Home BLOGS Speedometer Motor Full Digital, Ini Keunggulannya

Speedometer Motor Full Digital, Ini Keunggulannya

SHARE
(Foto: motorcyclecruiser.com)

JAKARTA, 2 Maret 2016 – Perkembangan teknologi sepeda motor terus berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah dalam hal penggunaan speedometer. Jika sebelumnya, spedometer hanya berbentuk analog, kemudian menjadi kombinasi digital dan analog, kini speedometer mulai menggunakan versi full digital.

Subscribe Now!..

Sebut saja beberapa motor di tanah air seperti TVS Apache RTR 200 4V, Yamaha Xabre, Honda All New CBR150R hingga yang terbaru, bebek sport Suzuki All New Satria F150, sudha mulai menggunakan speedometer full digital.

Penggunaan speedometer model ini tentunya bukan tanpa sebab. Endro Sutarno, Instruktur Teknik Astra Honda Training Center mengatakan ada kelebihan dan kekurangan speedometer full digital. “Ada banyak kelebihan saat memakai speedometer digital. Di antaranya bebas perawatan,” katanya seperti dilansir www.otorider.com.

Menurut Endro, speedometer model ini tidak memerlukan komponen seperti gigi nanas, atau kabel yang ada seperti pada versi analog. “Karena panel LCD tak butuh lampu lagi. Juga tak takut kabel putus, sebab speed sensor sudah tanpa kabel, karena sudah ada di mesin,” kata Endro.

Baca Juga:  Kinetic dan Norton Jalin Kerjasama di India dan Asean

Keuntungan lain speedometer full digital menurut Endro adalah lebih informatif. Karena informasi yang ada lebih banyak. Informasi tersebut, misalnya tambahan indikator gear position, rata-rata konsumsi bensin, trip meter dan informasi lain yang tak ada di versi analod atau kombinasi.

Hal yang sama diungkapkan Josep Agus Antony, Instruktur Teknik Suzuki Roda 2. Ia mengatakan jika speedometer full digital punya keunggulan di sisi informasi. “Lebih akurat dan menampilkan indikator lebih banyak. Termasuk indikator pergantian oli, jam dan kode kerusakan. Semua bisa ditampilkan,” katanya.

ANDHIKA KRESNA

SHARE



All New Honda PCX 150 Produksi Indonesia Meluncur, Harga Lebih Murah

JAKARTA, 13 Desember 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya memperkenalkan All New Honda PCX 150 yang kini diproduksi...

Ducati Tetap Jual 1299 Panigale V-twin Sampai 2020

BOLOGNA, 12 Desember 2017 – Ducati baru saja meluncurkan Ducati Panigale V4 2018 di ajang EICMA Show 2017 di Milan,...

Ini Harga Triumph Bobber Black

LONDON, 12 Desember 2017 – Triumph Motorcycles akhirnya mengumumkan harga Bobber Black. Versi Bobber “hitam” ini dijual mulai £ 11.650...

Salah Label Informasi Emisi, Motor Listrik Zero Recall Motornya

DETROIT, 12 Desember 2017 – Meski terbilang unik, Zero Motorcycles diminta merecall sejumlah kecil, 36 unit, sepeda motor listrik mereka....

Heru Prakoso S Kembali Pimpin Ducati Desmo Owners Club Indonesia

JAKARTA, 12 Desember 2017 -- Heru Prakoso S kembali terpilih sebagai President and Chief of Ducati Desmo Owners Club Indonesia...