Home CUSTOMIZED Ini 5 Mesin Mobil yang Diburu Modifikator Sepeda Motor

Ini 5 Mesin Mobil yang Diburu Modifikator Sepeda Motor

SHARE

JAKARTA, 1 Juni 2017 – Para modifikator Indonesia punya banyak ide dalam memodifikasi sepeda motor mereka. Bosan dengan mesin silinder tunggal bawaan pabrik kini banyak modifikator yang siap memperbanyak jumlah silinder motor. Nah, ada alternative lain yaitu menggunakan mesin mobil.

Subscribe Now!..

Yap, mesin mobil dipasang pada bodi sepeda motor. Hal ini bukan tanpa alasan. Jika dihitung-hitung biaya modifikasi menambah jumlah silinder mesin motor termasuk merubah rangka motor hingga jadi malah bisa seharga moge 400cc.

Terus kenapa masih banyak yang memodifikasi mesin? Padahal mungkin lebih simpel membeli moge 400cc dan udah bawaan pabrik? “Hal ini beda dan nggak bisa di bandingkan dengan apapun. Ada kepuasaan tersendiri,” kata Gunawan Teja Sukmana, builder asal Majalengka kepada Motovaganza.

Cara seperti ini menurut Gunawan memang gampang-gampang susah. Pemilihan jenis mesin tersebut karena pada bagian mesin dan gearboxnya terpisah. Idealnya banyak modifikator yang menggunakan gearbox motor Inggris seperti BSA, Matchles, atau AJS. Namun ada juga yang menggunakan gearbok mesin motor Jepang seperti yang pernah dilakukan Kang Gunawan pada motor rakitannya yang berbasis mesin Mazda B600 menggunakan gearbox kepunyaan Binter Merzy.

Baca Juga:  Dari Sunmori Hingga Motor Custom Ada di IIMS 2018

“Berburu mesin-mesin tersebut memang bukan perkara mudah, tapi disitulah sensasi yang tak akan pernah terbayarkan apapun apalagi jika sudah sampai jadi motor sampai rapih,” kata Gunawan yang juga sebagai Pegawai Pemda di Majalengka ini.

Nah, berikut 5 mesin mobil yang jadi incaran pada modifikator sepeda motor:

1. Mazda B600. Mesin mobil lansiran Mazda tahun 1969 tipe B600 ini paling banyak diburu karena kontruksi mesinnya mirip Harley Davidson jenis Ironhead. Dengan kapasitas mesin 600cc V-Twin yang sudutnya lebih renggang dari mesin H-D membuat suara langkah mesinnya 11-12 mirip dan menjadikannya favorit untuk dijadikan motor.

2. Hijet Wide 55. Mesin keluaran Mobil Daihatsu tahun 1979-1982 ini berkapasitas 550cc 2 silinder segaris dan dibekali pendingin cairan alias radiator. Meskipun 2 silinder segaris, suara sangat mirip BSA A7.

3. Honda life 55. Mesin ini karakternya sama dengan mesi keluaran Daihatsu. Honda Life sendiri diproduksi mulai tahun 1971-1974 mesinnya berkapasitas 550 cc dua silinder segaris berpendingin cairan.

4. Toyopet Publica Boxer. Mesin Boxer 2 silinder dari keluaran Mobil Toyota ini juga menjadi favorit di kalangan pemburu mesin klasik. Pasalnya mesin Toyota Publica lansiran tahun 1960-an ini berkonfigurasi flat twin seperti motor BMW R47 atau sejenisnya.

Baca Juga:  Dari Sunmori Hingga Motor Custom Ada di IIMS 2018

5. Citroen 2CV Boxer. Mesin mobil Citroen 2CV ini juga mirip dengan Toyota Publica 2 silinder flat twin atau mirip juga dengan mesin BMW boxer berpendingin udara.

SYAIFUL ACHMAD

SHARE



Ixil Silencer Sediakan Ragam Pilihan Knalpot Sportbike

JAKARTA, 22 April 2018 – Bertempat di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, pasar aftermarket roda dua di Indonesia kini...

Rheza dan Mario Finish Kibarkan Merah Putih di ARRC Adelaide

ADELAIDE, 21 April 2018 – Bendera Merah Putih berhasil berkibar di putaran kedua Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018 kelas...

Sambut Hari Kartini, Honda Gelar Berbagai Promo untuk Konsumen

JAKARTA, 21 April 2018 -- PT Astra Honda Motor (AHM) bersama main dealer Honda seluruh Indonesia menggelar berbagai kegiatan menarik menyambut...

Royal Enfield Himalayan, Motor Dual Purpose Seharga Rp 93 Juta

JAKARTA, 21 April 2018 – Sepeda motor dual purpose kehadiran pendatang baru Royal Enfield Himalayan. Sepeda motor yang dibuat khusus...

200 Riders Ikuti Indonesia CBR Race Day 2018

JAKARTA, 21 April 2018 -- PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringan main dealernya dan Asosiasi Honda CBR (AHC) menggelar...