Home BLOGS Kelebihan dan Kekurangan Mesin Injeksi

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Injeksi

JAKARTA, 18 Juni 2016 – Perkembangan teknologi kendaraan bermotor saat ini telah berkembang pesat. Salah satu inovasi teknologi terbaru yang telah digunakan pabrikan motor saat ini adalah teknologi injeksi. Teknologi ini secara fisik menggantikan posisi karburator pada motor sebagai penyuplai bahan bakar bensin ke ruang bakar.

Dengan adanya sistem pembakaran baru ini metode pencampuran udara dengan bahan bakar dalam kendaraan bermotor supaya menghasilkan pembakaran, akan lebih presisi dan sempurna.

Jika dilihat dari cara kerjanya, sistem injeksi pada kendaraan bermotor menghasilkan efisiensi BBM alias lebih irit. Hal ini berbanding terbalik pada sistem karburator yang dianggap boros bahan bakar dikarenakan tidak semua bahan bakar yang masuk tidak semuanya bisa terbakar, dan terbuang percuma.

Dengan adanya sistem injeksi maka emisi gas buang juga akan menjadi rendah. Hal ini dikarenakan hasil pembakaran yang sempurna. Karena semua bahan bakar terbakar sempurna otomatis tenaga mesin pun menjadi lebih besar.

Motor dengan sistem pembakaran injeksi memiliki perawatan mesin yang terbilang sederhana dan relatif murah. Hal ini karena sistem pembakaran bersifat elektrik dan tidak perlu melakukan servis rutin, bongkar pasang dan lainnya. Injeksi hanya perlu di-setting lewat alat khusus jika ada sesuatu yang ganjil.

Walau terbilang canggih dan biaya perawatan yang relatif murah namun motor dengan sistem pebakaran injeksi juga memiliki kekurangan seperti, harus melakukan service di bengkel resmi atau khusus. Karena perlatan yang dibutuhkan tidak ada di bengkel biasa.

Motor injeksi tidak bisa sembarangan dibongkar pasang seperti motor dengan karburator pada umumnya. Selain itu, harga spare part mesin injeksi sedikit lebih mahal. Terakhir, karena bersifat elektrik maka, piranti injeksi juga memiliki tingkat kerusakan yang tinggi dikarenakan sensitif masalah kelistrikan dan ketersediaan spare part injeksi yang hanya di jual di bengkel resmi.

ANDHIKA KRESNA

Jual 4,3 Juta Unit, Honda Kuasai Ketiga Segmen Sepeda Motor di 2016

JAKARTA, 16 Januari 2017 – Honda belum tersaingi dalam penjualan motor nasional sepanjang 2016. Menutup tahun 2016, PT Astra Honda...

Ketika Ducati Panigale 899 Berwujud Cafe Racer

DETROIT, 16 Januari 2017 – Mengusung tema Naked Street Fighter, Ducati Panugale 899 yang bergenre sportsbike tampil gahar. Bagaimana...

Yamaha YZF-M1 Siapkan Warna Baru Pekan Depan

MADRID, 16 Januari 2017 – Kabar baik datang dari balap MotoGP. Tim Yamaha Movistar pada 19 Januari 2017 mendatang...

Ini Keunggulan Yamaha Aerox 155VVA Hadapi Honda Vario 150 eSP

JAKARTA, 16 Januari 2017 – Yamaha Aerox155 VVA tak lama lagi akan meramaikan jalanan di tanah air. Yamaha Aerox 155VVA...

Triumph Street Twin 2017, Ini Spesifikasi Lengkapnya

JAKARTA, 13 Januari 2017 - PT GAS Indonesia, distributor resmi Triumph Motorcycles di Indonesia, siap membuka inden untuk pemesanan unit Triumph Street Twin...