Home BLOGS Karburator Bocor? Coba Cek Bagian Ini

Karburator Bocor? Coba Cek Bagian Ini

JAKARTA, 19 Juni 2016 – Penggunaan sepeda motor dengan teknologi non-injeksi sering kali mengalami beberapa permasalahan. Salah satunya adalah soal karburator. Piranti pengatur suplai bahan bakar pada motor ini kerap kali mengalami gangguan lain yang berdampak pada performa mesin.

Karburator kerap kali menjadi suber permasaahan pada sistem pembakaran. Kebocoran pada karburator biasanya terjadi karena masa pakai yang sudah menahun. Untuk masalah ini biasanya terdekteksi dari rembesnya bahan bakar yang keluar walau motor dalam keadaan mati atau tidak dinyalakan.

Masalah akan menjadi besar jika tetesan bensin yang keluar dari karburator tidak terdeteksi oleh pengendara karena posisi karburator yang tertutup oleh bodi seperti pada motor bergenre skutik. Lalu apa penyebab kebocoran pada karburator tersebut?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, lakukan pengecekan pada pompa bensin. Kerja komponen tersebut memberikan tekanan bahan bakar ke karbu. Jika bensin masih “mengucur”, kemungkinan katup di dalamnya sudah nggak mampu menutup dengan baik alias lemah. Solusinya, anda bisa mengganti pompa bensin di bengkel resmi sesuai dengan tipe motor Anda gunakan.

Selain pompa bensin, pengecekan bisa dilakukan pada bagian selang bensin. Umumnya seiring penggunaan, selang akan berubah menjadi keras dan mudah pecah. Hal ini yang menyebabkan bensin bocor keluar dan pembakaran manjadi tidak sempurna.

Jika pompa bensin dan keran masih bekerja dengan baik, kemungkinan permasalahan pada karburator bocor ada pada jarum pelampung yang terhalang kotoran. Piranti ini berfungsi mengatur asupan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar namun, jika jarum sudah terbilang tumpul atau bahkan rusak, bensin akan terus mengucur karena tidak bisa menutup dengan sempurna.

Nah terakhir coba cek bagian bak karburator, biasanya terdapat kotoran dan bersarang di bagian ini. Kehadiran kotoran bisa dikarenakan pengisian bensin yang tidak sesuai dengan RON yang direkomendasikan pihak pabrikan atau mengisi bensin di bukan tempat pengisian bensin resmi.

Selain itu, kotoran juga bisa dikarenakan korosi pada tangki bensin akibat dari motor yang lama tidak di gunakan. Akibatnya, kinerja jarum pelampung tidak optimal sehingga bensin terus mengalir ke karburator dan bak karburator menjadi penuh bahkan luber. Solusinya, kuras tangki bensin, ganti selang karburator dan terakhir pastikan (Main – Pilot Jett) terbebas dari kotoran seperti karat dari tanki bensin.

Selamat Mencoba!

ANDHIKA KRESNA

Guy Martin Siap Geber CBR1000RR SP2 Pada Isle of Man TT Musim 2017

LINCOLSHIRE, 23 Januari 2017 - Pembalap Guy Martin akhirnya resmi menandatangani kontrak barunya bersama tim Honda Racing untuk balap super...

All New Yamaha R15 Resmi Meluncur, Harga Masih Rahasia

SENTUL, 23 Januari 2017 – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memperkenalkan andalan terbarunya All New Yamaha R15. Tak tanggung-tanggung pembalap...

Royal Enfield Siap Kembangkan Concept Store di Bali

JAKARTA, 23 Januari 2017 - Sukses dengan main dealernya yang berpusat di Jakarta, Royal Enfield siap kembangkan dealer anyar mereka...

IMI dan FIM Gelar Seminar Tingkatkan SDM Bidang Motocross

JAKARTA, 23 Januari 2017 – Ikatan Motor Indonesia (IMI), induk olahraga otomotif di Tanah Air, bersama Federation of International Motorcycling (FIM) melalui program FIM...

Valentino Rossi dan Maverick Vinales Siap Geber Yamaha YZF-R15 di Sentul

JAKARTA, 23 Januari 2017 - Indonesia kembali kedatangan tamu istimewa yang berasal dari dua pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi...