Home BLOGS Cuaca Tidak Bersahabat? Perhatikan 6 Hal Berikut

Cuaca Tidak Bersahabat? Perhatikan 6 Hal Berikut

JAKARTA, 22 April 2016 – Beberapa hari belakangan, cuaca di Jakarta dan beberapa kota lain di Indonesia tengah tidak menentu. Terkadang panas namun tiba-tiba bisa hujan lebar. Anda pengguna motor sebaiknya melakukan persiapan seperti jas hujan.

Hujan yang sejatinya kerap datang bersama angin dan petir membuat resiko lebih besar terhadap pengendara motor seperti visibiltas yang berkurang, terhadang banjir, terperosok kubangan, bahkan tersengat listrik dan pohon tumbang. Bagi beberapa pengendara, kondisi demikian menjadi batasan untuk menepi di tempat yang aman.

Tapi bagi yang lainnya tetap melanjutkan berkendara, berikut sedikit tips ringan yang perlu diperhatikan:

1. Pastikan menggunakan helm lengkap dengan visor berwarna bening atau transparan. Penggunaan visor pada helm dapat membantu visibilitas agar tetap waspada jika dalam kecepatan sedang (60-80 km/jam)

2. Hindari jalan dengan permukaan yang berlubang. Sebagai indikator, Anda bisa perhatikan dan berada dalam jalur ban belakang pada mobil yang ada di depan Anda dengan jarak aman. Selain itu jaga kecepatan aman karena hujan membuat jalanan licin, traksi ban berkurang jauh.

3. Gunakan riding gear dengan warna yang menyolok atau reflektif sehingga gampang terlihat. Selain itu pastikan kondisi lampu motor depan maupun belakang dalam keadaan hidup dan baik.

4. Jika kondisi hujan disertai petir pastikan Anda menepi dan meneduh di tempat aman seperti bangunan. Hindari berteduh di bawah pohon, halte atau jembatan besi yang sering menjadi penghantar listrik.

5. Ketika angin berhembus terlalu kencang sebaiknya putuskan untuk menepi dengan mencari tempat yang aman seperti, mini market, warung atau rumah makan.

6. Perhatikan batasan sepeda motor menerjang genangan, jika tinggi air sudah setengah tinggi ban sebaiknya jangan terus terjang genangan air tersebut yang menyebabkan motor Anda mati mendadak alias mogok.
Semoga bermanfaat….

ANDHIKA KRESNA

Jual 4,3 Juta Unit, Honda Kuasai Ketiga Segmen Sepeda Motor di 2016

JAKARTA, 16 Januari 2017 – Honda belum tersaingi dalam penjualan motor nasional sepanjang 2016. Menutup tahun 2016, PT Astra Honda...

Ketika Ducati Panigale 899 Berwujud Cafe Racer

DETROIT, 16 Januari 2017 – Mengusung tema Naked Street Fighter, Ducati Panugale 899 yang bergenre sportsbike tampil gahar. Bagaimana...

Yamaha YZF-M1 Siapkan Warna Baru Pekan Depan

MADRID, 16 Januari 2017 – Kabar baik datang dari balap MotoGP. Tim Yamaha Movistar pada 19 Januari 2017 mendatang...

Ini Keunggulan Yamaha Aerox 155VVA Hadapi Honda Vario 150 eSP

JAKARTA, 16 Januari 2017 – Yamaha Aerox155 VVA tak lama lagi akan meramaikan jalanan di tanah air. Yamaha Aerox 155VVA...

Triumph Street Twin 2017, Ini Spesifikasi Lengkapnya

JAKARTA, 13 Januari 2017 - PT GAS Indonesia, distributor resmi Triumph Motorcycles di Indonesia, siap membuka inden untuk pemesanan unit Triumph Street Twin...