Home ACCESSORIES Ini Arti Huruf “R” pada Busi NGK

Ini Arti Huruf “R” pada Busi NGK

JAKARTA, 21 September 2016 – Busi merupakan salah satu bagian penting untuk pembakaran di motor Anda. Nah, di pasar beredar berbagai macam busi. Pertanyaannya, busi seperti apa yang cocok untuk motor Anda? bagaimana cara mengenalinya?

Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia mengatakan kemajuan teknologi mesin motor yang serba elektronik, membuat pengendara motor sangat dimanjakan dengan sistem computerized yang memberikan beragam fitur-fitur bergengsi seperti Electronic Controled Unit (ECU), Fully Injcection dan Ride By Wire.

Umumnya motor dengan peranti elektronik tersebut selalu dilengkapi dengan adanya on-board unit sebagai daya kelistrikannya. Sehingga daya listrik yang dibutuhkan akan semakin stabil dan tidak terjadi lonjakan gelombang elektromagnetik yang dapat menyebabkan kerusakan pada on board unit tersebut.

PT NGK Busi Indonesia sudah lama membuat busi dengan teknologi anti lonjakan gelombang electromagnet tersebut dengan hadirnya busi resistor dengan ciri “R” pada bagian insulatornya.

“Banyak yang beranggapan bahwa kode “R” pada busi NGK adalah kode untuk busi racing, padahal hal ini tidak tepat. NGK sangat merekomendasikan penggunaan busi resistor untuk penggunaan kendaraan yang sudah terpasang on-board unit atau system ECU pada mesinnya.” ujar Diko kepada Motovaganza.

Jika, penggunaan busi non-resistor digunakan pada kendaraan yang sudah dilengkapi on-board unit akan menyebabkan kerusakan engine yang dapat mempengaruhi kinerja mesin menjadi tidak langsam (erratic idle), tenaga berkurang (power drop off) dan lambat pada RPM tinggi (high-rpm misfire).

Sebaliknya, NGK yang menghadirkan fitur resistor 5K ohm yang ditanam pada tubuh busi diklaim dapat mengurangi daya hantar gelombang electromagnet yang akan mempengaruhi gejala tersebut.

Busi resistor dapat juga digunakan oleh kendaraan yang belum dilengkapi dengan on-board unit, namun sebaliknya jika, kendaraan yang sudah dilengkapi dengan on-board unit menggunakan busi non-resistor maka permasalahan yang diatas dapat terjadi.

Nah, Jangan salah pilih busi ya…

ANDHIKA KRESNA

TEST RIDE: Triumph Street Twin, Roadster Eksotis Asal Inggris

JAKARTA, 17 Januari 2017 - Panas terik matahari siang itu tak menyurutkan "gregetan" saya. Maklum, meski kawasan BSD cukup panas,...

Monday M1 Pilihan Lain Kaum Urban di Amerika

SAN FRANCISCO, 17 Januari 2017 - Namanya memang sedikit aneh, Monday M1. Penampilan kendaraan listrik ini terlihat sangat unik...

Deretan Harley-Davidson yang Paling Populer Hingga Kini

JAKARTA, 17 Januari 2017 - Bicara motor besar, rasanya sangat lekat dengan nama besar Harley-Davidson. Motor dengan konfigurasi mesin V-Twin ini...

Triumph Motorcycles Segera Pasok Mesin Balap Moto2 Berbasis Daytona 675R

HINCKLEY, 17 Januari 2017 - Dianggap memiliki mesin yang cukup baik dalam performa, pabrikan motor asal Inggris Triumph dikabarkan akan...

KTM Rajai Rally Dakar 2017 untuk ke-16 Kali

BUENOS AIRES, 17 Januari 2017 – Jika bicara ajang Rally Dakar kategori sepeda motor, Anda harus bicara satu nama KTM....