Home MOTORSPORTS Menilik Pengganti Jorge Lorenzo di Yamaha

Menilik Pengganti Jorge Lorenzo di Yamaha

JAKARTA, 19 April 2016Yamaha mengumumkan secara resmi hubungan dengan Jorge Lorenzo akan dihentikan pada penutupan musim MotoGP 2016. Selain itu Lorenzo juga sudah dipastikan akan bergabung ke tim pabrikan asal Italia, Ducati. Nah, siapa calon pengganti Lorenzo di Yamaha?

Lorenzo, 28 tahun, asal Spanyol mengawali karir balapnya di MotoGP dengan bergabung Yamaha Factory Racing Team pada tahun 2008. Lorenzo dan Yamaha telah menikmati delapan musim yang fantastis balap bersama-sama, selama itu mereka telah memenangkan tiga kali juara dunia MotoGP (2010, 2012 dan 2015), meraih 41 kemenangan balapan dan telah di podium 99 kali dari 141 balapan.

Rumors mengenai bakal hengkangnya Lorenzo dari Yamaha sebenarnya sudah lama tersiar. Kabar ini kian santer setelah Lorenzo, juara dunia musim lalu, terlibat persiteruan panas dengan pembalap veteran Valentino Rossi. Meski membantah namun di lapangan Lorenzo dan Rossi kerap terlihat tidak harmonis. Hal ini tentu saja mengganggu performa Yamaha secara tim.

Atas prestasi pembalap dengan nomor motor #99 ini Yamaha sangat berterima kasih untuk kontribusi dirinya. Yamaha Motor Co, Ltd berharap Lorenzo yang terbaik dalam usaha balap masa depannya dan menegaskan dukungan penuh tim Movistar Yamaha MotoGP pada target untuk mencapai juara MotoGP keempatnya.

Dengan kepastian hengkangnya Jorenzo, berarti musim depan Yamaha baru memastikan satu pembalap yaitu Valentino Rossi. Pembalap asal Italia itu telah memperbarui kontrak untuk musim 2017-2018. Belum diketahui kapan Yamaha akan mengumumkan rider pendamping The Doctor.

Satu kabar yang beredar menyebutkan nama rider muda, Maverick Vinales, sebagai salah satu kandidat. Dengan Movistar yang masih akan menjadi sponsor tim asal Aalst, Belgia, tersebut, kemungkinan besar pengganti Lorenzo tetap berasal dari Spanyol. Vinales dianggap kandidat paling sempurna.

Rossi sendiri pernah menyebutkan bahwa Vinales adalah calon pembalap top. Pembalap berusia 21 tahun tersebut memang masih jauh untuk bisa bersaing dengan Lorenzo. Marc Marquez, Dani Pedrosa, atau Rossi, tapi dia telah menunjukkan tanda-tanda bakal meroket dalam beberapa musim ke depan. Penampilannya musim lalu mendapat acungan jempol.

Kita tunggu saja kepastiannya.

ANDHIKA KRESNA

Berita Terkait:
Ceraikan Yamaha, Jorge Lorenzo Pilih Ducati

Jual 4,3 Juta Unit, Honda Kuasai Ketiga Segmen Sepeda Motor di 2016

JAKARTA, 16 Januari 2017 – Honda belum tersaingi dalam penjualan motor nasional sepanjang 2016. Menutup tahun 2016, PT Astra Honda...

Ketika Ducati Panigale 899 Berwujud Cafe Racer

DETROIT, 16 Januari 2017 – Mengusung tema Naked Street Fighter, Ducati Panugale 899 yang bergenre sportsbike tampil gahar. Bagaimana...

Yamaha YZF-M1 Siapkan Warna Baru Pekan Depan

MADRID, 16 Januari 2017 – Kabar baik datang dari balap MotoGP. Tim Yamaha Movistar pada 19 Januari 2017 mendatang...

Ini Keunggulan Yamaha Aerox 155VVA Hadapi Honda Vario 150 eSP

JAKARTA, 16 Januari 2017 – Yamaha Aerox155 VVA tak lama lagi akan meramaikan jalanan di tanah air. Yamaha Aerox 155VVA...

Triumph Street Twin 2017, Ini Spesifikasi Lengkapnya

JAKARTA, 13 Januari 2017 - PT GAS Indonesia, distributor resmi Triumph Motorcycles di Indonesia, siap membuka inden untuk pemesanan unit Triumph Street Twin...