Home BLOGS Freddy Soemitro Jelajahi Indonesia-Timor Leste dengan Royal Enfield Classic 500 (3)

Freddy Soemitro Jelajahi Indonesia-Timor Leste dengan Royal Enfield Classic 500 (3)

SHARE

JAKARTA, 1 Agustus 2017 – Perjalanan Freddy Soemitro dalam Ride into the Sunrise menjelajahi Indonesia hingga Timor Lesta, akhirnya tiba di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Di bagian ketiga atau terakhir ini, Freddy Soemitro bercerita tentang bagaimana ia tersasar di tengah malam hingga dihadang polisi Timor Leste.

Selama di Kupang kami sempat bertemu dengan teman-teman sesama pencinta motor, dari Asosiasi Bikers Kupang (ASBAK). Sambil menikmati keindahan kota Kupang yang masyarakatnya dipenuhi berbagai suku bangsa ini, kami saling bertukar informasi mengenai pengalaman dan keseruan riding dengan sesama bikers. Kami juga mengikuti lunch party bersama para bikers di lokasi kebun sebelum melanjutkan riding menuju Atambua.

Perjalanan ke Atambua dilalui dengan melewati jalan nasional sepanjang 270 kilometer melintasi jalan perbukitan berkelok yang sangat menantang. Sekeliling kami tampak pemandangan unik berupa rumah-rumah adat khas budaya Nusa Tenggara Timur (NTT), namun penerangan jalan yang cukup minim menjelang malam hari membuat kami harus ekstra hati-hati.

Kami sempat tersesat di perjalanan ketika tiba di kota Kefamenanu karena salah mengambil arah jalan. Setelah melintas sejauh 28 kilometer, kami menemui perbatasan daerah yang tidak seharusnya kami lewati, yakni wilayah Oecusee. Disini kami berhadapan dengan pihak berwajib yang menjaga kawasan ini dengan cukup ketat. Kami sempat bersitegang dengan petugas setempat karena dicurigai dan tidak diperkenankan masuk ke wilayah tersebut.

Baca Juga:  Royal Enfield Moto Himalaya 2017, Melihat Yak Dari Dekat

Setelah melalui perdebatan panjang, kamipun berputar arah kembali menuju Atambua hingga akhirnya tiba di titik Pos Lintas Batas Negara Republik Indonesia dan Timor Leste. Kami disambut langsung oleh salah seorang kerabat kami di Timor Leste, Paolo Martin. Olehnya, kami diberi keistimewaan untuk menginap di hotel dengan lokasi yang bersebelahan dengan kediaman Xanana Gusmao, Presiden Pertama Timor Leste.

Kembali ke Jakarta

Setelah puas menjelajah kota Dili ibukota Timor Leste selama dua malam dan bersenda gurau dengan kawan lama, kami pun kembali ke Atambua untuk menuju ke Kupang. Sesampainya di Kupang, kamipun mengirimkan motor yang kami gunakan ke Surabaya dengan menggunakan kapal Ferry, dan kemudian kami terbang pulang ke Jakarta.

Perjalanan ini menandai halaman baru dalam catatan riding, khususnya touring tanah air. Saya sudah pernah merasakan touring ke Eropa, Himalaya hingga Selandia Baru, namun sensasi berkendara di tanah air tetap menjadi rute unggulan dengan hamparan panorama keindahan sepanjang perjalanan.

Motor Royal Enfield Classic 500 yang saya kendarai juga menjadi salah satu faktor keberhasilan perjalanan saya kali ini. Dengan performa mesin dan ketahanannya yang baik, motor ini sangat handal. Saya dapat memacu kecepatan hingga top speed 120 kilometer per jam dengan manuver yang masih terasa ringan dan nyaman. Perjalanan dengan total jarak 5,800 kilometer ini merupakan salah satu pengalaman riding yang tidak terlupakan bagi saya.

Baca Juga:  Royal Enfield Moto Himalaya 2017, Kembali Menuju Leh

SYAIFUL ACHMAD

SHARE

Royal Enfield Moto Himalaya 2017, Jalanan Indah Menuju Debring

PANGONG TSO, 14 Agustus 2017 – Perjalanan Special Duty Editor Motovaganza, Ariya Sradha, sudah sampai di Pangong Tso sebuah wilayah...

RAT Indonesia Sunday Morning Ride to GIIAS 2017

BSD CITY, 13 Agustus 2017 – Ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, ternyata menjadi magnet penggemar...

AHM Sabet 13 Penghargaan The Best Contact Center Indonesia 2017

JAKARTA, 13 Agustus 2017 -- PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menyabet 13 penghargaan di ajang bergengsi The Best Contact Center Indonesia...

Royal Enfield Moto Himalaya 2017, Kembali Menuju Leh

PANGONG TSO, 13 Agustus 2017 – Penginapan di pinggir Pangong Tso atau Danau Pangong cukup untuk mengembalikan stamina. Special Duty...

Royal Enfield Moto Himalaya 2017, Perjalanan Berat di Pangong Tso

PANGONG TSO, 12 Agustus 2017 – Pengalaman mengesankan didapatkan Special Duty editor Motovaganza, Ariya Sradha saat mengikuti Moto Himalaya 2017....