. Jangan terlalu memaksakan diri dan mencoba untuk menjadi pejantan tangguh. Cari lokasi teduh untuk beristirahat. Pilih tempat makan dan memesan minuman. Atau bahkan berenang di danau, sungai atau kolam renang.

10. Ambil Liburan
05082015-Moto-Riding_Tips_10Touring dengan sepeda motor benar-benar menguras tenaga. Jika Anda melakukan perjalanan jauh, tak ada salahnya mengambil istirahat satu hari untuk selingan. Mungkin memilih berjalan-jalan ke taman, situs atau kota bersejarah yang Anda kunjungi. Bangun lebih siang dan berenang juga bisa jadi pilihan. Berkendara dengan sepeda motor saat musim panas tentunya menyenangkan, tapi jika hari benar-benar panas hal terbaik yang dilakukan adalah bersantai.

ANDHIKA KRESNA

SHARE



Rheza Danica Sabet Gelar Juara Nasional Kejurnas 250cc IRS 2017

JAKARTA, 10 Desember 2017 -- Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Rheza Danica Ahrens berhasil meraih gelar juara nasional di...

Yuk, Ikutan Maulid Nabi Muhammad SAW di Triumph Jakarta

JAKARTA, 10 Desember 2017 – Menjadi distributor kendaraan bukan berarti hanya memikirkan soal banyak-banyakan jualan unit. Berbagai cara dilakukan untuk...

Pembalap AHRT Geber Peluang Raih Juara Nasional 250cc

JAKARTA, 9 Desember 2017 -- Astra Honda Racing Team (AHRT) kembali akan menurunkan pembalap-pembalap unggulannya menggunakan Honda CBR250RR di pada...

Kustomfest Dukung Indonesia Rocker’s Day Yogyakarta

YOGYAKARTA, 9 Desember 2017 -- Kustomfest siap mendukung Cafe Racer Indonesia (CRI) yang akan mengadakan acara Indonesia Rocker’s Day (IRD)...

Bayar 60% Pelumas Enduro All-Series di HUT Pertamina Ke-60

JAKARTA, 8 Desember 2017 – Merayakan ulang tahunnya yang ke-60 pada 10 Desember mendatang, PT Pertamina Lubricants memberikan kejutan bagi...