Home UPDATES Begini Cara Kerja Mesin Boxer BMW Motorrad

Begini Cara Kerja Mesin Boxer BMW Motorrad

SHARE

MUENCHEN, 4 Januari 2016 — Motor dengan kubikasi besar membuat para produsen mencari cara untuk membuat bentuk mesin yang ideal pada sebuah mesin motor. Sebut saja pabrikan asal Amerika, Harley-Davidson yang memiliki bentuk mesin V-Twin yang khas, Moto Guzzi dengan mesin bertipe L pada varian V7 Racernya. Tidak hanya itu bentuk mesin lainnya juga datang dari pabrikan motor asal Jerman, BMW Motorrad dengan mesin Boxer. Bagaimanakah cara kerja mesin ini?

Subscribe Now!..

Selain memiliki bentuk yang terlihat aneh, namun karya para “insiyur mesin” ini akhirnya menjadi ikonik di setiap masing-masing motor. Jika melihat dari bentuknya BMW Motorrad terlihat memiliki mesin boxer, mesin ini terlihat sangat horizontal dengan dua silindernya.

Dalam video yang berdurasi 2:12 ini memperlihatkan sebuah cara kerja dari mesin dari BMW Motorrad R 1200 GS lansiran tahun 2013 lengkap dengan perakitan secara real animated. Walau keluaran dua tahun lalu, namun teknologi ini sudah ada sejak delapan puluh tahun yang lalu. Mesin ini dirancang untuk kecepatan yang lebih tinggi, flat baru fitur mesin twin rantai di dorong double overhead camshafts (DOHC) untuk setiap silinder. Katup digerakkan dengan pengikut cam dari desain yang ideal sangat ringan untuk revving tinggi.

Karena pengaturan radial empat katup ruang pembakaran dapat direalisasikan sebagai desain yang sangat kompak. keduanya dinyalakan dengan campuran dua busi dengan rasio kompresi 12,0: 1. Berkat kontrol ketukannya, kendaraan dapat didorong dengan sangat baik.

Sebagai pendingin suhu mesin, mesin ini terlihat memiliki desain snorkeling sebagai asupan udara yang lebih baru selain itu, elemen filter udara dengan Throughflow juga nampak lebih besar. Walaupun demikian BMW Motorrad juga menyiapkan oil cooler sebagai penyedia stabilitas termal yang ekstrim.

Digerakkan dengan servomotor listrik dan pembukaan dan penutupan kabel, sistem pembuangan menghasilkan suara kembar datar yang khas dari BMW Motorrad.

Bagaimana cara kerja selengkapnya? Ini dia videonya…

ANDHIKA KRESNA

SHARE



All New Honda PCX 150 Produksi Indonesia Meluncur, Harga Lebih Murah

JAKARTA, 13 Desember 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya memperkenalkan All New Honda PCX 150 yang kini diproduksi...

Ducati Tetap Jual 1299 Panigale V-twin Sampai 2020

BOLOGNA, 12 Desember 2017 – Ducati baru saja meluncurkan Ducati Panigale V4 2018 di ajang EICMA Show 2017 di Milan,...

Ini Harga Triumph Bobber Black

LONDON, 12 Desember 2017 – Triumph Motorcycles akhirnya mengumumkan harga Bobber Black. Versi Bobber “hitam” ini dijual mulai £ 11.650...

Salah Label Informasi Emisi, Motor Listrik Zero Recall Motornya

DETROIT, 12 Desember 2017 – Meski terbilang unik, Zero Motorcycles diminta merecall sejumlah kecil, 36 unit, sepeda motor listrik mereka....

Heru Prakoso S Kembali Pimpin Ducati Desmo Owners Club Indonesia

JAKARTA, 12 Desember 2017 -- Heru Prakoso S kembali terpilih sebagai President and Chief of Ducati Desmo Owners Club Indonesia...