Home BLOGS Pengalaman Emanuel Pratna Dilatih Valentino Rossi

Pengalaman Emanuel Pratna Dilatih Valentino Rossi

JAKARTA, 25 Juli 2016 – Program Master Camp Yamaha VR46 Riders Academy di MotoRanch Tavullia dan Sirkuit Misano, Italia, meninggalkan kesan mendalam bagi pembalap muda Indonesia, Emanuel Pratna. El mengatakan sangat terkesan dengan sosok Valentino Rossi yang berbagi pengalamannya secara langsung.

Kepada Motovaganza, El bercerita, Rossi adalah sosok juara sejati. Tak hanya kebat di sirkuit, pembalap berjuluk The Doctor itu di luar sirkuit tetap memperlihatkan aura “Champions” dan sangat kharismatik.

Valentino Rossi merupakan pengajar di VR46 Rider Academy yang di ikuti El dan Galang Hendra Pratama. El mendapat pembelajaran hebat dari The Doctor yang nantinya bisa digunakan sebagai bekal dirinya di lintasan balap.

“Banyak yang saya dapat mulai dari mengontrol motor, beradaptasi dengan motor, adaptasi cepat dengan sirkuit, mental dan masih banyak lagi. The Ranch sangat cocok menjadi tempat untuk melatih motor di sirkuit, karena lebih smooth, di saat motor dalam kondisi apapun masih bisa terkontrol,” cerita El.

Ia mengatakan pembalap dengan nomor #46 tersebut sangat santai mengajarkan beberapa materi balap yang mudah dicerna. Rossi menyampaikannya secara langsung baik ketika praktek di sirkuit Misano atau do MotoRanch saat itu. “Rossi juga mempraktekan langsung di lintasan setelah memberikan materi lho!” bangga El.

“Dalam mengajar, Rossi terbilang simple dan to the point, sedikit penjelasan darinya bisa langsung kami serap dan praktekkan. Latihan di sana juga santai, tidak terlalu diburu-buru, memulai pagi dengan olahraga, gym, istirahat, latihan. Semua materi tidak disampaikan oleh Rossi, tetapi pada latihan di MotoRanch dan Misano, Rossi selalu hadir dan memberikan materi dan praktek,” tambah El.

Ia mengatakan jika Rossi merupakan sosok yang sangat down to earth alias tidak sombong. “Vale kalau berpergian kemana-mana selalu menggunakan skuter lho. Selain itu kalau ketemu penggemar di jalan dia juga melayani dengan senyuman tanpa paksaan,” tutup EL

Bravo, Vale!

ANDHIKA KRESNA