Home CLASSIC BIKES Ini Dia Generasi Pertama Vespa di Dunia

Ini Dia Generasi Pertama Vespa di Dunia

SHARE

JAKARTA, 4 Oktober 2016 – Di usianya yang ke-70 tahun, tahun 2016 ini, Vespa sudah mencatat sejarah panjang. Skuter asal Italia itu telah memiliki 41 model yang pernah diproduksi sejak tahun 1946 dan hingga kini masih menyandang skuter terbaik di kelasnya.

A post shared by Carvaganza.com (@carvaganza) on

Piaggio memulai produksinya di tahun 1946 dengan model kumbang (bug). Ini merupakan Vespa pertama garapan Enrico dan Armando putra penemu Vespa, Rinaldo Piaggio di tahun 1884.

Sebelumnya, Rinaldo Piaggio hanya membuat skuter Vespa dalam bentuk prototype dan hanya dijadikan kendaraan perang. Enrico dan Armando mulai fokus di industri pabrikan setelah menemukan investor bernama Corradino D’Ascanio. Corradino bukan hanya investor, ia juga seorang engineering kelautan yang sangat terkenal di eranya.

Melihat modelnya, Vespa 1946 ini memiliki body yang sangat membulat di bagian belakangnya dan memiliki tameng (sayap) yang sangat lebar. Model ini belum menggunakan stang berbahan babet (allumunium press) sehingga, kabel gas dan kopling terlihat di bagian luar. Penggunaan warna juga masih sangat sederhana dengan balutan warna hijau army. Hal ini mungkin disebabkan produksi skuter ini masih dibawah bayang-bayang perang dunia saat itu.

Baca Juga:  Piaggio Luncurkan GTS 150, GTS 300 dan MP3 500 Baru

Bagian unik pada Vespa 1946 juga terlihat pada bagian box (tepong) kanan dan kirinya. Di bagian box mesin, Vespa 1946 terlihat sedikit terbuka pada bagian kipas dan magnet. Hal ini dimaksudkan untuk sirkulasi udara yang masuk sebagai pendingin mesin berkapasitas 98cc.

Tidak hanya itu, dibagian bawah kursi pengendara juga terdapat laci dengan model persegi yang dapat dibuka tutup. Hal ini dimaksudkan agar penyetelan karburator akan dapat dilakukan dengan mudah.

Menariknya, skuter yang memiliki warna hijau ini hanya memiliki satu kursi pengendara dengan suspensi per ulir dibagian bawahnya tanpa ada kursi pembonceng dibagian belakangnya. Sementara, demi menyeimbangkan body gambotnya, Enrico dan Armando Piaggio menyematkan velg berbahan plat dengan empat buah pegangan (baut) roda di tromol kecilnya.

Saat ini populasi Vespa 1946 sangat langka dan banyak diburu kolektor diseluruh dunia termasuk Indonesia. Sementara untuk harga, Vespa 1946 dapat mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah dengan bentuk orisinilnya.

Cantik ya….

ANDHIKA KRESNA

SHARE



MotoGP: Marquez Juara, Rossi Finish P5 dengan Kaki Patah

ARAGON, 24 September 2017 – Marc Marquez (Repsol Honda) merebut kemenangan keenamnya musim ini setelah memenangi MotoGP Gran Premio Movistar...

Ribuan Rider Meriahkan Distinguished Gentlemans Ride Bandung 2017

BANDUNG, 24 September 2017 -- Ajang motoran klasik dan vintage Distinguished Gentlemans Ride 2017 di Bandung mendapat sambutan meriah. Ribuan...

ComSar Invest Ambil Alih MV Agusta

VARESE, 24 September 2017 - Salah satu produk big bike asal Italia yaitu MV Agusta dikabarkan tengah mengalami kesulitan keuangan....

Suzuki All New Satria F150 Muncul dengan 5 Warna Baru

JAKARTA, 24 September 2017 - Ajang Bursa Motor (Burtor) 2017 sudah dimulai. Memanfaatkan ajang tersebut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)...

The Sinatra II, American Chopper Bobber

YOGYAKARTA, 24 September 2017 – Memodifikasi motor memang tugas yang tak pernah puas. Seperti Achmad Zulkarnain misalnya. Motor yang ia...